Cara Register Kindle


Setelah kindle akhirnya berada di tangan, tantangan selanjutnya adalah me-register ‘benda’ tersebut ke amazon. Dengan mendaftarkan kindle, kita bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan, misalnya cloud storage amazon, cloud storage music, buku-buku gratis, game gratis, dll.

Terus terang saya deg-deg-an juga ketika kindle tiba rumah, karena tidak yakin apakah 3G benar bisa dipakai di Indonesia, tanpa simcard (booo’!!!). Karena saya membeli kindle wifi + 3G, maka saya bisa mengakses di rumah tanpa wifi. Saya bisa mengaktifkan 3G dengan mengakses menu -> turn wireless on.  Koneksi 3G bisa digunakan untuk connect dengan cloud dan market amazon. Jika ada dalam range spot wifi, maka bisa mengakfitkan dari menu -> setting -> wireless, kemudian pilih nama wifi connection dan connect. Untuk wifi dengan tipe WPA2 dan enterprise di kantor saya ternyata tidak bisa connect (tidak support).

Satu masalah yang muncul ketika registrasi kindle adalah, amazon sama sekali tidak “welcome” dengan negara kita, Indonesia. Form awal register adalah info kartu kredit, kemudian form isian untuk residence atau dimana kita tinggal. Ketika saya mendaftarkan kindle dengan data account negara Indonesia, tidak ada sama sekali buku yang tersedia. Kemudian account saya ganti dengan alamat USA (seperti yang pernah disarankan di beberapa alamat web).  Alamat USA saya dapatkan di realusaaddress.com. kemudian alamat saya isi dengan alamat yang disediakan situs tersebut, tetapi informasi kartu kredit tetap saya isi info kartu kredit saya sendiri. Setelah pendaftaran kindle diterima, Voila!! langsung banyak sekali buku tersedia termasuk buku-buku gratis dan game-game gratis.

Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang setting kindle bisa mengunjungi amazon.com
Bagi yang akan membeli kindle, jangan ragu-ragu karena wifi dan 3G lancar digunakan di Indonesia. Saya sudah mencobanya J


2 thoughts on “Cara Register Kindle

  1. Hi, saya sudah baca artikel anda utk registrasi kindle dan saya sudah lakukan. Tapi ketika saya coba register dari kindle saya, selalu muncul : Your Kindle is unable to connect at this time. Please make sure you are within wireless range and try again…bla bla bla. Kenapa begitu ya ? Padahal jelas2 saya sudah connected dengan WIFI. Mohon sarannya, terimakasih.

    1. Mungkin koneksi wirelessnya memakai settingan tertentu atau memakai password. Sepertinya harus wireless yg free koneksi, artinya tidak pakai password dan security yg rumit.
      Walaupun saya pakai wireless on, seringnya saya pakai koneksi yg 3G.
      Mungkin bisa dicoba di wifi yang tanpa password atau kunjungi FAQ amazon.com untuk kindle.
      Semoga segera solve masalahnya🙂

Leave a Reply

