Trip Pertama Ke Laut : Karimun Jawa (Going Home)

31st may 2015. Last day in karimun jawa island. Hard to go, but I already miss my home since recent 2 weeks I’m away from home.

Info yang kami terima dari mas Tobing bahwa hari ini kapal bahari express akan berangkat pukul 09.00, artinya maju 2 jam dari jadwal semula yaitu pukul 11.00. Sesampai di dermaga ,kami sempat menunggu beberapa saat sebelum kapal dibuka dan mengijinkan penumpang untuk masuk.

selfie di dermaga karimun jawa

Kami termasuk masuk yang pertama-tama sehingga sempat selfie bareng komplit, hehehe. Alhamdulillah juga hari ini cuaca cerah sehingga kapal berangkat sesuai jadwal.

di dalam kapal bahari express

Sama seperti keberangkatan, kepulangan kami dengan kapal bahari express membutuhkan waktu 2 jam. Jangan lupa minum obat anti mabok ya.

Sesampainya di pelabuhan, baru saja kaki ini menginjak daratan kami langsung disambut bapak-bapak penarik becak, annoying sih memang tapi kasihan mengingat kota jepara adalah kota kecil yang sepi, otomatis lapangan pekerjaan juga sedikit apalagi kalau mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang minim. You know, villager, mereka bisa kerja apa kalau tidak seperti jadi penarik becak atau bertani. Singkat cerita, kali ini kami semua memberi Rp 30.000 per becak karena kasihan, itupun para bapak becak sangat berterimakasih. Senangnya berbagi, kapan lagi kami kesini?

Sesampai di terminal jepara, kami istirahat sholat dan mendiskusikan akan mengambil transportasi apa untuk ke Surabaya. Opsi yang kami dapatkan saat itu adalah :

1. Naik bus kecil ke daerah yang bernama trengguli (bukan terminal, turun di pinggir jalan), ditempuh dalam waktu 1 jam dengan biaya Rp 10.000. Dari sana kami bisa oper bus ke Surabaya.
  2. Naik travel (opsi yang tidak mungkin dipilih karena tidak ada travel dari jepara ke Surabaya).
  3. Naik taxi ke trengguli atau ke terminal kudus kemudian oper bus ke Surabaya.

Akhirnya setelah telepon taxi DNA saya mendapatkan harga yang ditawarkan. Setelah berembuk, kami berenam memutuskan mengambil opsi ketiga. Kami memutuskan naik taxi ke terminal kudus, sebab daripada menunggu bus di pinggir jalan di trengguli lebih baik kami menunggu di terminal kudus yang lebih kondusif. Biaya dari terminal jepara ke trengguli dan ke terminal kudus sama, yaitu Rp 200.000, murah, apalagi jika dibagi berenam. Sepanjang perjalanan terasa menyenangkan karena ada obyek untuk di-bully which is mifta unyu, sampai-sampai pak driverpun ikut-ikutan nimbrung guyonan.

terminal kudus, besar tapi sepi

Perjalanan dari terminal jepara ke terminal kudus memakan waktu 1 jam lebih dengan biaya Rp 200.000, tak lupa kami memberi tips kepada pak driver (kapan lagi kami kesini). Percayalah biaya Rp 200.000 ini termasuk murah mengingat jarak tempuh yang jauh (perbandingannya dengan tarif taxi berargo di Surabaya). Di terminal kudus ini kami istirahat makan soto kudus, nyam nyam. Lagi-lagi kami naik bus Jaya Utama untuk pulang ke Surabaya sekitar jam 14.30. Beruntung bus masih cukup untuk menampung kami berenam karena sudah hampir penuh kursinya.

Here we go, perjalanan ala FF7 dimulai lagi. Alhamdulillah perjalanan lancar dan setibanya di Tuban sekitar pukul 18:00 kami mampir di rumah makan yang sama seperti waktu keberangkatan (jangan lupa bawa tiket busnya untuk ditukarkan dengan makan). Kami sampai di Surabaya sekitar pukul 21.30 dengan selamat dan tak kurang suatu apapun…. Alhamdulillah. Sampai di terminal, kami pulang ke rumah masing-masing. Saya sendiri naik motor dari terminal karena sudah parkir menginap, lokasi parkirnya pas di seberang halte kedatangan bus Bandara dan antar kota, tariff awal masuk Rp 2000, nitip helm Rp 3000 (untuk sekali bayar), biaya meningap Rp 5000/hari. Miss my cats already.

See you all on my next note trip J