Dibalik Hecticnya Ruang Delta Edufair LPDP Surabaya


Alhamdulillah tepat keputusan saya untuk mengambil cuti dan ikut serta dalam kepanitiaan Edufair LPDP di Surabaya. Saya baru tahu kalau pesertanya sudah terdaftar 7000an orang pada H-2. Saya tidak menyangka event ini akan sebesar itu. Terakhir kali saya menjadi pic event besar adalah ketika masih menjadi siswi kelas 2 SMA di SMA Negeri 5 yaitu membantu pihak sekolah dalam menyelenggarakan pondok romadhon di sekolah dengan resource yang hampir saya seorang dari perwakilan siswi SKI. Itupun jumlah pesertanya tidak sebanyak event edufaur ini.

Pada Edufair pertama LPDP yang diselenggarakan di Surabaya, saya diminta bantu-bantu menjadi PJ ruangan Delta yang berkapasitas 200 orang, sedangkan 3 PJ ruangan lain cewek-cewek juga dengan kapasitas ruangan 50 orang. Setiap PJ ruangan dibantu oleh 3 orang LO (liasons officer). Tampaknya saya pun salah perhitungan, dengan kapasitas ruangan 200 kursi + 50-100 untuk berdiri harusnya saya meminta tambahan 1 orang LO lagi. Pembagian tugas 3 LO yang diberikan untuk masing-masing PJ ruangan antara lain : 1 orang sebagai moderator, 1 orang sebagai operator dan mengurusi perihal persiapan presentasi, dan 1 orang lagi untuk mengkondisikan peserta, sedangkan PJ ruangan bertanggung jawab sebagai time keeper dan memastikan acara berjalan dengan lancar. Salah 1 dari LO ruangan saya adalah anak BEM ITS jurusan informatika🙂, ketemu adik kelas lagi :p

Tidak disangka bahwa peserta yang terdaftar pada H-1 menjadi 10.000an orang. Dan peserta yang berminat mengikuti acara di ruang Delta sangat besar sehingga saya dan 1 LO sempat kewalahan dengan peserta yang giras. Sempat membuat saya melongo melihat fenomena banyak oknum peserta (yang terlihat masih unyu seperti mahasiswa s1) yang nekat menerobos pintu walaupun tidak diijinkan panitia (waktu itu saya yang sedang menjaga pintu, bukan LO saya). Saya didorong dan ditabrak oleh mereka kemudian berlalu begitu saja tanpa meminta maaf. Dalam hati saya berkata, oh sekarang perilaku orang berpendidikan dan yang kurang berpendidikan relatif sama ya. Miris. Jadi tolok ukur baiknya perilaku itu memang bukan pendidikan tinggi tapi hati. Kemudian banyak juga dari peserta yang masuk ruangan tapi tidak memperhatikan presentator dan duduk-duduk di belakang sibuk dengan handphone masing-masing atau ngobrol. Merekapun saya ingatkan jika berniat mengikuti acara lebih baik duduk lesehan di depan atau berdiri di belakang agar bisa melihat apa yang terjadi di depan. Mereka yang duduk di atas mejapun kami ingatkan. Walaupun sebagai panitia, ketika saya melewati peserta atau mengingatkan tetap menggunakan kata “permisi” dan “maaf”, ada yang tanggapannya sopan, tapi ada yang mengomel. Etika dan tata krama di sini sudah mulai luntur rupanya, entah karena anak-anak sekarang semakin pintar atau hebat? Ah saya tidak paham juga karena saya cuma mahasiswa yang lulus dengan IPK 3.65 dan bekerja dengan gaji yang cukup, agamapun pas-pasan.

image
Situasi ruang D

Situasi para peserta ini yang membuat beberapa acara presentasi kurang kondusif karena sempat membuat ramai ruangan.

Sayang sekali kami yang berjaga di ruangan tidak dapat mengikuti acara di main stage sehingga saya pun tidak sempat tahu secara langsung pak eko direktur LPDP yang hadir memberikan sambutan. Karena jadwal acara yang ketat, kami juga hanya punya waktu sedikit sekali untuk istirahat, makan dan sholat.

Alhamdulillah pukul 16.45 acara di ruang D selesai dan saatnya foto-foto di main stage🙂 Berakhirlah sudah rangkaian acara hari ini. Perjalanan pulang ke rumah, saya dibuntuti oleh hujan, jalanan yang semula kering jadi hujan juga begitu saya lewat. Karena hujan adalah berkah dari Allah, semoga menjadi pertanda bahwa yang saya lakukan hari ini bermanfaat dan bernilai pahala. Senang sekali menjadi bagian sebuah tim yang solid, walau hanya dengan persiapan seminggu bisa menyelenggarakan acara sebesar ini. Salut buat ketua, tim logistik dll. LPDP Jaya!!!

image
Five angels, 4 PJ ruangan dan 1 koordinator PJ
image
Me🙂

Leave a Reply

