Pindahan ke London : Packing


Packing adalah bagian persiapan yang paling menantang khususnya buat para cewek, termasuk saya hahaha. Berikut ulasan packing ala mahasiswa seperti saya😀

Sedikit tentang fashion di London

London ini kota yang serba ada girls, jenis baju dan sepatu apa saja dan range harga berapa saja ada. Jadi tips pertama untuk packing adalah : jangan bawa baju dan sepatu banyak-banyak kecuali memang tidak berencana beli baju atau sepatu di sini.
Tapi kalau baju-baju dan sepatu kalian emang sudah bagus dan stylish dibawa aja sih selama kopernya muat karena baju-baju yang made in Indonesia seperti uniqlo di sini jatuhnya lebih mahal. Saya nggak seberapa ngerti tentang fashion, jadi yang saya lihat adalah merk dan harga. Kalau model ya begitu-begitu saja sih kalau menurut saya, tidak banyak perbedaan karena merek-merek terkenal di Indonesia juga dijual di London hanya saja bedanya di London model pakaian musim dingin yang dijual lebih banyak.

Pada dasarnya merk fashion di sini sama saja seperti di Indonesia cuma bedanya di London sering sale, dan buat pelajar juga ada diskon khusus. Tempat belanja fashion paling murah adalah di primark tapi kadang di toko yang kalau di Indonesia terkenal mahal, bisa jadi sama murahnya dengan di primark, tinggal diputeri saja setiap sudut di tokonya😀 . Di primark harga baju hampir sama dengan di Indonesia, legging cuma 2 pounds, kaos 6 pounds, baju tidur sepasang cuma 6 pounds, harga boots dengan model bagus-bagus cuma 7 pounds rata-rata, sepatu kets mulai 3 pounds, barang-barang yang lebih bagus lagi harganya mulai 10 pounds. Murah kan? Terserah pilihan masing-masing mau yang murah atau yang mahal. Untuk kualitas, belum tentu yang murah harganya di sini jelek kualitasnya, baju dan sepatu di primark walaupun murah tapi kualitasnya lumayan, dibandingkan harga yang sama dengan di Indonesia.

Kalau betah dan kuat jalan, di London berderet toko sepanjang regent street sampai oxford street. Tinggal pilih sesuai selera dan budget. Lengkap lah pokoknya, you name it, semua ada.

Jadi, baju dan sepatu yang seperti apa yang harus dibawa ?

Untuk mahasiswa, bawa baju resmi 1 atau 2 saja karena perkuliahan sehari-hari disana menggunakan pakaian casual alias non formal, bahkan kalian bebas menggunakan baju tidur ke kampus LOL (beneran pernah lihat bule pakai celana gemes yang cocok buat tidur ke kampus). Begitupun untuk sepatu, bawalah yang nyaman dibuat jalan terserah apakah sepatu pantofel atau kets, karena di London akan banyak berjalan, trust me.

Khusus untuk muslimah atau penggemar kaos-kaos warna-warni, baju bermodel lucu-lucu dan bergambar lucu jangan mengharap banyak menemukan di London. Untuk muslimah seperti saya yang repot dalam soal baju (atau pilih-pilih dalam berpakaian sehingga merepotkan diri sendiri :p), saya membawa banyak bawahan rok, bawa celana rok dan kerudung paris, pashmina dan kerudung bermotif. Kalau soal pakaian untuk muslimah dan kerudung, di Indonesia jauh lebih baik lah karena disini memang dedicated untuk masyarakat non muslim kan.

Untuk baju sehari-hari, bagi yang tidak tahan dingin lebih baik membawa pakaian yang tidak terlalu tipis atau pendek. Kondisi sehari-hari di London kira-kira sama seperti di Bandung tapi ditambah angin dingin yang kencang dan hujan yang bisa datang seaktu-waktu. Jadi saya membawa baju tidur berupa setelan baju olahraga (celana training dan kaos lengan panjang). Bawa juga jaket hangat berhoodie atau sweater masing-masing minimal 1.

