Trip ke KL – Day 3

Hari ketiga ini jadwalnya kami mengunjungi pusat kota, yaitu ke planetarium, masjid Negara dan ke central market.

Saya sangat antusias mengunjungi planetarium karena ada show 3D yang layarnya seluruh langit-langit yang kita liat di dalam ruangan, jadinya luas sekali dan berasa sekali 3Dnya walaupun tanpa memakai kacamata khusus 3D. Planetarium dan masjid Negara terletak dalam satu komplek sehingga tinggal jalan kaki saja untuk menuju ke planetarium dari masjid Negara.

masjid negara kuala lumpur
view dari balkon masjid negara

Untuk menuju ke masjid Negara, kita bisa naik bus goKL dari halte muzium telekom. Jangan lupa untuk selalu mengecek rute bus goKL, ada purple line dan ada green line, perhatikan tulisan line ini di depan bus sehingga tidak salah naik. Sebenarnya salah naik pun tidak masalah karena muter-muter berapa kalipun juga gratis, hehehe.

Masjid Negara ini merupakan spot yang sangat bagus untuk mengambil foto karena dari beranda masjid akan tampak bangunan lapangan merdeka. Selain itu banyaknya rombongan turis yang datang menambah suasana syahdu di sini, karena kebanyakan turis yang berkunjung selain hunting foto mereka meminta untuk dijelaskan tentang islam, suatu pemandangan yang hampir tidak pernah saya temukan di Indonesia. Bahkan sampai ada turis yang diperdengarkan rekaman adzan.

Setelah sholat dhuha kami melanjutkan perjalanan ke planetarium dan tiba di sana pukul 11.30. Tiket show 12MYR/orang dan show dimulai pukul 12:00. Sayang sekali waktu kami kesini bagian gedung yang berisi alat-alat peraga astronomi sedang mengalami perbaikan. Sayang juga film yang dipertontonkan kali ini tidak semenarik ketika tahun lalu saya kesana. Tahun lalu film yang ditayangkan ada beberapa pilihan judul, sedangkan tahun ini hanya 1 dan itupun tidak bagus, terlalu banyak bagian penjelasan (orang berbicara) dan sedikit tayangan bergambarnya. Semoga suatu saat bisa kesini dan mendapatkan film bagus lagi.

Setelah selesai menonton show, kami kembali ke masjid Negara untuk jajan karena di depan masjid ada food truck yang menjual aneka gorengan dan es. Kemudian kami lanjut sholat jamak dhuhur dan ashar di masjid.

Destinasi selanjutnya adalah central market atau pasar seni (sama saja). Dari halte masjid Negara, kami menunggu bus goKL ke arah stasiun pasar seni. Jika dilihat dari peta, maka pasar seni dan pasar petaling letaknya ternyata sangat berdekatan (gang sebelah).

Di pasar seni, kami kembali menuju depot makanan india untuk makan siang+sore, dan lagi-lagi ketiga teman saya surprise banget ketemu bule, hahaha.

Setelah makan, lanjut beli oleh-oleh dan cokelat. Cokelat teh hijaunya seharga MYR25 setoples kecil, walau agak mahal tapi memang wenak. Di central market juga banyak tas, baju untuk oleh-oleh dan cover passport 3D yang lucu.

Setelah puas membeli oleh-oleh dan cokelat di central market, kami menuju ke arah hotel dengan berjalan kaki (kira-kira 15 menit jalan santai). Empat orang teman saya kemudian lanjut ke pasar little india yang terletak di belakang stasiun masjid jameek, sedangkan saya memutuskan untuk kembali ke hostel karena memang tidak ada yang ingin dibeli lagi.

Makan malam kali ini, teman-teman saya sudah kangen sekali dengan masakan Indonesia atau minimal bukan masakan india kata mereka. Saya serahkan pemilihan makanan pada mereka, berhubung badan saya sudah sangat capek, saya putuskan untuk titip makan saja. Alhamdulillah teman-teman pengertian.