Kelas Inspirasiku 11 November 2013


This is the day…

Tibalah hari mengajar kelas inspirasi, deg deg deg sampai mules rasanya pagi ini. Maklum, saya tidak pernah mengajar anak-anak SD, punya anak juga belum, hehehe. Apalagi materinya baru saya siapkan malam harinya. Bismillah nekat saja lah, berdoa semoga Allah melancarkan saya dalam berbicara di depan kelas. Oke berangkat …

Alhamdulillah saya tidak terlambat sampai di sekolah yang terletak di bagian barat surabaya yaitu SDN Lidah Wetan 4 Surabaya. Kemudian langsung menuju ke ruang guru. Disana saya sudah ditunggu mbak Nora (fasilitator) dan pak Deni (fotografer). Pengajar yang lain mana? ternyata ada 1 pengajar dari panitia yaitu bu Juli, dikarenakan 2 relawan lain yang seharusnya mengisi berhalangan hadir, yang satu karena ada permasalahan dengan client dan yang satu lagi sedang launching buku barunya. Back to bu Juli, bu Juli ini keren, saya mengenal beliau ketika dalam pembekalan relawan diputar video yang menunjukkan bagaimana menangani anak-anak di kelas dan bu Juli adalah salah seorang yang memberikan tips dalam video tersebut. Ketika datang, beliau membawa 3 buah payung warna-warni. Dan beliau langsung menyapa saya seakan-akan sudah kenal lama dan menawari saya untuk menggunakan salah 1 payung tersebut. Payung itu digunakan untuk media anak-anak menuliskan cita-cita mereka dan disimpan di kelas. Oke i’m in. Awalnya saya berencana menggunakan pohon cita-cita tetapi tidak masalah diganti ditulis di payung. Kenapa memakai payung ? Menurut bu Juli, filosofinya adalah payung dapat digunakan ketika hujan maupun ketika panas, harapannya agar anak-anak bisa tangguh dan dapat diandalkan seperti payung.

Hari sabtu yang lalu, saya bersama mbak Nora sempat melakukan survey dan observasi ke sekolah. Saya sempat berbincang-bincang sebentar dengan wali kelas murid kelas 5 yang akan saya ajar. Beliau mengatakan bahwa murid kelas 5 adalah yang paling ramai di sekolah tersebut. Wow, ternyata memang benar murid kelas 5 ini luar biasa… ramenya T.T. Kelas yang saya ajar ini terdiri dari 25 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Apalagi mereka sepertinya tidak paham dengan apa yang saya omongkan. Di awal saya masuk kelas sudah disepakati bersama tentang peraturan di dalam kelas, tetapi banyak dari mereka yang tidak mau diberi hukuman ketika melanggar … owalah…. namanya juga anak-anak. Saya sangat salut dengan guru-guru terutama wali kelas murid kelas 5 ini karena bisa menangani para murid yang super rame ini setiap hari tanpa menjadi stress :p

Bu Juli, Mbak Nora, Bu Kepsek, saya, Pak Deni
Bu Juli, Mbak Nora, Bu Kepsek, saya, Pak Deni

Overall kelas hari ini berjalan lancar, insyaAllah 50% dari materi saya telah tersampaikan dengan baik, karena ada saatnya mereka diam dan mendengarkan saya bercerita, atau ketika saya putarkan video. Video yang saya berikan adalah bagaimana perakitan BTS hingga instalasi di atas tower. Selain itu saya juga memutarkan video tentang bagaimana anak-anak palestina berjuang untuk berangkat ke sekolah. Memang di Indonesia sendiri banyak juga anak-anak di daerah pelosok yang penuh perjuangan untuk sampai ke sekolah, tetapi saya sekali-kali ingin pikiran mereka mendunia, coba melihat ada apa di belahan dunia yang lain. Benar juga, ketika saya putarkan video akan-anak palestina yang harus berhadapan dengan tentara israel untuk pergi ke sekolah, mereka terheran-heran apalagi ketika anak-anak Palestina itu berhadapan langsung dengan senapan dari tentara israel. Disini saya pesankan agar mereka bersyukur dan belajar dengan baik.

Pesan saya yang terakhir kepada mereka adalah bahwa mereka harus terus mengejar cita-cita dan mengisi kemerdekaan dengan menjadi orang yang bermanfaat.

Alhamdulillah sedikit ilmu yang saya punya semoga menginspirasi mereka sehingga menjadi generasi yang berkonstribusi kebaikan bagi Indonesia… aamiin…

Saya sangat berterimakasih kepada para panitia terutama mbak Nora atas bantuan-bantuannya serta kepada pihak sekolah yang telah bekerjasama memfasilitasi orang-orang baik untuk berbuat kebaikanšŸ™‚ Semoga kita dapat terus menginspirasi diri sendiri maupun lingkungan sekitar ^.^


Leave a Reply

