My Candle


Ternyata banyak yang tidak tahu apa itu kindle… They never heard it before. Padahal kindle amazon ini sudah lama diperkenalkan, dan saya sendiri sudah tahu sejak lama tapi tidak pernah tertarik untuk membeli. Hingga suatu saat tablet yang saya miliki terasa begitu membosankan karena ‘cuma’ bisa dipakai youtube-an, browsing, main game,dll, sedangkan untuk membaca buku kurang begitu nyaman. Layar tablet saya adalah seperti kebanyakan tablet dan smartphone lain (LCD). Saya tidak bisa berlama-lama membaca buku dengan tablet karena mata saya tidak kuat menatap cahaya dari layar (walaupun brightness sudah di minimize). Alhasil, aldiko hanya berisi kumpulan buku favorit saya tanpa sempat terbaca habis.

Akhirnya saya putuskan untuk mereview lagi apa yang saya butuhkan, apakah seperti tablet android dengan segala fiturnya + boros baterainya atau ereader yang asli. Pilihanpun jatuh pada ereader amazon (kindle), sehingga tablet saya jual untuk membeli ereader ini.

Setelah browsing kesana kemari, jadi bertambah bingung apakah mau membeli kindle atau merk yang lain. Di Indonesia pun jarang yang menjual ereader. Kalaupun ada yang jual, harganya jadi mahal sekali. Dan jenis tiap merk ereader-pun banyak macamnya. Berdasarkan info di internet, pilihan pun jatuh pada kindle touch wifi + 3G. Bagaimana cara membeli kindle bisa dibaca pengalaman saya di tulisan saya berikutnya.

Alasan saya membeli kindle touch wifi+3G adalah :

  1. Seperti ereader lainnya, kindle memiliki layar support e-ink yang jika dilihat seperti kertas buku yang asli. Bahkan di bawah cahaya matahari pun bisa membaca dengan tenang.
  2. Bisa lama membaca, karena layarnya tidak mengeluarkan cahaya seperti layar tablet atau smartphone.
  3. Saya tidak suka jika punya gadget diribeti keyboard yang bakalan jarang saya pakai (karena aktivitasnya akan lebih banyak membaca buku). Sehingga devicenya harus touch.
  4. Device harus memiliki akses lain selain wifi, agar bisa akses network ketika tidak di tempat yang ada wifi, ex : di rumah, di jalan.

Kindle yang saya beli kekurangannya adalah tidak bisa digunakan membaca ketika kondisi gelap (seperti halnya buku biasa), sehingga harus beli case+lampu. Jika kebutuhan yang utama adalah membaca di tempat yang tidak cukup penerangan, maka lebih baik membeli kindle paperwhite (dengan harga yang lebih mahal). Koneksi 3G kindle hanya bisa dipakai connect ke amazon market, share page ke facebook dan twitter. Koneksi 3G ini bisa attach ke semua network operator tanpa simcard dan free of charge. Koneksi wifi-nya bisa dipakai untuk akses ke semua alamat internet, mengakses cloud storage amazon, cloud storage music, dan tentu saja market amazon.

Setelah hampir 1 minggu saya menggunakan kindle, benar-benar worth to buy. Banyak aktivitas membaca saya lakukan dengan kindle, seperti membaca Al-Quran, membaca buku, dan (tentu saja) main games. Games di kindle begitu “gue banget”. Ketika membaca buku, jika kita tidak memahami arti sebuah kata, kata-kata dalam buku bisa disentuh agak lama kemudian akan muncul dictionary untuk menjabarkan arti kata tersebut. Selain itu bisa juga ditambahkan highlight (semacam memberi stabillo pada kata penting di buku), diberi bookmark dan notes.

Dictionary kindle
Dictionary kindle

Di amazon banyak juga buku dan game gratis yang bisa kita download. Jika buku yang kita inginkan tidak gratis, maka kita bisa melihat dulu apakah isinya bagus dengan cara klik link “try sample”. Sample buku akan dikirimkan ke kindle begitu kita klik link ini. Sample yang diberikan berupa bab-bab awal dari buku tersebut. Jika cocok, maka kita bisa memutuskan untuk membeli buku tersebut.

buy book
buy book

Ada lagi fasilitas dari amazon yang bisa kita dapatkan dengan menjadi anggota amazon prime. Dengan menjadi anggota prime, kita bisa meminjam sebuah buku berbayar secara gratis dan tanpa deadline pengembalian. Sayangnya untuk menjadi anggota prime ada biaya keanggotaannya, tetapi kita bisa trial selama 30 hari.

Semua fasilitas tersebut bisa kita manfaatkan dengan meregister terlebih dahulu kindle kita ke amazon. Bagaimana cara register kindle bagi kita yang berada di Indonesia, saya jelaskan pada tulisan saya selanjutnya. Semua referensi tulisan saya tentang kindle ini saya dapatkan juga dari petunjuk orang-orang yang ada internet, hanya saja saya sudah berhasil mempraktekkannya sendiri sehingga kevalidannya sudah terbukti.  Saat ini kindle saya yang bernama candle (kepanjangan dari cat’s kindle) sudah saya bawa kemanapun saya pergi. Di setiap ada waktu luang, saya manfaatkan dengan baca buku atau bermain game kindle yang menantang (otak).

—-

Turut prihatin atas semua yang terjadi di dunia ini, termasuk peristiwa penembakan murid di conecticut — efek mengikuti video anonymous hacker.

Sebuah opini mengatakan tentang anonymous : jika mereka benar adanya (melawan pemerintahan dan bad guys), mereka seharusnya sudah mati seperti michael jackson dan JF Kennedy. Hmmm wallahua’lam.


Leave a Reply

