Mati Syahid Cita Tertinggi


Dulu saya punya kakak kelas SMA namanya cita. Saya nggak begitu kenal dengan mbak cita, hanya saja setiap kali saya mengingat namanya, yang ada dalam benak saya bahwa “wow beruntung ya mbak itu namanya cita, pasti dia punya banyak cita-cita hebat”. Hehehe pemikiran yang entah datang dari mana. Yang jelas, tidak perlu bernama cita untuk punya cita-cita tinggi.

—–

Setiap berita kematian semakin membuat saya banyak kepikiran tentang “bagaimana kalau nanti giliran saya?” Jika waktu saya habis hari ini atau besok atau lusa, saya belum punya tabungan amal apapun untuk menentramkan “hidup” saya di alam kubur, apalagi ketika di padang mahsyar. InsyaAllah saya yakin pada akhirnya bakal masuk surga, perjalanan sebelum masuk surga ini yang menjadi tanda tanya besar (atau bahkan bisa jadi masalah, naudzubillaimindzalik).

Hingga tadi malam saya dengan galau berpikir bahwa sepertinya saya harus mulai berdoa pada Allah agar dikaruniai mati syahid (baru nyadar setelah sekian lama – lebih baik terlambat daripada tidak). Dengan mati syahid, seseorang akan masuk surga tanpa hisab. Mati syahid sendiri ada beberapa kriteria, maksudnya ada beberapa jenis kematian yang ciri-cirinya bisa dikategorikan mati syahid. Dari sekian banyak ciri-ciri tersebut, tidak ada yang meninggal dengan wajar. Yang kelihatan paling tidak berdarah-darah adalah meninggal dalam keadaan beramal sholih. Jadi ingat beberapa video orang-orang yang meninggal ketika berceramah atau bersujud.

Karena banyaknya keutamaan mati syahid, rugi kuadrat kalau selama hidup tidak pernah memohon untuk mati syahid. Sakitnya mati syahid hanya seperti dicubit. Lihat saja wajah para syuhada yang berjihad, banyak yang tersenyum, seperti tidak merasakan sakit sama sekali bahkan melihat hal yang membahagiakan.

Tapi tapi tapi… karena sangat istimewanya mati syahid, tidak sembarang orang bisa berakhir/menutup usia dengan predikat mati syahid. Wajar lah. Karena itu mulai sekarang mari berdoa agar dikaruniai mati syahid, memperbanyak amal sholih, memperbaiki kualitas ibadah, dll dll dll whatever it takes. Apapun diusahakan agar bisa mati syahid.

Diantara semua cita-cita “manusia” saya, kini cita-cita tertinggi saya adalah mati syahid. Indahnya….

Kabulkanlah agar hamba bisa mati syahid ya Allah, aamiin… Saling mendoakan juga ya teman-temanšŸ™‚


Leave a Reply

