Belajar Ikhlas dan Sabar


Jadi ingat kisah pembantaian karbala, syahidnya para ahlus sunnah wal jamaah yang dipimpin cucu Rasulullah SAW yaitu Husein radhiyallahuanhu di tangan orang-orang irak. Waktu itu ada beberapa orang islam yang dibiarkan hidup oleh orang-orang irak dan dibawa ke hadapan khalifah saat itu. Mereka di arak seperti seorang penjahat. Sedih.

Saya lupa detail nama-namanya. Yang saya ingat dari orang-orang islam yang selamat tersebut ada seorang wanita yang ditanya mengapa ia tidak bersedih. Beliau menjawab yang intinya walau apapun yang telah terjadi tidak seharusnya ia bersedih.
Subhanallah sungguh kesabaran dan keikhlasan yang luar biasa. Beliau saja yang mengalami peristiwa begitu berat dan mengancam nyawa bisa berkata demikian, maka apalah artinya peristiwa-peristiwa buruk yang saya dan keluarga saya alami.

Jika kita hanya kehilangan sesuatu yang kecil, maka akan jadi tidak seru, ikhlasnya jadi cuma level cemen, sabarnya level ecek-ecek. Ikhlas dan sabar tidak bisa dipisahkan. Ketika mengikhlaskan sesuatu pasti dituntut adanya kesabaran. Sabar untuk menerima takdirNya, sabar untuk tidak ‘marah’ padaNya, sabar untuk tetap bersyukur, dll.

Kadang kala kita berpikir kejadian buruk hanya dialami orang lain dan tidak akan terjadi pada kita. Seakan-akan musibah tersebut adalah hal yang biasa saja, dan seharusnya orang yang mengalaminya bisa baik-baik saja. Tapi kenyataannya ketika takdir itu terjadi pada kita, berat rasanya untuk menerima.

Well, life must go on, we always need to learn in every phase of our life. Tidak apa-apa jika kesedihan terjadi di dunia, asalkan jangan di akhirat. Tidak apa-apa air mata jatuh di dunia, asal bukan air mata penyesalan setelah meninggal dunia. Bukanlah apa-apa pendzaliman orang lain di dunia, karena kita akan menerima keadilan di akhirat.

Ikhlas dan sabar sungguh berat saya rasakan. Inilah saatnya tantangan ‘permainan’ ditingkatkan. Harus lulus!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s