Apa yang Boleh dan Tidak Seharusnya Dibeli Secara Online


Membeli barang secara online memang memberikan kemudahan tersendiri bagi orang-orang yang tidak mempunyai waktu untuk datang langsung ke toko membeli barang. Bahkan saat ini, makan siang pun bisa diantarkan ke kantor. Praktis, tinggal telepon dan tidak ribet. Apalagi fitur COD (Cash On Delivery) disediakan oleh penjual, semakin mempermudah transaksi.

Tapi kita sebagai pembeli harus jeli dan berhati-hati dalam bertransaksi online, terutama dengan toko / seller yang belum pernah direkomendasikan oleh teman-teman kita. Jika pembelian hanya untuk barang-barang bernilai kecil sih tidak masalah, tetapi jika sudah menyangkut nilai uang yang sangat besar, saya sarankan jangan terlalu berani mengambil resiko.

Dalam ikhtiar membeli barang dan agar tidak tertipu, yang paling penting adalah melihat reputasi seller. Untuk seller yang sudah lama berjualan, reputasinya tidak sulit kita temukan di google, pasti banyak yang memberikan review. Untuk seller baru, jika pembelian barang jumlahnya kecil saya rasa tidak masalah, tapi kalau jumlah barang dan nilainya besar maka lebih baik menunggu review dari orang yang sudah pernah membeli. Satu hal yang menarik mengenai review adalah, review masih bisa dimanipulasi oleh kawan-kawan / network penjual sendiri. Walaupun review bisa diisi setelah seseorang membeli barang, tapi hal tersebut tetap bisa dilakukan. Bukannya su’udzon, tapi harus waspada. Jadi harus jeli melihat apakah review-review tersebut hasil manipulasi atau tidak.

Yang aman ditransaksikan dan dibeli lewat online adalah barang-barang non eletronik, non makanan jadi misalnya baju, tas, buku, sepatu, kain asalkan kita mengetahui dengan jelas spesifikasi, ukuran dan bahan. Bahkan peralatan rumah tangga pun harus jeli dalam membeli, karena harga barang bisa lebih murah pada toko offline.

Pengalaman saya pertama kali (dan terakhir) membeli barang elektronik dan lensa kamera lewat toko online di Indonesia adalah saya diberikan barang yang memiliki bocel (luka, tidak mulus). Sehingga saya sama sekali tidak menyarankan membeli online barang-barang elektronik yang sangat diperhatikan kemulusan dan kesempurnaan bentuknya. Apalagi kalau ternyata kita diberikan barang yang bekas, bisa panjang penyesalannya. Toko yang tidak recommend untuk membeli barang elektronik adalah “hpmurahkita” di qoo10.co.id. Di toko tersebut saya membeli iphone 5 16Gb yang ternyata dikirim dalam keadaan bocel, email saya untuk komplain pun tidak ditanggapi. Kemudian di jakartanotebook.com saya membeli lensa untuk kamera iphone yang ternyata dikirim dalam kondisi ada yang retak. Lebih baik membeli offline untuk peralatan elektronik, kamera, lensa dan semacamnya. Untuk peralatan dan elektronik rumah tangga, toko offline bisa membandrol harga yang berbeda dengan katalog online semisal perbandingannya dengan toko hartono elektronik surabaya. Apalagi di toko offline banyak promo-promo dadakan seperti beli 1 dapat 2 ataupun clearanse sale. Lebih menguntungkan membelinya di toko offline.

Salah satu yang bisa saya percaya untuk membeli barang elektronik adalah dari penjual ebay yang berlokasi di Amerika. Saya pernah membeli kindle 3G dan barang sampai dengan selamat, mulus, kondisi benar-benar baru belum pernah di set up atau dibuka. Kindle ini segelnya bukan plastik seperti handphone kebanyakan, tetapi ada pada pack kardusnya yang susah dibuka, sehingga kalau pernah dibuka pasti kelihatan. Shippingnya pun cepat, 5 hari sudah sampai Indonesia. Saya bukannya promo ebay, tetapi di ebay ini jika seller memiliki reputasi yang bagus, maka kenyataannya 99% seller tersebut memang bagus. Berbeda dengan situs-situs lain.

Waspada saja dengan barang-barang palsu dan penjual yang tidak bertanggung jawab. Karena semakin hari semakin banyak saja modusnya. Lebih baik keluar uang lebih mahal sedikit dan usaha lebih banyak daripada tertipu dan mendapatkan barang yang tidak sesuai. Teliti, baca, riset terlebih dahulu sebelum membeli. Semoga selamat dan tidak menyesal🙂

Happy shopping and be careful, don’t be careless.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s