Tes Ting Tahap 5


Alhamdulillah tes ting tahap 5 telah terlewati. Dari 150 an peserta, hanya 70 orang yang mengikuti tes tahap 5 kali ini. Tes tahap 5 adalah tes psikiatri. Kalau melihat dari pertanyaan-pertanyaannya, akan bisa diketahui apakah seseorang itu menderita kelainan mental atau tidak. Tapi bisa jadi juga tidak ada kelainan mental tapi kepribadiannya kurang cukup baik untuk dapat lolos tes. Hmm… Penasaran juga jadinya, kalau tidak lolos berarti pernyataan bahwa saya ini orang aneh valid-lah sudah, xixixi. Sebenarnya tes ini perlu juga lho bagi orang yang akan menikah, biar tahu calonnya normal secara kejiwaan atau tidak, hehehe.

Tes psikiatri kali ini diadakan di kantor Bank Indonesia di Jl. Pahlawan Surabaya (sebelah tugu pahlawan pas). Dan sempat panik sewaktu mencari pintu masuknya, karena agak tertutup dengan para pedagang yang buka lapak di sekitar sana (maklum ada pasar pagi setiap hari minggu disini). For your information, pintu masuk kantor Bank Indonesia adalah di seberang gedung Pelni. Jadi ketika sudah di depan pelni, jeli-lah mengamati biar tidak terlewat, sebab ada teman yang sampai memutar 2x untuk mencari pintu masuk ini.

Back to the tes…. Soal tes terdiri dari 567 soal dan dikerjakan maksimal selama 2 jam. Rata-rata peserta mengerjakannya dalam waktu 1 jam, termasuk saya. Intinya jadilah diri sendiri dalam menjawab karena pertanyaan akan berulang dan pasti akan ketahuan diri kita yang asli. Dan pesan pengawas adalah jangan malu untuk menjawab jika memang itulah adanya diri kita. Misalnya (maaf) jika Anda suka seks, maka jawablah suka (karena pengawasnya bapak-bapak, dan beliau bilang ya laki-laki pasti suka, hohoho). Kemudian jika suka bunga, walaupun laki-laki, jangan malu untuk menjawab bahwa menyukai bunga.

Jika lolos tes ini, akan lanjut ke tes kesehatan. Tips dari bapak pengawas, mulai saat ini harus rajin berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan yang sehat untuk menghadapi tes kesehatan (tentu saja jika lolos tes psikiatri). Kalaupun tidak lolos tes psikiatri, efeknya bagus juga untuk kesehatan kita sendiri tho…

Well, sekian dulu sharing tes psikiatri PPCM Bank Indonesia kali ini. Sampai bertemu di note ‘tes ting tahap 6’ berikutnya (jika saya lolos tes psikiatri, hehehe).


2 thoughts on “Tes Ting Tahap 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s