Serunya Kuliah di King’s College London


Halo Indonesia… Apa kabar? Gimana kabarmu cinta? Apakah kamu baik-baik saja? –ah

Ditengah kesibukan perkuliahan yang sebenarnya bisa dibuat nggak sibuk (kalau orangnya pintar dan
gak malas), Alhamdulillah masih sempat sering memasak dan sedikit piknik di seberang london eye
sambil makan pisang.

Share sedikit bagaimana sih sebenarnya kehidupan perkuliahan master atau yang disebut postgraduate
kalau di UK atau S2 kalau di Indonesia?

 
Kuliah dimana ?

Sebagai perkenalan, saya mengambil jurusan Data Science di King’s College London, masih termasuk
dalam departemen Informatics tapi masuk dalam Fakultas Mathematic & Natural Science. Jadi saya
masih tetap mengambil jurusan yang linier dengan S1 saya. Disini jurusan informatika masuk dalam
MIPA karena memang materi perkuliahannya banyak yang beririsan dengan ilmu matematika, banget,
terutama dalam algoritma dan logika (dalam kuliah Artificial Inteligence, Security, dan
semacamnya). Beririsan pula dengan statiska bahkan pada saat yang sama beririsan dengan biologi
(bioinformatika). Jadi, mahasiswa jurusan Data Science mempelajari ilmu mengolah dan memvisualisasi
data dalam jumlah besar, termasuk pengolahan statistiknya.

img_0047

Disini saya mengambil beberapa mata kuliah yang sudah saya ambil sewaktu S1 yaitu database dan
artificial intelligence. Terus terang saya kaget begitu sit-in dalam kuliah artificial intelligence
karena walaupun saya pernah dapat mata kuliahnya sewaktu S1 tapi Subhanallah sungguh berbeda.
Disini kualitas materi kuliahnya luar biasa…berat. Saya agak susah mengikuti mata kuliah
artificial intelligence karena terus terang terengah-engah mengikuti cepetnya kuliahnya si
Professor. Ternyata bukan saya saja yang merasakan hal tersebut, akhirnya setengah dari classmates
saya memutuskan mengganti matakuliah ini dengan yang lain (termasuk saya). Batas waktu final bagi
mahasiswa untuk memutuskan mengambil mata kuliah apa saja adalah 1,5 bulan. Jadi selama 1,5 bulan,
kita dapat mencoba dulu ikut kelasnya dan “merasakan” apakah perkuliahan tersebut cocok dengan
kita.

Awalnya saya bertanya-tanya kenapa dalam jurusan informatika saja ada banyak sekali jurusan yang
sangat spesifik, berbeda dengan di Indonesia yang sangat minimalis. Ternyata mata kuliahnya benar-
benar disesuaikan dengan bidang minat tersebut, misalnya saya mengambil kembali mata kuliah database
yang menurut saya gampang. Tapi begitu saya ambil, lumayan menantang juga karena mata kuliah
tersebut memang khusus untuk mengarahkan mahasiswa menjadi seorang data scientist.
Kemudian perkuliahan pemrograman juga demikian, fokus pada bekal-bekal materi untuk menjadi seorang
data scientist yaitu pada pengolahan dan visualisasi data.
Jurusan saya ini dibuka untuk multidisiplin ilmu, sehingga orang-orang dengan latar belakang yang
berbedapun dapat masuk. Tapi tidak perlu khawatir karena semua materi dimulai dari 0. Semua pasti
bisa jadi ahli, tergantung rajin tidaknya orang tersebut dalam belajar.

 
Kuliahnya sih biasa, yang luar biasa itu loadnya😀

Sebagai gambaran load perkuliahannya adalah sekali pertemuan durasi 2-3 jam minimal 50-an slide
dari dosen. Jangan dibayangkan slidenya mudah dimengerti ya karena isinya notasi dan formula (mulai
manggil-manggil ibuk pingin pulang T.T). Kemudian beberapa mata kuliah ada sesi tutorial dan
praktek, jadi lumayan membantu saya untuk memaksa diri belajar. Terus terang saya tidak pernah
belajar, belajarnya begitu ada coursework atau quiz (jangan ditiru). Coursework adalah tugas yang
diberikan dosen dan nilainya masuk dalam perhitungan nilai akhir kita. Perkuliahan cuma berjalan 4
bulan setiap termnya. Jadi term pertama ini mulai 26 September 2016 – 22 januari 2017. Di akhir
bulan kedua ada reading week selama 1 minggu untuk kita mencerna mata kuliah dan atau membaca..
namanya juga reading week, baca novel juga boleh sih.
Para dosen disini memiliki office hour masing-masing. Office hour adalah waktu dimana dosen
tersebut bisa ditemui untuk ditanyai, curhat atau apapun yang ingin kalian sampaikan ke mereka
(please jangan ngutang ya, kebiasaan orang Indonesia jangan dibawa), mereka available pada waktu
itu, pintu terbuka untuk mahasiswa. Dosen di sini ingin mahasiswanya semua berhasil karena jika
mahasiswanya keren, otomatis berefek juga ke kredibilitas kampus dong.

 

Teman-temannya asik ?

Itu adalah hal pertama yang saya khawatirkan. Eh bukan sih. Hal pertama yang saya khawatirkan
adalah bagaimana kalau tidak ada teman yang bisa saya titipi absen atau pinjem catatan. Ternyata
MasyaAllah, teman-teman disini baik-baiiiiiiiik banget. Bahkan mereka mau ngadakan acara belajar
bersama dan bersedia share jawaban praktikum. Kurang baik apa coba ? Tapi teman british saya cuma 2
sih (salah satunya flatmate saya).

with classmates
with classmates

Bisa Titip Absen ?

Nggak usah titip absen, di KCL kuliahnya nggak pake diabsen. Bahkan kalian nggak masuk sepanjang
term pun tidak jadi masalah karena semua materi kuliah dan ceramah dosen direkam dan diupload di
website kampus. Teman sekelas saya ada yang awal-awal saja masuk, lama-lama tidak keliahatan dan
muncul kalau ada quiz. Begitu ada quiz, kelasnya jadi penuh😀. But that’s Ok karena semua
informasi, pengumuman, diskusi available di web kampus. Kampus ini cocok sekali buat para aktivitis😀

Merasakan pengalaman berkuliah di kampus kelas dunia memang luar biasa. Di sini semangatnya maju bersama.

Sudah segitu dulu, sudah malam di London. Kalau diceritakan semua bakalan lebih panjang dari sinetron tersanjung. Lebih seru dan challenging dirasakan sendiri deh ^.^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s