Tes Ting Tahap 2


Tes ting tahap 2 telah dilalui, Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin. Gara-gara nggak pede jadinya belajar TOEFL deh, padahal tesnya bukan TEOFL.. Hahaha ya sudah. Suasana tadi mengingatkan saya waktu tes di perusahaan tempat saya bekerja sekarang, 5 tahun yang lalu. Tadi ada bapak-bapak perwakilan bank indonesia Jakarta, khusus datang ke Surabaya dan memberikan sedikit kata pengantar. Berkali-kali ucapan selamat diberikan kepada kami para peserta yang lolos ke tahap kedua (detail cerita yang sebenarnya nggak seberapa penting sih :p ).

Oke kita bahas tes tahap 2 bank indonesia kali ini. Tes tahap 2 yang saya bahas ini di Surabaya, tesnya dibuat 2 hari dan 2 shift, yaitu hari sabtu dan minggu, shift pagi dan siang. Saya sendiri kebagian tes hari sabtu shift 1 (pagi) karena nama saya termasuk abjad C (no urut tes berdasarkan abjad). Jumlah peserta total di ruangan saya 264 orang yang hadir dari 275 orang yang diundang. Mungkin yang nggak hadir bisa jadi kena macet, ketinggalan angkot, ban kendaraannya bocor, kena diare atau memang nggak selera masuk sini, whatever lah. Dari 26.000 orang kontestan tahap 1 (halah kaya’ pemilihan miss, miss=salah?), 7.940 orang yang lolos ke tahap 2. Di Surabaya sendiri dari 2.400 orang, yang lolos ke tahap 2 sekitar 800-an orang. Berarti kira-kira difilter 1/3 nya ya.

Tes tahap 2 ini terdiri dari 2 tipe yaitu tes bahasa inggris pendahuluan dan tes psikologis/psikotes. Tes bahasa inggris pendahuluan mirip sekali dengan tipe soal UMPTN/SPMB/SNMPTN (bagi yang pernah mengalami mungkin masih ingat). Bobot soalnya setara dengan pelajaran anak SMA, peace of cake. Tes ini terdiri dari 100 soal sederhana dengan waktu 30 menit. Tapi percayalah, Anda pasti bisa menyelesaikannya dalam waktu 15-20 menit.

Tes tipe kedua adalah psikologi. Tes ini terdiri dari 4 babak yang melelahkan dan aneh (semacam pertandingan lari ato tinju gitu,…hosh hosh…capeeek). Babak pertama terdiri dari 225 pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban, dipilih mana yang paling mendekati diri kita. Sebaiknya dijawab dengan konsisten. Masalahnya, terkadang di suatu waktu kita bisa lebih mendekati jawaban A dan di waktu yang lain bisa lebih mendekati jawaban B. Akhirnya, hanya sedikit dari jawaban saya yang konsisten. Perbedaan psikotes ini dengan yang sudah pernah saya ikuti adalah di tes ini sering sekali disinggung kata ‘sex’…. Hmmm I wonder why…
Babak kedua adalah menulis tentang diri kita dan harapan-harapan kita… hedeh jadi semacam curcol gemana gethooo.
Babak ketiga adalah menggambar. Jadi beruntunglah bagi Anda yang bisa menggambar, tapi sebenarnya yang dilihat bukan pada bagus tidaknya gambar, tapi dari sisi filosofisnya, garis yang dibuat, dsb. Pada tes gambar ini diberikan 4 kertas, 3 kertasnya untuk menggambar dan 1 kertas untuk bercerita (owh this is a torture T.T).
Babak keempat (dan terakhir) adalah (sekali lagi) menentukan/menilai diri sendiri dari sebuah pernyataan apakah pernyataan tersebut sesuai dengan diri kita, dengan 5 skala. Soal ada 120 dan diberi waktu 10 menit.

Akhirnya pas ketika adzan dhuhur berkumandang, sekitar 12.45 (waktu jam tangan saya), tes diakhiri. Dan good newsnya, tes tahap 3 adalah TOEFL dan wawancara psikologi, dan tes tahap 4 merupakan tes diskusi kelompok… What??? No good news actually T.T

Sebenarnya di akhir tes psikologi babak ke 3, semua peserta mengira bahwa sudah berakhir….eee…. Ternyata belum. Masalahnya saya sudah kebelet pipis sekali. Memang ini tes untuk institusi yang tidak main-main tapi apakah tesnya harus banyak? Banyak tidak sama dengan efektif saya rasa.

Well, ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. Kita tunggu saja hasilnya hari Rabu tanggal 7 Maret 2012. See u on tes tahap 3 (hahaha pede amat bakal lolos). Aamiin aja deh, kalau rezeki nggak akan tertukar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s