Kota Wisata Batu, Depature & Arrival


Ke kebun teh ? Itu biasa. Ke jatim park ? Itu biasa. Ke club bunga ? Itu juga biasa saja. Semuanya biasa saja kalau dilalui dengan mudah. Selama ini seringnya berwisata ke Malang dengan dimanjakan fasilitas dari kantor. Jadi, belum pernah tahu bagaimana trip ke tempat wisata Malang dengan usaha sendiri (tentunya). Trip yang dilakukan sendiri inilah yang selalu luar biasa, entah kemana dan bagaimanapun itu.

 

Batu, kota wisata yang agak tidak ramah dengan wisatawan low budget, saya rasa. Sebenarnya saya sudah diwanti-wanti oleh seorang teman bahwa lebih baik membawa kendaraan pribadi ketika ke batu, karena disini tidak ada angkutan umum ke tempat-tempat wisatanya. Tapi yang namanya catur (tentu saja dengan teman sesama bonek), belum percaya kalau belum membuktikan. Dan inilah perjalanan bonek ke kota batu, tepatnya ke songgoriti.

 

Departure…

Dari terminal bungurasih, kita bisa naik bus patas jurusan Malang. Biaya busnya Rp 15.000. Kemudian turun di terminal Arjosari Malang. Dari terminal, ada 2 alternatif untuk pergi ke kota Batu, yaitu :

1) Naik angkot AG (berwarna biru) dan turun di dekat kantor indosat. Kemudian naik taxi saja langsung ke alamat tujuan di batu. Biaya angkot Rp. 2000 untuk jarak pendek, Rp. 2500 untuk jarak jauh.

2) Naik taxi. Eiiits jangan salah, disini orang-orang juga menyebut minicap sebagai taxi. Terserah Anda apakah akan naik minicap ini atau mencari taxi sungguhan yang berargo. Biaya naik minicap seharusnya hanya berkisar 40-50 ribu, tapi bisa lebih, tergantung dari kepiawaian Anda menawar. Driver taxi ini juga bisa mencarikan kita penginapan villa di tempat tujuan, tentunya dengan biaya tambahan, sekitar 20-30 ribu.

 

Penginapan…

Jika ingin mendapatkan penginapan yang sangat strategis dan murah, lebih baik Anda booking dulu jauh-jauh hari. Tetapi walaupun Go Show saat weekend, saya bisa juga mendapatkan penginapan villa yang lumayan murah dengan jarak yang dekat dari tujuan wisata. Penginapan yang dinamakan villa ini adalah rumah penduduk yang disekat-sekat menjadi beberapa kamar (seperti kamar hotel). Tetapi ada juga yang memang asli villa (rumah khusus untuk liburan yang disewakan).

view di seberang villa
view di seberang villa

Saat weekend, penginapan villa daerah songgoriti sekitar 150 ribu. Sedangkan H-1 hari libur nasional naik 50 ribu menjadi 200 ribu. Untuk hari kerja biasa ( weekday ), kita seharusnya bisa mendapatkan 100 ribu saja.

Untuk penginapan 150 ribu, kami mendapatkan kamar yang bersih berukuran 3×7 m, dibagi menjadi ruang depan, kamar mandi dan pantry. Isi kamar depan antara lain bed king size + selimut, televisi 20 inch + beberapa vcd lagu, meja dan kursi. Isi perlengkapan untuk kamar mandi : 1 handuk dan 1 sabun. Isi perlengkapan pantry : ketel, piring, gelas, sendok, garpu, teh celup, kopi dan gula. Boleh juga jika ingin meminjam ember kecil ke ibu villa😀 . Penginapan yang kami dapatkan berada di jalan rambutan, dan berjarak sekitar 500m saja ke pasar wisata dan pemandian tirta nirwana. Dengan gambaran diatas, Anda bisa mengira-ira akan mendapatkan apa saja jika membayar lebih dari itu.

Oya, jika saat-saat peaknya iklim sedang sangat dingin seperti bulan ini, jangan lupa membawa baju tebal sekali, kaos kaki, dan minyak kayu putih🙂

(end of part 1)


2 thoughts on “Kota Wisata Batu, Depature & Arrival

    1. Villanya di daerah sekitar pemandian tirta nirwana. Dari objek wisata tirta nirwana, terus saja beberapa ratus meter ke arah perkampungan penduduk. Ada beberapa nama jalan dengan nama buah. Tinggal ditanyakan ke penduduk setempat apa ada yg available, krn villanya nggak ada namanya, hanya rumah-rumah yg dijadikan kamar gitu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s