Pengalaman Bete Minggu Ini


Sharing kali ini adalah tentang 2 kejadian yang kurang mengenakkan tetapi akibatnya jadi tahu mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang tidak. Intinya saya jadi belajar sesuatu. Saya ingin berbagi saja agar tidak terjadi pada teman-teman pembaca sekalian.
Miskom dengan idhostinger.com

Minggu kemarin adalah dimulainya pemilihan koordinator sebuah komunitas yang saya ikuti dan saya terpikir untuk membantu membuatkan webnya. Berhubung webnya sudah expired, akhirnya saya mencari hosting dan domain gratisan. Ketemulah di idhostinger.com. Layanan hosting dan domain gratis dengan extensi domain yang telah ditentukan ini memang terbatas tapi masih mencukupi untuk kebutuhan voting. Tetapi baru 2 hari online, web mendapatkan notifikasi cpu max. Kemudian saya menanyakan kepada pihak hosting dan waktu itu saya juga membayar untuk mengupgrade ke hosting premium dengan fitur domain gratis untuk 3 bulan. Besoknya saya coba setup domain dan berhasil, tetapi saya ingin delete dulu namanya. Ketika saya hapus akun, saya pikir hanya menghapus akun domainnya saja dan keanggotaan tidak batal/hangus. Tetapi ternyata setelah bertanya melalui cs,telepon dan email cs bahwa uang yang telah dibayarkan hangus alias tidak dapat direfund walaupun layanan belum terpakai sama sekali dan cuma coba create domain. Sewaktu akan create domainpun tidak ada warning bahwa nama ini tidak bisa dihapus kalau tidak cocok. Sewaktu akan delete juga tidak ada warning bahwa dana yang sudah dibayarkan akan hangus. Ya sudahlah saya anggap sedekah saja. 

Hati-hati buat kalian jika ada yang baru pertama kali memakai layanan idhostinger, jangan sampai tidak sengaja klik hapus akun. Hati-hati juga dengan iming-iming gratisan karena biasanya banyak jebakan-jebakan agar user membuat kesalahan.
Ketika si vario lelah

Hari kamis malam sepulang kerja tiba-tiba motor matic saya tidak mau distarter tangan, bel mati tetapi lampu masih menyala normal. Pagi hari itu padahal semua fungsi masih normal. Setelah dibantu starter kaki akhirnya si matic berhasil menyala. Tetapi bencana terjadi ketika saya nyalakan lampu ketika mau belok, motor tiba-tiba mbrebet mbrebet mau berhenti. Kemudian setelah lampu saya matikan, bisa berjalan kembali. Tapi tidak berapa lama, motor benar-benar mati. Akhirnya jadilah saya menuntun sampai rumah, untungnya sudah dekat dengan lokasi mogok.

Hari sabtu baru saya sempat ke bengkel honda di jalan demak surabaya dan menginfokan ke resepsionis kalau motor saya mogok tiba-tiba dan tidak dapat distarter sama sekali.

Setelah dicek dan aki dites, akinya memang tidak fungsi alias tidak ada listrik yang terdetect. Kesimpulan mekanik adalah akinya harus diganti. Oke pak do whatever it takes to bring my motor back alive, aki 250 ribu rupiah, servis lengkap 106 ribu. Setelah ganti aki dan sekalian servis + ganti oli, motor dicoba dan sudah oke kembali. Setelah membayar, si mbak resepsionis bilang ada garansi 1 minggu in case si motor mogok lagi.

Hari minggu saya pakai sepeda motor muter-muter dan ke pakuwon city. Ketika akan pulang, alangkah terkejutnya saya bahwa motor tidak bisa distarter pakai tangan.. O o i know i’m in trouble. Untungnya ada yang membantu starter kaki (membantu sambil mengejek kalau si motor butuh adek alias ganti yang baru). 

