Tes Ting Tahap 3


Alhamdulillahirabbil’alamin… Selesai juga tes tahap 3 kali ini, setelah berhari-hari kepikiran. Masalahnya ketika baca informasi bahwa tesnya diskusi kelompok, langsung terbayang debat antar anggota kelompok. Kalau jaman SMU sampai mahasiswa mungkin masih oke aja kalau diajak debat, tapi sekarang sudah males. Selain itu ada juga sesi wawancara dengan tim seleksi, jadi menambah pikiran…. Pikiran yang tidak perluđŸ˜€. Saya sih lebih baik disuruh nulis ribuan kata daripada harus ngomong.

Seperti biasa, kali ini akan saya ceritakan bagaimana jalannya tes bank indonesia tahap 3. Tes saya dijadwalkan pukul 13.00 di hotel oval Surabaya ruang Phoenix lantai 1. Pada tes kali ini ada pemeriksaan dokumen asli berupa ijazah dan transkip nilai, serta dokumen-dokumen penunjang jika ada. Setelah itu tes diskusi kelompok, kemudian dilanjutkan wawancara.

Penasaran sekali dengan yang namanya tes diskusi kelompok, karena belum pernah tes kerja dengan jenis diskusi kelompok. Berdasarkan searching-searching internet, diskusi kelompok ini disebut juga dengan FGD (Focus Discussion Group). Ternyata jenis pengaturan diskusinya bermacam-macam kalau berdasarkan sumber di internet. Akhirnya tahu juga bagaimana diskusi kelompok yang dimaksud oleh tim seleksi. Diskusi kelompoknya dibuat per kelompok terdiri dari 5 orang dengan 1 orang pendamping dari panitia. Masing-masing peserta diberikan 1 lembar kertas yang berisi arahan mengenai hal yang harus dipecahkan (sepertinya permasalahan 3 kelompok lain yang seruangan dengan saya sama semua… Teman saya ada yang nguping, xixixi). Tiap orang menulis terlebih dahulu ide masing-masing pada kertas yang diberikan kemudian berlanjut dengan mendiskusikannya. Kelompok tersebut mendiskusikan untuk merumuskan bersama jawaban atas permasalahan yang diberikan. Kemudian hasilnya dikumpulkan. That’s it. Diskusi kelompok selesai.

Diskusi kelompok saya menyenangkan, serius tapi santai. Bagaimana tidak, kami berlima tipe orang yang mirip, ternyata. Selain itu, sebelum tes dimulai, kami sudah berkenalan dan bercakap-cakap cukup lama sehingga sudah ada chemistry sebelumnya (ceileh chemistry :p ).

Setelah diskusi kelompok berakhir, kami menunggu giliran untuk dipanggil wawancara satu per satu dengan pewawancara adalah pengawas diskusi kelompok tadi. Satu orang sesinya kurang lebih 30-45 menit. Setelah wawancara, bisa mengambil kembali berkas yang diawal diberikan ke panitia untuk diperiksa. Dan pulang….

Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan, malah menurut saya jadinya terlalu santai. Saya doakan semoga semua diberi hasil terbaik, buat christin, citra, ria dan aris… aamiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s