Japan, The Second Day

Hari kedua tiba juga, mata dan wajah saya sudah bengkak, kurang istirahat. Tapi saya tarik kembali ucapan saya kemarin tentang kapok ke Jepang. Baru sehari di Jepang saya sudah merasakan keramahan penduduknya, keteraturan transportasinya. Di sini rasanya seperti versi raksasanya Singapura. Gak kapok lah.

Hari kedua ini rencananya kami ke Shitennoji, Kastil Osaka kemudian ke Kaiyukan Aquarium setelah itu naik ferris wheel dan lanjut jalan-jalan malam di Namba.

Kami sarapan di kedai/warung sebelah hostel. Kebetulan di sebelah hostel ada warung makan, harganya murah, pemiliknya ramah, dan yang penting porsinya besar, lumayan cukup dibuat nahan lapar sampai sore, hehehe.

Setelah sarapan di sebelah hostel, kami ke Shitennoji Temple dan Gokuraku-jodo Garden. Hari itu sekali lagi kami terselamatkan dengan petugas informasi yang ada di stasiun. Kami agak bingung dengan peta subwaynya karena kadang ada line di dalam line (atau mungkin memang kami yang sukar membaca peta). Kebetulan di beberapa stasiun besar ada petugas sukarelawan yang fasih berbahasa inggris dan membantu para turis yang kebingungan dengan subway. Jangan dianggap turis adalah foreigner saja ya, karena orang jepang sendiri banyak yang travelling dan masih bingung membaca peta subwaynya.

Gerbang Shitennoji
Gokuraku-jodo Garden

Tibalah di area Shitennoji temple. Letaknya masuk di perkampungan. Kuilnya masih digunakan untuk tempat ibadah, bentuknya tidak begitu menarik.

Gerbang Depan Shitennoji
Kuil dalam komplek Shitennoji

Goraku-jodo garden berlokasi di sebelah kiri area kuil, tamannya  sebenarnya biasa saja, buatan semua, tidak ada yang alami. Hanya saja penyusunannya sangat bagus, bahkan pasirnya seakan-akan disisir, teratur dalam sebuah bentuk.

kolam kura-kura di depan kuil
Jalan menuju pintu masuk kastil Osaka
Kastil Osaka

Setelah melihat-lihat perjalanan dilanjutkan ke kastil Osaka. Kastil Osaka ini tentu saja di bagian luarnya terdiri dari benteng untuk mempertahankan kastilnya sendiri. Isi kastil Osaka sudah berubah menjadi museum, menceritakan bagaimana kastil didirikan hingga perjalanan dinasti-dinasti edo, ada juga dorama 3D. Di lantai paling atas (lantai 7 atau 8 saya lupa), kita bisa melihat pemandangan sekeliling yang lumayan bagus.

Miniatur peperangan jaman edo, dimana setiap jendral memiliki bendera yang berbeda-beda
Benteng Osaka

Setelah dari Kastil Osaka, lanjut ke akuarium Kaiyukan. Puas bener masuk ke sini karena lokasinya besar dan bagus, hewan airnya banyak jenisnya,  ada atraksi feeding timenya juga.

Kaiyukan Akuarium
Kebetulan ada syuting

Setelah dari akuarium, kami naik ferris wheel yang lokasinya ada di sebelah akuarium. Kami memang tidak membeli tiket terusan akuarium + kapal wisata, tapi membeli tiket akuarium + ferris wheel.

Ferris Wheel, kelihatan 2 kepala bule yang bareng sejak dari stasiun

Pulangnya perut keroncongan karena memang belum maksi. Dalam otw pulang ke hostel, ternyata oh ternyata di sepanjang jalan dari kaiyukan ke stasiun kereta ada banyak toko makanan, ada halal food ala india, ada toko bento yang jual bermacam-macam menu, ada yang lauknya hanya seafood. Syukurlah bisa makan selain makanan dingin. Teman saya cepat sekali lapar, jadi selama di Jepang kami sering mampir di family mart untuk beli nasi kepal ikan (dan saya selalu beli bento karena tidak doyan makanan mentah, unfortunately i hate sushi).

Setelah bercapek-capek dan bersenang-senang, kami pulang ke hostel. Di Hostel kami menikmati bento yang tadi dibeli dan langsung istirahat, lupa sudah rencana ke Namba… zzz….

Keuangan hari kedua :

Transport : Free Kansai Shurutto Pass
Makan : Sarapan 650 Yen, Maksi 300 Yen
Obyek Wisata : Shitennoji 300 Yen, Goraku-jodo Garden 300 Yen, Osaka Castle 600 Yen, Akuarium Kaiyukan + Ferris Wheel 2900 Yen.Hostel : 1500 Yen