Persiapan Mencari Beasiswa


Seringkali berpikir, if only masalah jodoh juga bisa dicari dan diusahakan secara jelas seperti mencari dan mengusahakan beasiswa… hhhhhhh… *stop angan-angan sampai di sini haha*

Niatan mencari beasiswa sudah muncul sejak 2 tahun yang lalu disaat saya mulai melihat pencapaian diri sendiri yang tidak ada apa-apanya, begini-begini saja. Sejak 2 tahun yang lalu, hampir beberapa minggu sekali saya browsing tentang beasiswa dan cara-cara untuk applynya, mulai dari erasmus mundus, cari info beasiswa keminfo, dikti, ADS, beasiswa yang ditawarkan per universitas di luar negeri juga selalu saya pantau mana yang sekiranya bisa saya apply. Malesnya itu adalah ketika menyiapkan berkas-berkas untuk daftar, meluangkan waktu untuk mengurus dan terutama tes bahasa.

Walaupun sering memantau pergerakan beasiswa, tapi saya sering juga terlewat deadline ketika mulai sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Akhirnya satu-satunya yang memungkinkan saya daftar adalah LPDP karena beasiswa ini buka sepanjang tahun dan persyaratannya paling simple, walaupun dari yang saya baca besarannya masih lebih kecil dari ADS, but it is worth to fight for since it is offer a full scholarship fund.

Bagi teman-teman yang berencana hunting beasiswa, yang harus kalian lakukan untuk persiapan hunting beasiswa antara lain (versi saya) :
1. Tentukan ingin belajar apa
2. Cari universitas tujuan dengan reputasi baik pada jurusan yang kalian minati
3. Cari negara yang selain universitasnya memiliki reputasi bagus, juga nyaman untuk ditinggali
4. Setelah semua hal diatas diketahui, hunting beasiswanya yang mendukung untuk berkuliah di sana. Bisa jadi universitas tersebut menawarkan beasiswa juga, ada yang otomatis didaftarkan sebagai peserta penerima beasiswa
5. Cari tahu daftar kebutuhan tiap-tiap beasiswa yang mungkin untuk diapply dan persiapkan semua persyaratannya, terutama persyaratan bahasa
6. Jangan lupa catat tanggal buka dan tutupnya tiap beasiswa
7. Setelah semua persyaratan dipenuhi, apply beasiswa yang paling besar kemungkinan diterima terlebih dahulu atau yang deadline penutupannya paling dekat.
8. Doa

Saya sendiri akhirnya apply LPDP dengan persiapan tes IELTS terlebih dahulu karena saya tujuannya apply ke universitas luar negeri. Setelah hasil IELTS sudah di tangan, saya cari universitas yang menerima nilai IELTS sebesar yang saya miliki, tentu saja yang memiliki jurusan yang saya tuju dan di negara yang (kira-kira) saya bisa survive di dalamnya.

Oke segitu dulu tips singkatnya. Next mau cerita pengalaman seleksi LPDP.


2 thoughts on “Persiapan Mencari Beasiswa

  1. Wow…Catur keren. Udah dapet Univ mana?
    Kalo beasiswa yang bisa biayain keluarganya juga apa aja ya? *edisimalesbrowsing*

Leave a Reply

