Trainingku di vendor


Training… Training disusun sedemikian rupa dengan urutan ilmu tertentu. Begitupun dengan paket training. Paket training sebenarnya juga memiliki urutan-urutan, hanya saja jarang diperhatikan sehingga seringkali orang-orang langsung mengikuti training tertentu padahal seharusnya mereka mengikuti training yang lain terlebih dahulu.

Peserta training… Ada region yang memanfaatkan training sebagai sarana refreshing bagi staff disana. Maklum, ada region yang letaknya jauh dari HQ dan banyak staffnya yang berlokasi kerja di remote area. Contohnya teman saya training kali ini yang inisialnya “i”.

Trainer… Trainer di vendor ini selalu berbeda dengan staff mereka yang melakukan implementasi, baik trainer lokal maupun dari luar negeri. Trainer hanyalah staff yang memberi training kepada para customer, bukan impelementator. Kenyataannya, mereka jelas kalah pengalaman dengan peserta training. Kelebihannya adalah mereka lebih dulu menerima training document dan memang digaji untuk mempelajari training document tersebut kemudian mengajarkannya. Parahnya, training document ini dibuat oleh subcon mereka. Sehingga sering kali terjadi adalah trainer sering kewalahan dengan pertanyaan-pertanyaan peserta yang semuanya adalah praktisi.
Tentu saja akan lebih enak menerima penjelasan dari orang-orang yang setiap hari mengerjakan hal-hal yang dibahas dalam training. Hanya saja sayangnya orang-orang teknik banyak yang tidak capable dalam menyampaikan ilmunya dalam forum training. Yang paling seru adalah jika trainernya adalah mantan implementator. Jelas, mereka sudah mengenal karakter perangkat.
Jadi, bagi trainer yang belum menjadi implementator, seharusnya banyak ‘gaul’ dengan para network implementator (kalo sempat).

Teman-teman sesama peserta training… Salah satu hal yang mempengaruhi bersemangat atau tidaknya training. Definisi menyenangkan tentu berbeda menurut tiap-tiap orang. Entah itu temen-teman yang banyak pengalaman, pintar atau lucu (atau cakep, dll dll).

Fasilitas … Fasilitas ini menyangkut document training, pc, koneksi internet atau testbed, toilet, musholla, snack, makan, penginapan, akomodasi, dll. Fasilitas yang lengkap dan membuat peserta nyaman akan mendukung keberhasilan training.

Dari tahun ke tahun kondisi/situasi training di vendor ini tidak ada improvement. Statis saja, mulai dari fasilitas, trainer,dll kecuali training document yang bentuknya sudah compact seukuran dengan kertas A5 dan dibuat menjadi beberapa buku, ditambah lagi disertakan CD pdf document training. Overall, saya paling suka snacknya😀 . Semoga apa yang sudah didapat disini tidak menguap begitu saja ketika mengudara kembali ke rumah, hehehe.
Happy training, semangat bagi yang masih tersisa 1 hari lagi. Kalau saya sih, sudah mau pulang🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s