Kasih Sayang dalam Berorganisasi


Luar biasa pelajaran yang baru saya dapatkan kemarin. Udara panas memang bisa menggelorakan semangat ataupun bisikan syetan. Dua-duanya masuk.

Persiapan kampanye dan pemilu memang cukup menyita waktu para kader pengusung parpol ini. Masih teringat 10 tahun lebih yang lalu ketika partai ini terseok-seok untuk bisa lolos “Electoral Treshold”. Tidak perlulah diceritakan bagaimana suka dukanya karena akan terlalu panjang (mengingat saya ini kan sudah veteran, hehe). Ditengah berputarnya mesin partai yang sedemikian cepat, tuntutan mencetak kaderpun dari sisi kuantitas semakin tinggi. Beberapa ada yang dipercepat marhalahnya untuk bisa mengisi posisi-posisi kosong di struktur menengah ke bawah. Harapannya, mereka bisa lebih semangat dan bisa mengupgrade diri. Terkadang “keterpaksaan” atau “the carbitan” menjadi wrong person at the right place.

Kurangnya komunikasi dengan struktur dikarenakan kesibukan saya ternyata menjadi faktor parahnya misunderstanding (miss=nona,under=dibawah,standing=berdiri… artikan sendiri yaa). Jadi ada yang mempertanyakan sinis, kemana anti selama ini? Apakah anti kader? Siapa anti? Tapi itu semua tidak pernah ditanyakan dan ujungnya meledak ketika saya tidak diberi tahu perihal keberangkatan kampanye akbar kemarin. Well, saya inginnya jawab, saya dulu yang bla bla bla (eling jaman sakmono). Dan saya sibuk disini, disitu, ya tidak perlu saling menggembar-gemborkan amalan baik, pahalanya hangus ntar. Ya rabb, ampuni hambaMu ini.

Ada 2 bagian besar struktur, yaitu qiyadah dan a’dho. Dan dari 2 jenis struktur tersebut masih dibagi lagi menjadi 2 tipe, proaktif dan pasif. Kadang qiyadah pasif tidak akan bertanya ada kesulitan apa dari a’dho’nya kok tidak pernah muncul, apa solusi yang bisa dibantu, … eee atau mungkin para qiyadahnya tidak ada waktu (catet). A’dho pasifpun demikian, biasanya langsung menghilang tanpa konfirmasi (itulah salahnya saya, hehe), pun kalau tidak disuruh tidak bergerak karena dipikir memang sedang tidak ada agenda apapun =》lagi-lagi ini ciri khas saya. Tapi jika diberi amanah akan saya tunaikan semampu saya (membela diri hoho).

Kedewasaan dalam berorganisasi
Organisasi analoginya kehidupan RT di kampung kita. Ada yang jadi struktur RT dan warganya. Warga dibagi menjadi yang aktif dan pasif. Warga super sibuk biasanya bisa diandalkan pada hari H yaitu hari minggu. Warga yang aktif bisa setiap saat, mungkin dikarenakan kesibukan mereka lebih fleksibel. Jika warga satu dengan yang lain saling iri-irian bisa geger dan mati kampungnya. Yang aktif iri dengan yang tidak aktif sehingga ikut-ikutan tidak aktif. Atau warga yang aktif nyolot dan sinis dengan warga yang pasif. Cuma tinggal pengurus RT doang tanpa warga yang bisa guyub.

Hello, grown up man!
Hidup itu mudah dan indah. Jika Anda butuh sesuatu katakan, dan jika ingin tahu sesuatu tanyakan. Seperti pak RT yang akan mendatangi warganya yang bermasalah untuk ditanyai, dan jika perlu dinasehati. Seperti juga woro-woro kegiatan kerja bakti, instruksikan semua wajib hadir jika tidak hadir menyumbang konsumsi sekian xxxx. Life is simple, don’t make it complicated.

Kasih Sayang itu Tali
Benar lirik lagu raihan bahwa kasih sayang itu seperti tali, mengeratkan. Alangkah indahnya jika semua saling merangkul dengan kasih sayang, bukan dengan kesinisan dan arogansi. Dulu, saya juga begitu ditengah kelelahan menjalankan amanah-amanah, sering bertanya kemana ikhwah-ikhwah yang lain? Mengapa mereka tidak mau datang membantu? Itu karena saya merasa dengan amanah “segitu” itu sudah berat banget (padahal tidak tahu kalau ikhwah lain ada yang lebih berat). Ternyata sekarang saya berada di posisi yang dipertanyakan. Dan ternyata sekarang saya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan lugu saya dulu. Hmmm hanya bisa tersenyum tapi sekaligus istighfar melihat siklus ini berulang kepada orang lain.

Hikmahnya, kita tidak akan bisa merasakan dan tahu tanpa mengerti. Untuk bisa mengerti, hanya perlu menundukkan hati dan berlindung dari godaan kesombongan perasaan “ter”. Jangan lupa, suntikkan sejuta warna kasih sayang dalam hatimu.

Selamat berorganisasi🙂


Leave a Reply

