Bank Sampah di Bandung


Liburan ke Bandung kemarin Alhamdulillah (lagi-lagi) saya ‘ditampung’ oleh teman lama sejak dari kuliah s1 di ITS. Kos teman saya berada di daerah cisitu lama. Alhamdulillah ibu kosnya juga baik sekali dan mengijinkan saya dan seorang teman lagi untuk menginap, kebetulan ada 2 kamar yang sedang kosong. Single and happy, teman saya yang karyawan Telkom ini tetap menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Hari terakhir di Bandung saya diajak teman saya ini ke kampung di belakang perumahan elit sekitar cisitu untuk mencatat data sampah yang terkumpul. Warga kampung setiap hari minggu mengumpulkan sampah mereka yang sudah dikelompokkan sesuai jenisnya masing-masing yang telah ditentukan. Kemudian ditimbang dan dicatat berapa beratnya. Setelah sampah warga terkumpul, ada pengepul yang akan mengambil/membeli dan kemudian mengolah/mencacah sampah-sampah tersebut untuk dijual kembali.

kegiatan penimbangan sampah
kegiatan penimbangan sampah
Teman saya dibantu seorang ibu warga setempat mendata sampah
Teman saya dibantu seorang ibu warga setempat mendata sampah

Lumayan hasil yang didapat oleh warga. Mereka jadi rajin mengumpulkan sampah dari toko-toko ataupun pasar. Selain untuk mengurangi sampah dapat juga menambah penghasilan keluarga. Setiap orang yang mengumpulkan sampah diberikan semacam buku tabungan untuk mencatat pendapatan mereka.

Tabungan bank sampah
Tabungan bank sampah

2015-12-13 07.49.25

Semoga kegiatan bank sampah ini dapat terus berjalan dan memberi manfaat bagi lingkungan sekitar, juga bisa diadopsi di daerah lain.


Leave a Reply

