Independence Day Trip – Day 3

Hari ketiga trip ini jadwal kami berangkat ke Dieng. Selama dua hari ke depan kami berempat + pak driver akan sama-sama ke semua obyek yang dituju di Dieng.

Keberangkatan kami ke Dieng akan ditempuh dengan mobil innova yang kami sewa beserta dengan drivernya. Menurut keterangan pak driver, perjalanan akan ditempuh dalam waktu 4 jam. Dan ternyata sesuai prediksi, perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari jogja sampai ke homestay kami di Dieng. Dari alun-alun wonosobo ke homestay saja ditempuh kurang lebih 1.5 jam perjalanan. Kami menginap di homestay puspa indah. Ada petugas penginapan yang menjemput kami begitu kami tiba di dekat penginapan.

Pemandangan di depan homestay

Dari homestay ini cukup dekat dengan obyek wisata candi arjuna, kawah sikidang, telaga warna, puncak sikunir dan teater.

Pertama kali sampai di pegunungan Dieng, saya cukup terpesona dan kagum dengan keindahan bukit-bukitnya. Pemandangannya seperti di puncak hanya saja menurut saya di sini lebih indah pemandangannya.

Sesampai di homestay kami check in, kebetulan di homestay ini bisa check in mulai pukul 12 siang. Setelah sholat dan istirahat sebentar, kami lanjutkan ke candi arjuna, telaga warna dan kawah sikidang.

Tujuan pertama adalah ke komplek candi arjuna. Di area candi arjuna ini ada beberapa candi kecil yang letaknya berdekatan. Untuk masuk ke area candi hanya cukup membayar 1x Rp 10.000 saja. Tempatnya cukup bagus dan tertata rapi, hanya saja cukup membuat kami terkejut karena area candi yang begitu luas seperti TPS alias Tempat Pembuangan Sampah karena pengunjung sepertinya terbiasa membuang sampah sembarangan padahal disediakan tempat sampah yang lokasinya cukup dekat. Hal ini membuat kami miris sekaligus kecewa. Selain pengunjung lokal, ada beberapa juga wisatawan mancanegara yang berkunjung… hmmmm lumayan embarassing.

Setelah ke komplek candi, kami ke kawah sikidang. Setibanya di area kawah sikidang, saya tidak ikut teman-teman ke dekat kawah karena tidak kuat dengan baunya.

Kami tidak berlama-lama di kawah sikidang karena memang obyeknya hanya berupa kawah panas dan air mendidih. Katanya ada penjual telur rebus di dekat kawah, guyonannya teman-teman kemungkinan telurnya direbus di kawah, xixixi.

Dari kawah Sikidang, kami meluncur ke telaga warna yang jaraknya cuma beberapa menit dari kawah Sikidang. Di area wisata telaga warna juga ada telaga lain yaitu telaga pengilon dengan jarak tak jauh. Ada juga gua, tapi sayang waktu itu guanya ditutup.

Peta telaga warna
Telaga warna
Telaga pengilon

Setelah melihat-lihat wisata alam saatnya kami berwisata sejarah dengan mengunjungi teater yang jaraknya sangat dekat dengan lokasi telaga warna. Kata pak driver lebih baik kami sekalian saja ke teater karena letaknya sangat dekat dari telaga warna. Di teater diputar film dokumenter yang menjelaskan sejarah terjadinya dataran tinggi Dieng serta kehidupan masyarakatnya. Dijelaskan pula mengapa anak-anak Dieng berambut gimbal. Setting tempat dalam teater seperti bioskop mini dengan biaya masuk hanya Rp 4000/orang. Pak penjaga teater juga berjualan topi dan sarung tangan. Kebetulan kami membeli topi dan sarung tangan di sana.

Sore hari kabut mulai turun dan kami kembali ke homestay untuk istirahat.

Menjelang malam udara dinginnya luar biasa, thermometer dalam rumah menunjukkan suhu 15 derajat celcius. Badan rasanya tak sanggup bergerak. Selimut tebal 2 lapis + sweater tidak mampu menaklukkan hawa dingin di sini.

Berhubung perut sudah keroncongan, kami berempat terpaksa keluar homestay untuk mencari makan malam disekitar situ. Saking dinginnya sampai dari mulut kami keluar embun ketika berbicara.
Rupanya beberapa meter dari penginapan ada penjual nasi,mie goreng dan bakso, tak lupa juga minuman panas yang cepat sekali menjadi hangat dan kemudian dingin.

Setelah lumayan kenyang, kami kembali ke homestay dan beristirahat. Tidak kuat rasanya lama-lama berada di luar rumah. Baterai gadget-gadget kami pun juga sudah “sekarat” minta di charge baterainya.