Keputusan Final Tes BI


Setelah 7 bulan mengikuti serangkaian tes bank indonesia, akhirnya saat yang dinanti telah datang, yaitu pengumuman hasil akhir tes. Memang telat sekali untuk posting hasilnya disini, tapi lumayanlah buat isi blog, hehehe.

Hasil akhirnya memang sedikit mengecewakan tapi sekaligus merupakan jawaban dari Tuhan. Sejak awal saya berpikir bahwa jika Allah menghendaki saya keluar dari kerjaan yang sekarang, maka pastinya saya diterima jadi karyawan tetap di BI. Dan hasilnya sebaliknya, ternyata saya tidak diterima jadi karyawan tetap di BI. Artinya, jadi karyawan seperti saat ini masih lebih baik daripada bekerja di BI.

Walaupun tidak diterima jadi karyawan tetap, beberapa minggu setelah pengumuman, saya mendapat email pemberitahuan bahwa saya diterima jadi pegawai PKWT BI setingkat asmen (asisten manajer). Apa itu PKWT? Menurut informasi yang saya dapatkan artinya Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (pegawai kontrak langsung dibawah naungan BI, bukan perusahaan outsource atau alih daya). Kalau membaca kaskus dari postingan teman-teman mantan teman seperjuangan sih mirip karyawan tetap jika dilihat dari berapa kali menerima gaji.

Sempat tergiur juga dengan tawaran ini karena selama 5 tahun bekerja, mendekati jadi asisten manajer pun tidak. Jika saya di BI, walaupun kontrak, minimal gajinya tidak akan memulai lagi dari bawah. Rumor yang berkembang adalah karyawan PKWT ini nantinya berkesempatan dipertimbangkan jadi pegawai OJK. Tapi entah kapan OJK ini akan mendapat SK lembaganya. Berapa tahun lagi ? Only God knows.

Walau saya tidak datang pada hari pemanggilan sebagai karyawan PKWT, esok harinya saya masih ditelepon dan ditanyai apakah saya bersedia jadi karyawan PKWT. Sayangnya, saya masih butuh kejelasan dan kepastian status. Bagi saya, jadi karyawan tetap di perusahaan tempat saya bekerja sekarang ini masih lebih baik daripada jadi karyawan kontrak dengan fasilitas yang terbatas, apalagi di Jakarta lokasinya. Hidup di surabaya dan setiap hari bertemu orang tua dan saudara, adalah nikmat yang tak terkira. Bagi saya, hasil tes BI ini adalah antiklimaks yang membahagiakan.

Selamat buat teman-teman seperjuangan yang sekarang ini sudah menjalani pendidikan di BI. Dan bagi yang tidak lolos, there are still so many chances out there. Try again, and never stop believing.


2 thoughts on “Keputusan Final Tes BI

  1. saya juga lagi dilema nih mb, dapet panggilan PKWT tapi di jakarta, entah mau diambil atau tidak karena saya kurang pede untuk tes2 seperti ini.

    1. Saran saya sebelum diputuskan diambil atau tidak, mending didatangi dulu sesuai waktu panggilan agar tahu hak dan kewajiban serta hal-hal apa saja yang akan didapatkan. Semoga menemukan hasil terbaik🙂

Leave a Reply

