First Time Travel To Malaysia – Part 1 Preparation


Setelah Singapura, Bangkok, Jepang, akhirnya tibalah waktu mengunjungi negara tetangga, yaitu Malaysia. Berawal dari kesuntukan, kebetulan ada tiket promo airasia, kebetulan ada teman yang mau diajak, udah gak mikir apa-apa lagi, BELI TIKEET !!! Sayangnya dapat tiket PP 1,5 jt (agak mahal, tapi gpp, namanya juga pingin).

Beli tiket desember untuk dipakai flight bulan januari, jadi persiapan cuma 1 bulan dari keberangkatan. Persiapannya apa saja? Mengingat Malaysia ini kondisi negaranya mirip dari Indonesia dari segi budaya, iklim, makanan, dll, maka persiapannya tidak banyak. Persiapan saya :
Yang dibawa dalam tas :
1. Baju secukupnya. Baju tidak perlu tebal, karena cuaca Malaysia sedang, tidak panas  dan hampir tidak menimbulkan keringat seperti Surabaya, tapi tidak dingin seperti di dataran tinggi seperti Batu atau Bandung.
2. Jas hujan (padahal di sana nggak pernah hujan walau di Indonesia musim hujan)
3. Obat-obatan pribadi : minyak kayu putih, obat pegel-pegel, biasanya nambah koyo (cuma lupa bawa), obat anti diare
4. Mukena (seharusnya tidak perlu bawa karena di setiap musholla dan masjid disediakan mukena yang nyaman, beda dengan di Indonesia😀 )
5. Tas kresek untuk baju kotor
6. Print boarding pass dan bawa paspor

Yang direncanakan :
1. Rencana tujuan wisata
2. Booking Hostel
3. Pelajari sistem transportasi dan seluk beluk pariwisatanya

Sekilas sudah lengkap semua, tapi oh tak disangka saya lupa kalau paspor sedang di biro travel buat urus visa. 3 hari menjelang keberangkatan baru ingat. Alhamdulillah paspor bisa diambil tepat waktu karena dikirim lewat cargo dan saya ambil di terminal cargo dekat bandara lama yang baru dibangun (Terminal 2).

Ketika masuk bandara jangan lupa menuju check-in counter di lantai 1, walaupun sudah online check-in. Istilahnya setor muka ke petugas check-in dan bayar tax sebesar Rp 200.000 (mihil bingit). Di Surabaya di counter check-in akan diberi boarding pass lagi (seperti kalau check-in biasa).

Untuk melewati imigrasi surabaya (lantai 2), harap tidak membawa tempat kosmetik, parfum, dan semacamnya yang berbotol melebihi 90, 100 dan 130 ml (tergantung bentuk botolnya). Dan perlu di CATAT, GARISBAWAHi tebal, bahwa yang dilihat BUKAN seberapa banyak cairan atau aerosol yang ada dalam botol, tetapi yang dilihat adalah BOTOLNYA. Entahlah apa tujuan aturan konyol tersebut, tapi menurut mereka begitulah aturan penerbangan internasional.
Teman saya yang pernah ke Polandia bercerita bahwa dia pernah dicegat di bagian imigrasi karena membawa cairan dalam botol dalam jumlah yang agak banyak, kemudian petugas imigrasi menaruh botol-botol teman saya ke dalam tempat plastik dan diminta untuk tidak dimasukkan tas (alias ditenteng saja), That’s It! Mungkin tujuan utamanya biar tidak njembret (apa ya istilah bahasa indonesianya?) keluar sewaktu di dalam pesawat. Tapi kali ini bawaannya tidak lolos, toner dan cairan pembersih mukanya harus rela ditinggal karena kemasannya lebih dari 200ml. Akhirnya teman saya kembali ke check-in counter airasia untuk bertanya tentang bagasi. Tetapi petugas counter berbaik hati dengan berkata boleh dititipkan ke dia dulu, nanti kalau sudah balik ke surabaya bisa diambil (tapi tidak saya sarankan, karena kita tidak tahu kebenaran janjinya).

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan jika akan naik airasia dari Juanda Surabaya (Terminal 1) adalah tas koper yang versi digeledek akan ditimbang sebelum Anda masuk gate. Jika tas ransel, tidak akan ditimbang petugas. Peraturannya boleh membawa tas jinjing dan 1 tas koper kotak yang dibawa maksimal 7 Kg dan atau dimensinya sesuai ukuran yang ditentukan (amannya bawa saja yang tinggi/panjang tidak lebih dari 50cm). Kalau saya bawa tas ransel punggung dan 1 tas selempang sudah cukup.

Kemudian persiapan terakhir sebelum naik pesawat adalah jangan lupa bawa jaket, kalau tidak tahan dingin bisa tambah sarung tangan karena di gate juga sudah dingin kondisinya.
Preparation Done! Ready to Flight!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s