Berhubung pakaian dan sepatu yang dimiliki umumnya lebih banyak dari kapasitas koper dan kuota bagasi yang disediakan, ada tips untuk menentukan manakah yang lebih baik kita bawa dengan teknik “capsul closet”. Silahkan googling untuk membantu memberikan pandangan pakaian/sepatu mana saja yang sebaiknya kita bawa. Jangan sampai kita malah membawa yang jarang kita pakai nantinya.

Apa saja peralatan/perlengkapan yang perlu dibawa untuk kehidupan sehari-hari?

Jangan sampai membawa peralatan memasak kalau di tempat kos disediakan, sayang space bagasinya. Jangan malu bertanya untuk menanyakan dengan detail apakah disediakan peralatan memasak misalnya rice cooker, panci, wajan, dan apakah ada peralatan makan yang disediakan. Kalau tidak disediakan bisa membawa dari rumah atau beli disini kalau memang ada uang lebih, karena untuk peralatan dapur lebih banyak pilihan yang murah di Indonesia dibanding di London. Begitupun dengan perlengkapan tidur, misal apakah ada bantal, duvet, sprei dan disediakan secara gratis atau tidak. Informasi seperti ini sangat perlu untuk mengatur space koper kita. Kalau tidak disediakan oleh landlord/pengelola akomodasi lebih baik membawa 1 bantal, seprei dan selimut seadanya terlebih dahulu, ketika sampai bisa membeli di primark atau tempat lain. Jangan lupa membeli tempat jaring-jaring untuk mencuci di mesin cuci karena agar pakaian awet jika sering dicuci dikarenakan terbatasnya stok pakaian, jaring-jaring ini bisa dibeli di daisho atau ace hardware.

Apa saja makanan yang perlu dibawa?

Bagi yang picky eater, silahkan membawa sebanyak mungkin makanan yang tahan lama dari Indonesia, misalnya bumbu-bumbu instan, penyedap rasa, kecap, sarden, abon, bawang goreng, rendang. Untuk beras tidak perlu membawa dari Indonesia karena beras di sini murah dan masih bisa dimakan walaupun tidak 100% sama dengan beras di Indonesia. Bolehlah membawa setengah kilogram untuk sekedar survival di awal kedatangan.

Bagaimana nanti kalau dicek di bandara setibanya di UK? Jangan terlalu kuatir, itu memang untung-untungan, banyakin sholat tahajud sebelum berangkat biar lancar sampai tujuan (terutama biar makanan tidak disita). Saya dan rombongan (total berempat) begitu sampai di Heathrow sudah seperti anak hilang, sama sekali tidak disambut dengan pengecekan koper, jadi lolos semua deh.

Barang-barang lain yang perlu dibawa?

Jangan lupa membawa obat-obat pribadi, obat tradisional, resep kacamata dari dokter, dll. Untuk cewek jangan lupa membawa pembalut wanita dan kosmetik kalian untuk awal-awal kedatangan. Setelah itu, bisa dicari di sini, semua tersedia hampir sama seperti di Indonesia. Payung high quality sangat recommend untuk dibawa, karena hujan bisa turun kapan saja dan selalu disertai angin kencang.

 

Teknik packing efektif

Setidaknya ada 2 teknik packing yang dipakai oleh teman-teman dan saya, yaitu dengan teknik menggulung atau menggunakan plastik vacuum yang bisa dibeli di ace hardware atau daisho. Jika membawa makanan dalam botol plastik, lakban atau lisolasi saja wadah plastiknya. Baik botol plastik atau gelas lebih baik dibungkus lagi dengan koran beberapa lapis dan kemudian selipkan diantara tumpukan baju.

 

Setibanya di London

Manfaatkan grup jual beli antara komunitas pelajar London untuk membeli barang bekas yang masih bagus dari mereka yang akan pulang ke tanah air. Bahkan beberapa teman mau memberi dengan cuma-cuma. Tapi selalu harus cepat tanggap agar barang-barang bagus tidak jatuh ke tangan orang lain atau sold out.

Thank to : mbak Sarah dan mbak Kun, sebagian tips dalam tulisan ini adalah tips dari mereka.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s