Lebaran yang Totally Different


Biasanya lebaran saya lewati hanya sebagai rutinitas tahunan. Mulai pagi berkunjung ke rumah kakek nenek dari pihak bapak dan ibu yang lokasinya hanya berbeda beberapa gang dari rumah saya, salam-salaman, makan-makan, pulang. Setelah kakek nenek meninggal pun, rutinitas masih mengunjungi rumah mereka karena rumah kakek nenek ditinggali oleh budhe, pakdhe, bulik, paklik dan tentu saja para sepupu.

Tahun ini merupakan pengalaman lebaran yang totally different, sama sekali berbeda dari 29 kali lebaran yang pernah saya lewati. Ada 4 hal yang berbeda :
Pertama, tahun ini keluarga saya merayakan lebaran tanpa kakak pertama saya.
Kedua, para sepupu dari bapak saya (yang selama ini tidak pernah dekat), mengajak untuk family gathering. Mungkin masih terbawa suasana emosional meninggalnya kakak saya.
Ketiga, menjauhnya hubungan dengan para bulik dan paklik dari keluarga ibu. Many goes, but many will come.
Keempat, adanya titik terang jodoh bagi sepupu tertua saya (sepupu perempuan yang berusia 50 tahun).
Oke, pembahasannya fokus pada hal kedua yang bagi saya masih unbelievable.

Semua terjadi begitu cepat, dimulai dari parahnya sakit kakak saya hingga dia meninggal. Dari kejadian ini, entah Allah mengungkap yang selama ini tersembunyi atau memang membalik hati saudara-saudara saya. Yang selama ini dekat, jadi jauh. Dan yang selama ini jauh, jadi dekat. Subhanallah, kuasa Allah, dan Allahlah yang paling mengerti apa yang terbaik untuk hamba-hambaNya. Disinilah letak unbelievablenya, karena banyak hal cepat sekali berubah 180 derajat. Dari hal baik yang berubah jadi tidak baik, masih lebih membahagiakan hal yang semula tidak baik dan berubah jadi baik.

Semoga rencana tahun depan untuk kembali mengadakan family gathering bisa terlaksana, semua keluarga bisa tetap sehat dan memiliki rezeki yang lancar (terutama para sepupu penyumbang dana utama), aamiin.

image

*still pray for gaza


Leave a Reply