Oke motor berhasil berjalan tetapi semakin lama tenaganya semakin pelan. Bencana kembali muncul ketika saya menyalakan lampu ketika akan ganti lajur. Motor tiba-tiba berhenti total. Kemudian saya minta tolong lagi ke security terdekat untuk bantu starter kaki, yeay berhasil hidup. Tetapi waktu dipakai jalan, hanya bertahan sekitar 1 km dan itupun harus digas pol, kemudian akhirnya berhenti total di tengah jalan yang mengakibatkan saya hampir tertabrak motor dan mobil dibelakang. Alhamdulillah sudah berada di walikota mustajab, kebetulan sekalian saya tuntun ke masjid muhajirin dan sholat magrib.

Ditengah kebingungan bagaimana motor ini akan saya bawa pulang, ternyata pak marbot yang sekaligus sebagai penjaga parkir (Pak Mul) berbaik hati membantu untuk menyimpankan sepeda motor saya sampai besok pagi. Leganya Alhamdulillah, ternyata nggak salah saya mengutamakan sholat.

Besok paginya saya diantar keponakan datang ke bengkel di demak karena masih garansi, siapa tahu ada solusi dari mereka atau ada mekanik yang bisa pergi untuk memperbaiki motor tanpa dibawa ke bengkel. Alangkah kecewanya saya ternyata tidak ada solusi karena motor harus dibawa ke bengkel, lha terus bagaimana cara saya bawa motor segitu jauhnya dari walikota mustajab ke demak, nggak guna dong garansinya, ya sudahlah saya yang salah karena datang ke bengkel situ, bukannya memberi solusi tapi bikin kantong bolong.

Kemudian saya dan keponakan melintas daerah ondemohen untuk melihat apakah ada bengkel motor di sana. Di daftar bengkel di internet sih ada bengkel yang namanya hima tapi ternyata toko tersebut cuma menjual spare part (merk federal). Tetapi ada bengkel tidak resmi di dekat sate kelopo (bengkelnya di pinggir gang). Setelah mengambil motor ke pak Mul dan berterimakasih, si matic didorong oleh keponakan dari belakang menggunakan kaki ke bengkel (Alhamdulillah jaraknya dekat).

Tiba di bengkel, teknisi langsung mengetes aki motor saya. Setelah dites ternyata aki tidak ada arus sama sekali. Pak montir kemudian mencoba aki saya dipasang di motor beliau untuk dipancing/diisi. Sedangkan aki motor beliau dipasang di motor saya. Setelah diamati, suspect bukan pada aki karena aki saya bisa berfungsi dengan baik, kemungkinan pada kiprok. Kebetulan di toko hima menjual spare part, sayapun kesana dan diberi spare part federal untuk merk sepeda motor yamaha karena memang bentuknya sama persis. Sesampainya di bengkel saya dimarahi pak montir karena walau bentuknya sama tetapi tidak bisa dipakai karena tidak akan bagus nantinya (montir yang perfeksionis dan jujur, nggak cuma asal mengerjakan tapi juga memikirkan kepuasan pelanggannya). Akhirnya saya ke toko honda genuine parts di kusuma bangsa, harga kiproknya Rp 110.000 (kiprok yang tadi dibeli saya kembalikan ke toko hima dan uang dikembalikan, makasih ya tante). Begitu kembali ke bengkel, si bapak montir senyum bahagia karena cocok dengan yang dimaksud. Tak berapa lama, kiprok dipasang dan motor kembali normal seperti sedia kala bahkan suara mesinnya jadi lebih soft.
Saran saya buat temen-temen kalau motornya mogok tiba-tiba mending dibawa ke bengkel biasa jangan dibawa ke bengkel resmi karena sedikit-sedikit solusinya ganti aki padahal belum tentu itu masalahnya (saya termasuk orang yang sering ganti aki T.T). Kemudian kalau sudah ganti kiprok juga motor mati total ketika dipakai pada kecepatan tinggi, kata bapak yang nongkrong di situ kemungkinan sepulnya harus ganti.

Kesimpulannya seminggu ini saya bokek T.T


Leave a Reply

