First Time Travel To Malaysia – Day 1 Part 1

Alhamdulillah pesawat sesuai jadwal, kami berangkat dari Surabaya dengan flight jam 22.00 dan tiba di Kuala Lumpur jam 00.05 waktu KL. Alhamdulillah tempat duduk di pesawat pas banget. Teman saya yang keturunan madura duduk bersebelahan dengan bapak ibu asal madura juga. Bapak ibu ini sudah 27 tahun tinggal di Malaysia, sampai sang Bapak sudah menjadi warga negara Malaysia. Obrolan dengan bapak ibu ini bisa berjalan lancar jika menggunakan bahasa madura karena otomatis masih asli tidak terpengaruh kata-kata Malaysia, tapi begitu sudah pakai bahasa Indonesia malah nggak ngerti sama sekali. Maklum lah, bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia walau sekilas sepertinya sama tetapi 90% berbeda kata-katanya. Ya sudah, saya menyerahkan kepada teman saya untuk ngobrol sama mereka.

012fdb753948c2c043f5ba011f5042517781ce0073
First time arrived at KL

Ketika mengetahui cerita teman saya bahwa kami berencana menginap di bandara sambil menunggu waktu subuh, kami ditawari untuk menginap di rumah mereka. Walaupun tempat tinggal mereka cukup jauh, Alhamdulillah lumayanlah dapat tumpangan tidur, minimal bisa meluruskan punggung daripada harus menginap di bandara seperti mas-mas india yang pada berjejer tidur di bandara. Beginilah madura connection, saling tolong menolong. Bersyukur deh bertemu orang madura, bersyukur ngajak teman berdarah madura travelling.

Dari bandara KLIA2 untuk menuju KL harus transit di KL sentral dulu. KL sentral adalah terminal besar tempat transit kereta dan bus untuk lanjut perjalanan berbagai tujuan. Lokasi bus ada di lantai paling bawah, tiket dari KLIA2 menuju KL sentral RM 10 per orang.

counter untuk membeli tiket bus di KLIA2
015f9dc07885dc7d4b3362bc0e8868ac3194940aa4
ngantuk dalam bus

Ternyata rumah pasangan ibu bapak tersebut ada di rumah susun sederhana dengan 2 kamar aslinya tetapi dibuat 4 kamar. Mereka menyewa 1 petak rumah susun tersebut untuk kemudian 3 kamarnya disewakan kepada para pekerja RM 500/bulan untuk sewa kamar saja.

20150123_071722
menunggu teksi
20150123_071734
deretan rumah susun

Rumahnya dekat sekali dengan stasiun kereta sungai besi dan memang area ini banyak sekali rumah susun. Di KL dengan mudah bisa kita temui setiap dekat stasiun kereta yang lokasinya agak jauh dari pusat kota, biasanya ada rumah susun. Keesokan harinya setelah pamit dengan para penghuni rumah, kami pun diantar menuju jalan untuk naik taxi menuju stasiun kereta. Dari rumah susun ke stasiun kereta sungai besi kami naik taxi dengan argo meter RM 4. Oh ya 1 hal yang perlu diperhatikan, dalam bahasa Malaysia kereta artinya mobil, sedangkan kereta disebut kereta api. So, i suggest you to keep using english.

Rencana hari pertama ini kami akan titip tas dulu di hostel karena waktu check-in resmi adalah pukul 14.00. Hostel kami bernama YY48 yang terletak di jalan tun perak, berseberangan dengan stasiun masjid jameek, jaraknya sekitar 50m saja (nggak nyangka kalau dekat stasiun). Hostel ini bagus sekali, bersih dan (kebetulan) memang baru buka. Kami dapat harga promo dari booking.com RM 80/kamar untuk kamar dengan tempat tidur Queen size dan kamar mandi dalam. Kamarnya kecil tapi nyaman, terutama kamar mandinya sangat bagus dan nyaman terdapat shower dan toilet duduk dilengkapi dengan shower kecil seperti di Indonesia. Fasilitas yang di dapat di dalam kamar adalah TV dengan beberapa stasiun lokal, gantungan baju, handuk 2 pieces, sampoo/sabun, free wifi yang kencang. Semua sistemnya sudah canggih, mulai dari lift hingga tombol dalam kamar. Harga saat ini sudah RM 100 untuk kamar dengan Queen size bed. Sorry, we forget to take picture of the hostel.

20150123_083304
breakfast menu

Setelah menitipkan tas dan tak lupa minta peta ke petugas hostel, kemudian beli air mineral kemasan RM 1.4 600ml di pedangang kaki lima sebelah hostel (hausss). Kemudian lanjut lagi dengan membeli sarapan di McD yang lokasinya terletak antara stasiun masjid jameek dan hostel. Breakfast dengan bubur dan milo panas RM 4.45 (tax include). Kebetulan ruang makan di McD ini cukup nyaman dibuat diskusi, sehingga kami putuskan melihat-lihat peta dan merencanakan kembali apa yang harus kami lakukan berikutnya. 017d6d7698bc47446e29087dc8515d1f0a48a202d5Mengingat kondisi badan yang masih capek, hari ini kami putuskan untuk ke batu cave saja agar waktu sisa bisa kami manfaatkan untuk istirahat di hostel.