End Year Trip to Sumenep : Kuliner


Jajanan di sepanjang jalan di Sumenep hampir sama seperti di Surabaya, yaitu bakso, pangsit, ayam goreng, es dan masakan padang. Jangan berharap ada foodcourt seperti di mall karena di sini memang tidak ada mall, hehe. Kalau ingin mencari makanan, tempat ramainya ada di alun-alun. Tetapi makanan di alun-alun tidak ada yang spesial, sama seperti di Surabaya. Beberapa kuliner jajanan dan makanan khas sumenep yang patut dicoba antara lain :

Kurkit

Kurkit ini adalah cemilan yang besarnya seukuran telunjuk tangan saya (tangan kurus), dan rasanya gurih. Jangan salah, kurkit ini bukan kroket, beda sekali. Kurkit hanyalah adonan yang diberi bumbu, tanpa isi, kemudian digoreng. Krukit ini dimakan dengan bumbu kacang kental yang mirip bumbu pecel. Tidak bisa sembarang membeli krukit di pinggir jalan karena ada yang rasanya berbeda dan tidak enak. Biasanya harganya sekitar Rp 500/biji (sudah termasuk bumbu kacangnya).

Kurkit enak
Kurkit enak

Apen

Dilihat dari nama dan bentuknya memang mirip apem tapi rasanya hambar, teksturnya sangat lembut dan warnanya putih sekali. Cara menikmatinya adalah dengan memberi saus gula jawa yang memang sudah 1 paket dengan apennya. Awalnya sih tidak seberapa enak, tapi kalau dimakan dengan saus yang banyak, enyak enyak enyak.

Apen Enak
Apen Enak

Tahu pentol

Ya tahu pentol ini memang tidak ada istimewanya kalau di Surabaya, tapi di Sumenep penjual tahu pentol yang rasanya enak bisa kaya melebihi karyawan swasta. Bagaimana tidak, tahu pentol sudah menjadi cemilan favorit melebihi kurkit dan pembelinya setiap hari antrinya membludak. Tahu pentolnya tidak istimewa, bentuknya segitiga kecil-kecil dan dimakan dengan saus tetapi tetap saja spesial karena rasanya sedikit berbeda juga dari yang biasa saya makan. Rasanya biasa tapi ngangeni.

Rengginang lorjuk dan kacang lorjuk

Pulau madura terkenal dengan lorjuknya. Kalau dicari padanan katanya, lorjuk adalah kerang bambu. Di Sumenep banyak juga diproduksi rengginang dan kacang lorjuk yang enak. Di rumah, 1 bungkus kacang lorjuk 250 gram bisa langsung habis beberapa jam setelah dibuka. Harga rengginang lorjuk ini bervariasi dari 12 ribu rupiah sampai 17 ribu rupiah per bungkus (lebih dari 500 gram) tergantung kualitasnya. Sedangkan harga kacang lorjuk sekitar 20 ribu rupiah untuk 250 gram.

Rengginang lorjuk dan kripik singkong
Rengginang lorjuk dan kripik singkong

Kaldu Krokot

Kaldu adalah makanan khas Madura yang mirip gule karena di sini kaldunya juga ditambahkan kacang hijau, mirip sekali dengan gule. Krokotnya maksudnya adalah sumsum atau tulang-tulang muda. Kaldu ini cocok dimakan pagi atau malam hari karena penyajiannya dimakan waktu hangat bersama dengan kurkit. Harganya sekitar 7 – 15 ribu.

Kaldu krokot
Kaldu krokot

Sayur lodeh labu

Kebiasaan orang Sumenep jika memasak sayur adalah sering ditambahkan labu. Sayurnya berbeda dengan di Surabaya tapi rasanya lumayan lah. Enak dimakan menggunakan lontong.

Soto Sumenep

Ketika memesan soto saya cukup penasaran apa saja yang dilakukan pejualnya kok lama sekali menyajikan sekedar hidangan Soto. Ternyata ibu penjual mengulek dulu bumbu kacang!   Hoooo that what makes her so long in serving the dish. Jadi sotonya berupa bumbu soto biasa diberi kecambah dan bihun, kemudian diatasnya diberi tambahan bumbu kacang mirip pecel, kemudian diberi daging babat (yang tentu saja tidak akan saya makan, anti jerohan).

Kelihatan aneh memang tapi suprisingly rasanya enaaaakkkkk. Saya suka sekali. Tampaknya saya ini memang pemakan segala karena dimanapun saya makan seringnya cocok dengan lidah saya.

Soto Sumenep
Soto Sumenep

Itulah beberapa makanan khas yang sempat saya cicipi selama di Sumenep. Sebenarnya berharap bisa membelikan makanan seperti di Surabaya untuk keponakan-keponakan saya tetapi disana tidak ada T.T. Malam terakhir kami makan ayam goreng Toby’s, satu-satunya yang mendekati KFC. Lain kali saya harus kesini lagi untuk mencicipi kuliner Sumenep yang lain dan membawa pulang rengginang dan kacang lorjuknya. Semoga saya segera punya mobil pribadi agar tidak perlu mengalami kaku sendi gara-gara naik travel, aamiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s