Kota Wisata Batu, Go Home


Alun-alun kota Batu
Alun-alun kota Batu

Setelah dari obyek wisata di daerah jatim park, untuk kembali ke songgoriti bisa ditempuh dengan ojek ke alun-alun. Biaya ojek dari jatim park 1 ke alun-alun normalnya Rp 5000. Tetapi jika Anda mau memberi lebih, it’s oke. Kemudian dari alun-alun, Anda bisa naik angkot hijau kembali ke songgoriti. Eee tapi sebelum kembali ke songgoriti, ada baiknya Anda mencoba roda berputar (semacam bianglala di dufan). Biaya untuk naik cuma Rp 3.000 untuk 1x putaran. Dari titik tertinggi, Anda bisa melihat kota dari atas, pemandangannya bagus sekali, seakan-akan sejajar dengan gunung disekitar.

Oke, back to Songgoriti. Di daerah songgoriti ada beberapa penjual makanan yang melayani pesanan antar 24 jam. Jadi walaupun cuaca hujan, atau Anda malas keluar, layanan antar ini bisa dimanfaatkan. Harganya saya nilai cukup murah dibanding Surabaya, nasi tempe penyet bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 4.000, nasi Goreng Rp. 6000, tetapi ada beberapa yang harganya lebih mahal. Cara pemesanannya adalah Anda tinggal menghubungi nomor telepon yang tertera pada daftar menu makanan tiap-tiap warung yang ditaruh di kamar Anda. Di daerah Songgoriti ini, biasanya setiap penginapan villa akan mendapatkan brosur dari warung-warung sekitar. Dan setiap kamar akan mendapatkan nomor unik dari setiap warung. Sehingga ketika kita memesan makanan tinggal menyebutkan nomor kamar sesuai yang ada dalam brosur/daftar menu, dan tunggu 15-20 menit, makanan akan diantar sampai di depan kamar Anda. Tentu saja Anda lebih baik member  tip kepada para pengantar makanan ini.

Perjalanan pulang ke Surabaya mudah. Anda bisa naik angkot hijau ke terminal Batu. Dari sana, Anda bisa mencari taxi untuk kembali ke Malang. Kemudian di Malang, ke terminal Arjosari dan kembali ke Surabaya atau ke kota lain tujuan Anda.

Kebetulan, tante teman saya sedang berada di Batu dan kami bisa menumpang untuk kembali ke Surabaya. Sayangnya mereka masih akan meneruskan perjalanan ke taman safari, sehingga saya memutuskan pulang sendiri dari terminal Arjosari. Pemberhentian terakhir adalah di terminal bungurasih. Kemudian saya meneruskan perjalanan pulang naik bus F (jurusan kupang, stasiun pasar turi, perak, JMP) dengan diiringi suara pengamen yang merdu di sepanjang perjalanan.  Alhamdulillah tiba di rumah dengan selamat.

Berakhirlah perjalanan saya kali ini dengan meninggalkan sejumlah pengalaman baru dan tentu saja kaki bengkak, hehehe.

Kejadian yang selalu berulang dari setiap perjalanan adalah, meskipun ada peta tetapi saya sering tersesat karena kurangnya kemampuan dalam membacanya. Walau begitu, pada akhirnya saya akan sampai ke tempat tujuan dengan dibantu bertanya kepada orang-orang sekitar. Hikmah yang saya dapat adalah kita akan sampai ke tujuan yang kita harapkan selama kita tetap berusaha menujunya, walaupun awalnya tersesat dan mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dari orang lain. Hanya satu keyakinan yang dimiliki bahwa kita akan sampai.


6 thoughts on “Kota Wisata Batu, Go Home

  1. Biar ga tersesat lain petanya di up grade yang versi digital alias GPS.
    Lagian kalau bawa peta yang analog ntar jadinya kayak Dora the explorer……….kepada siapa kita bertanya ? peta !

    1. Hahaha emang selama ini rasanya jadi Dora soalnya selalu bawa peta. Klo GPS di hape dah ada tp pake koneksi data (internet) pdhl di gunung susah koneksi datanya *salah sendiri gak punya GPS beneran, hahaha

  2. thx ya info2nya sangat membantu coz ntar awal sept aq ama temen juga mau ke batu buat refreshing. iya lbh enak pake digital, aq sih make ndrive

    1. Sama2 smoga sukses journey-nya. Masalahnya klo pke peta digital, boros baterai, itu salah 1 alasannya pke yg manual, ★҉Ȟȇ≅Ȟȇ≅Ȟȇ ☺☼ saling melengkapi

  3. jadi pengen ke batu nih ..
    btw kok lucu yah
    malang = unlucky, tapi kotanya bagus n sejuk
    batu= stone, tapi penuh apel dan hijau heheh

    1. Coba aja ke batu, pasti seneng. Dinginnya mirip bandung, tp situasinya lebih ndeso🙂. Asik lagi klo nginepnya di vila diatas bukit deket perkebunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s