Trik untuk Sedikit lebih Hemat


Kondisi saat ini dimana inflasi semakin tinggi dan kenaikan gaji yang tidak sebanding dengan kenaikan harga-harga. Alangkah baiknya jika kita dapat lebih berhemat atau mencari pendapatan tambahan. Bukan malah mengurangi porsi infaq atau sedekah kita, yang harus dikurangi adalah dari sisi konsumsi atau hal-hal lain yang selama ini kurang kita perhatikan tapi termasuk pintu kita mengeluarkan uang. Nasi sudah menjadi bubur, hanya mengeluh tidak akan memecahkan masalah kita. Langkah yang harus kita lakukan adalah mensiasati keadaan.

Berikut adalah beberapa cara yang saya dan orang-orang sekitar saya gunakan untuk sedikit mengurangi pengeluaran yang tidak perlu :

1. Gunakan kartu debit atau kartu kredit (no cash) jika berbelanja di supermarket
Alasan : karena seringnya di sini tidak ada uang kembalian atau nilai rupiahnya berbentuk koma-koma, sehingga kita dapat membayar pas dengan memakai kartu debit atau kartu kredit. Pengalaman pribadi, di supermarket sering tidak ada kembalian uang receh. Membayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit juga bisa mendapatkan point reward kan🙂

2. Gunakan kartu debit untuk membayar ketika mengisi bahan bakar, biar pas.

3. Untuk membayar pajak kendaraan, cek terlebih dahulu jumlah pajak yang harus dibayar secara online. Untuk yang berada di jawa timur bisa di cek di https://reg.esamsatjatim.com/cmain/main. Siapkan uang pas sebelum membayar.

pajak stnk biru
Contoh pengecekan pajak kendaraan

 

4. Buat perjanjian dengan diri sendiri dan anggota keluarga yang lain, jika membeli barang baru maka harus ada barang dengan jenis sama yang dikeluarkan dari rumah. Otomatis dengan perjanjian ini akan berpikir ulang sebelum membeli barang lain yang jenisnya sama dengan yang sudah dimiliki.

5. Buat list belanjaan harian atau mingguan. Jika ketika di pasar / supermarket membeli barang atau bahan tak terduga maka buatlah kompensasi dengan mengurangi barang lain yang sudah dilist.

Demikian sedikit share cara untuk lebih berhemat dari pengeluaran yang tidak perlu. Share diatas sudah applicable oleh saya dan orang-orang di sekitar saya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s