Berwisata ke Ciwidey Tanpa Penipuan


Pada perjalanan ke kabupaten Bandung kali ini saya berencana ke dua tempat wisata yaitu kawah putih dan boscha. Ke kawah putih karena memang ulasan obyek wisata ini bagus sekali, dan ke boscha karena saya sejak kecil suka dengan hal-hal yang berbau bintang di langit😉 … (hmm oke saya akui, sejak film petualangan sherina juga jadi penasaran pingin ke boscha)

Trip pertama yaitu ke ciwidey bersama teman saya. Berdua kami naik angkot dari Bandung pusat menuju ke ciwidey. Kalau mau naik taxi saya cek tarifnya kira-kira Rp 250.000 sekali jalan. Kalau sewa mobil juga mahal, hanya saja kita sudah terima beres dan nyaman. Berhubung kami wisatawan hemat akhirnya mantab diputuskan naik angkutan umum saja. Ternyata di ciwidey ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi selain kawah putih, yaitu situ patengang, kebun teh dan kebuh stroberi.

Cara menuju ke ciwidey dari Bandung dengan angkutan umum :
1. Naik angkutan menuju ke tegalega (tarif tergantung jauh dekatnya)
2. Dari tegalega, oper angkutan menuju ke terminal leuwi panjang (Rp 3000)
3. Dari terminal leuwi panjang naik L300 sampai ke terminal ciwidey. Trayek bus sudah tutup karena kalah dengan L300. (Rp 12.000). Naik angkutan L300 ini adalah yang paling tidak nyaman karena harus menunggu lama agar penumpang penuh dan sempit sekali karena 1 baris diisi 4 orang. Jadi 1 mobil bisa terisi 18 penumpang+1 sopir.
4. Dari terminal ciwidey, langsung naik angkot warna kuning ke kawah putih/situ patengang.

TIPS yang wajib diikuti oleh backpacker ketika di terminal ciwidey :

1. Jangan mengaku mau kawah putih!! Saya ulangi, jangan ngaku ke siapapun kalau mau ke wisata kawah putih. Naik saja angkot kuning yang dinaiki orang-orang pada umumnya. Angkot kuning cuma ada 1 jurusan dan semuanya sampai ke kawah putih dan situ patengang. Jumlah angkot tetap tersedia naik dan turun ke kawah putih dan situ patengang sampai pukul 17.00. Jika ada wisatawan yang mengaku akan ke kawah putih, umumnya akan ditipu dengan diberitahu kalau angkot kuning di sana ada 2 jurusan, dan yang dinaiki banyak orang tidak sampai ke kawah putih dan situ patengang. Waspadalah karena banyak penipuan di sana bahkan petugas terminal juga sama (jadi calo penipu).

2. Waktu paling baik ke wisata daerah ciwidey adalah pada musim kemarau (April-Oktober) dimana tidak banyak terjadi hujan.

3. Jika ke ciwidey sewaktu musim hujan, tipsnya jangan lupa bawa payung atau jas hujan. Kemudian datangi tempat wisata dan ambil foto sebanyak-banyaknya yang Anda bisa pada waktu melewatinya, sebab jika ditunda bisa-bisa batal karena hujan nantinya, hujannya pun bisa sangat deras dan lama. Jadi, ambil kesempatan selagi bisa.

Untuk rute wisata lebih baik ke situ patengang terlebih dahulu karena letaknya lebih jauh dan lebih ke atas (kalau cuaca cerah, kalau cuaca sudah mendung lebih baik ke kawah putih terlebih dahulu), ongkosnya Rp 20.000-Rp 25.000. Setelah itu tunggu angkot kuning yang kembali turun. Untuk carter angkot bisa Rp 500.000 untuk seharian dari pagi sampai sore. Orang yang memberitahu informasi ini adalah sopir angkot yang bernama pak Ade, beliau juga memiliki rumah yang bisa disewa Rp. 300.000/malam yang muat sampai 20 orang. Ini contact hp beliau 085295654140. Menurut pak Ade, penipuan sebagian sopir angkot ini sudah diprotes warga, tetapi masih terus berlanjut (yah ujung-ujungnya duit gede, bahkan aparat pun ikutan).

Tiket ke kawah putih : Rp 18.000
Naik ontang anting (angkutan ke kawah putih) : Rp 15.000 pp. Kalau kendaraan pribadi mau naik ke kawah putih kena biaya Rp 150.000.
Tiket masuk situ patengang : Rp 18.000 weekday, Rp 20.500 untuk weekend. Kalau membawa kendaraan sendiri juga akan dikenai tarif parkir.

Tarif ke situ patengang :

tarif situ patengang
tarif situ patengang

Untuk angkutan umum kembali ke bandung sama seperti berangkatnya, yaitu angkot kuning ke terminal ciwidey, L300 ke terminal leuwi panjang, dan angkot ke bandung. Total perjalanan yang saya habiskan dari berangkat sampai kembali lagi ke penginapan adalah 12 jam (kondisional tergantung kemacetan dan lamanya berhenti di setiap obyek wisata).

Demikian tadi tips berwisata ke ciwidey naik angkutan umum yang hemat dan anti penipuan.

Sedikit foto-foto pemandangan kawah putih, kebun teh dan situ patengang:

kawah putih
kawah putih
kebun teh
kebun teh
situ patengang + mbak kun (partner in crime, sometimes)
situ patengang + mbak kun (partner in crime, sometimes)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s