Akhirnya Jadi Juga Visa ke Jepang


Insiden hari pertama mengurus visa tampaknya 99% disebabkan ke-bete-an menunggu teman yang terlambat datang. Salah saya sendiri sih, sudah tahu kalau rumah teman di ujung dunia masih saja datang cepat-cepat. Sedangkan dari pihak konsulat sebenarnya sangat kooperatif selama pemohon memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Berkas yang harus dikumpulkan untuk mengurus visa jepang kunjungan wisata 1x (single) di Surabaya adalah :
1. Kumpulkan persyaratan formulir permohonan yang sudah diisi lengkap (bisa diisi on the spot, karena bisa langsung tanya ke penjaga loket jika ada yang belum dipahami).
2. Kumpulkan itinerary / rencana perjalanan selama di jepang. Sebenarnya tidak harus benar-benar dilaksanakan, yang penting make sense (masuk akal) dengan jumlah hari kunjungan. Rencana ini lebih baik dibuat di rumah, jangan di konjen, kelamaan.
3. Kumpulkan fotokopi KTP dan KSK. Kalau Anda tidak sempat fotokopi dan kebetulan dihandle mbak penjaga loket yang baik hati, maka beliau akan dengan senang hati mem-fotokopi-kan (tapi tidak saya sarankan, karena kita tidak bisa milih mau dihandle mbak yang baik hati, hehe).
4. Kumpulkan rekening koran 3 bulan terakhir. Saya kurang tahu apa karena baru pertama kali, sehingga diharuskan memiliki tabungan diatas 20 juta, tabungan 25 juta diterima dengan waktu kunjungan saya 6 hari.
5. Keterangan pendukung jika ada, misalnya surat keterangan pegawai, dll ( asal bukan surat cinta).
6. Paspor yang berlaku minimal 6 bulan sebelum expire.
7. Foto 1 lembar tanpa background (latar putih polos), tidak blur, tidak berkacamata dan ditempel di form permohonan visa (poin 1). Ketika foto di studio, mereka sudah tahu kalau ukurannya 4,5 x 4,5 cm. Tapi teman saya boleh memakai foto 4 x 6 cm dengan warna background biru.

Jika semua persyaratan tersebut dipenuhi, maka berkas akan diterima penjaga loket dan kita diberikan tanda bukti pengambilan visa. Tidak harus diurutkan dan dimasukkan map. Map saya malah dikembalikan ke saya.

Visa akan jadi dalam waktu 4 hari kerja. Benar saja setelah 4 hari kerja, saya telpon kedutaan dan visa saya sudah jadi. Biaya pembuatan visa per 1 April 2013 adalah Rp 350.000. Yay Alhamdulillah visa sudah jadi. Bagi Anda yang di rencana perjalanannya mencantumkan tujuan kunjungan ke perfektur miyagi, fukushima dan iwate bisa mendapatkan free visa (infokan ke penjaga loket sewaktu ambil visa). Visa berlaku untuk 1x kunjungan wisata, bisa digunakan selama 15 hari kunjungan.

image

Fyi, sebaiknya sewaktu di negara lain tidak bertingkah yang macam-macam karena akan menyulitkan proses pengurusan visa berikutnya. Ceritanya kemarin sewaktu saya mengumpulkan berkas, ada seorang pemohon visa yang ditolak/dibanned visanya karena pernah mengemudi mobil dan menabrak ( tidak jelas menabrak apa). Bukannya saya menguping, tapi suara si pemohon ini kenceng sekali sampai terdengar ke ruang tunggu tanpa harus bersusah payah mencuri dengar :p. Menurut suara yang saya dengar, pemohon visa membela diri bahwa seharusnya dia sudah boleh lagi masuk ke Jepang karena kejadian kecelakaannya sudah 11 tahun yang lalu. Kemudian dia dilarang ke Jepang selama 1 tahun berikutnya. Tetapi tampaknya sampai saya selesai menunggu pemeriksaan berkas saya, eyel-eyelan tersebut masih berlangsung alot. Kasihan juga sih, bayangkan saja kita sudah berharap berlibur kesana, eh ditolak gara-gara peristiwa 1 dekade yang lalu, apalagi kalau misal terlanjur beli tiket, huh.


Leave a Reply

