Sahabat, genggam tanganku


Tunjukkan pada dunia, arti sahabat.

Anda pasti punya sahabat kan? Siapapun Anda, pasti memiliki sahabat, entah itu dari teman sekolah, teman sepermainan, kakak, adik, atau mungkin orang tua sendiri. Sahabat bisa juga bukan manusia, contohnya Mr. Bean yang bersahabat dengan bonekanya, dan ibu kosnya yang bersahabat juga dengan kucing peliharaannya, hehehe.

Ketika saya butuh sesuatu dan tidak mungkin untuk membicarakan dengan keluarga, maka tempat persinggahan adalah kepada sahabat. Sering kali sahabat sudah kita anggap seperti saudara sendiri. Arti sahabat, bagi saya adalah seperti saudara kandung. Ada seorang sahabat saya yang begitu quick respon ketika saya butuh sesuatu. Waktu itu memang saya sedang butuh pinjaman uang dan bingung mau pinjam siapa, terpaksa akhirnya saya tulis di status facebook. Untungnya sahabat saya membaca status facebook saya dan segera menelepon saya untuk menanyakan saya butuh bantuan berapa. Dan ketika saya telat membayar, maka dia akan mengatakan, “sudahlah gak apa-apa, sama saudara sendiri”. Subhanallah, baik memang sahabat saya yang satu ini.
Ada lagi ketika kita sedang sumpek dan bingung hendak mengadu pada siapa selain Tuhan, maka jawabannya pasti adalah sahabat. Karena itu saya selalu menganggap punya sahabat baik itu salah satu rezeki yang diberi Allah SWT. Susah mencari sahabat baik, karena tidak sedikit orang yang memiliki sahabat yang malah menjerumuskan ke jurang kehancuran (naudzubillah). Tapi kalau ceritanya datang ke sahabat hanya ketika sumpek, kasihan si sahabat kita jadinya…jadi seperti ‘tempat sampah’ dongšŸ˜¦
No no, sebuah hubungan itu tidak akan pernah berjalan baik jika hanya searah. Saling timbal balik, tidak hanya susah tapi juga ketika senang pasti akan terpikir juga untuk menyenangkan sahabat kita. Itu sudah otomatis. (Buat adikku yg ganteng, sebenarnya aku nggak lupa sama kamu kalau lagi jalan-jalan, tapi aku bingung mau beliin apa, hehehe alasan).

Contoh sahabat yang luar biasa adalah seperti para sahabat Rasulullah SAW yang sampai rela mengumpankan dirinya (berpura-pura tidur di tempat tidur Rasul) ketika Rasul berhijrah. Belum lagi pengorbanan mereka satu sama lain. Teringat peristiwa setelah hijrah, yaitu kaum Muhajirin yang dipersaudarakan dengan kaum Anshar. Dimana kaum Anshar rela berbagi semua yang dimiliki dengan kaum Muhajirin, hingga rela menawarkan istrinya untuk dinikahi saudaranya. Luar biasa!
Dan peristiwa hijrah sendiri adalah momen penting kejayaan islam di muka bumi.

Kau teman sehati, kita teman sejati.
Mau cari kuliner, dengan sahabat. Mau curhat apapun juga bisa dengan sahabat. Bahkan melakukan hal-hal aneh seperti nongkrong semalaman di taman kota, atau makan mie yang rasanya aneh atau bentuk saosnya seperti ingus. Maklum, sedang kangen melakukan hal-hal aneh seperti sebelum para sahabat saya ini super sibuk seperti sekarang.
Sahabat biasanya sehati, contohnya saya dan seorang sahabat saya menyukai makanan yang sama dengan alasan yang sama. Ketika lama tidak bertemu atau bertukar kabar, biasanya feelingnya sama untuk saling bertanya kabar.
Tapi saya belum mengerti yang seperti apa definisi sahabat sejati. Menurut lagu bang opick, “teman sejati hanyalah amal”. Yap, hanya amal yang akan menemani kita hingga kehidupan akhirat yang kekal. Sedangkan kita dan sahabat bisa jadi akan berpisah di akhirat. Manusia akan sibuk dengan dirinya sendiri di kehidupan setelah kematian menjelang, kecuali mereka yang ahli surga. Dan siapakah yang bisa membawa kita surga? Hanya amal!

Definisi sahabat sejati di dunia bisa kita definisikan sesuka kita. Yang pasti saya sepakat bahwa definisi sahabat sejati adalah yang selalu menemani saya dunia dan akhirat. Saya bahagia di dunia karena amal. Saya bahagia di akhirat juga karena amal. Tapi saya juga butuh sahabat selain amal, yaitu sahabat yang selalu menggenggam tangan saya ketika lemah.

(Amal –> bukan pak amal, hehe)

Posted from Bebe Caca
powered by sinyal kuat Indosat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s