Man Vs Wild – Islandia


Sudah agak lama acara ini ada di National Geographic Channel, tapi pas baru tadi malam saya berkesempatan melihat acara ini. Kebetulan sedang di hotel, tidak ada yang bisa dilakukan selain menonton televisi di kamar. Setelah sore hari sedikit berjalan-jalan, saatnya istirahat dan makan malam di kamar hotel. Dan memang, channel favorit saya adalah National Geographic dan Nat Geo Adventure.

Setelah ganti-ganti channel beberapa kali, yang muncul di layar televisi adalah seorang pria sedang dalam mobil off road. Mobil off road tersebut bisa dipakai di setiap medan, baik panas atau bersalju, berlumpur atau berpasir, intinya tangguh di setiap medan. Setelah memberi kata-kata pengantar, tiba-tiba dengan gaya khasnya,host acara ini keluar mobil dan berdiri diluar pintu mobil (seperti kernet), berancang-ancang hendak turun dari mobil tanpa mobil tersebut menghentikan lajunya. Bruk…glundung glundung…, pria itu berguling diatas putihnya salju sambil membawa tas ransel kecil dan tali untuk mendaki gunung. Perjalanan dia kali ini adalah ke islandia, pulau es dan api. Kenapa dinamakan demikian ? karena di pulau ini terdapat gunung berapi aktif yang bisa meletus kapan saja, sekaligus berdekatan dengan dataran es. Selain itu terdapat danau penuh tertutup lapisan es, sekaligus sumber-sumber air panas alami. Luar biasa!!

Misinya kali  ini adalah mencari pantai. Dari puncak gunung es, angin dingin terus menyerang dari satu arah. Secara logika, angin berhembus arahnya dari pantai. Aturannya untuk mencapai titik aman, dia (Bear Grylls) harus mencapai pantai. Karena daerah di islandia begitu luar biasa tidak bersahabat dengan manusia. Perjalanan mencapai pantai ternyata memerlukan waktu 2 hari.

Pelajaran yang saya dapat dari Bear Grylls sangat banyak. Salah satu yang paling melekat dari sekian banyak tips yang dia berikan adalah “jangan sampai alam mempermainkan Anda. Anda harus fokus, jika pikiran Anda terganggu dengan pikiran-pikiran lain besar kemungkinan Anda tidak akan selamat menghadapi alam”. Memang kalau dilihat kondisi islandia di bagian yang tidak dihuni manusia tersebut, kondisinya sangat luar biasa ekstrem. Bear juga berkata lagi bahwa dalam keadaan apapun usahakan kepala tetap tenang untuk berpikir, dan sekali Anda sudah memutuskan arah tujuan jangan sekalipun ragu dengan keputusan itu. Stay positif dan semangat untuk sampai ke tujuan. Dia juga berpesan bahwa manfaatkan kepintaran Anda untuk menggunakan semua yang telah diberikan alam. Bahkan Bear sampai terpikir membuat cekungan di sungai yang dilalui arus panas dan dingin, menjadi sebuah bak mandi alami yang berair hangat dan cocok untuk mandi. Dia juga memanfaatkan akar-akar rumput untuk diselipkan dibalik jaketnya untuk membantu menghangatkan badannya. Benar-benar penjelajah sejati. Dia bisa membuat api dari percikan pisau dan kulit pohon birch atau benda yang sedikit dibakar (sekam). Tapi tampaknya baru kali itu dia memakan cacing tanah, karena dia berkomentar bahwa rasanya tidak enak kecuali proteinnya tinggi.

Fokus dan fokus yang selalu dipesankan oleh Bear. Sering juga dia mengingatkan kameraman untuk selalu berada dekat dengannya ketika berkali-kali melewati medan berbahaya. And voila, akhirnya mereka sukses sampai di pantai. Di pantai, mereka menemukan bangkai ikan paus yang sayangnya tidak bisa dijadikan makanan. Tetapi untungnya menemukan bangkai pesawat untuk berteduh. Disana, Bear segera menyalakan api dan mengeringkan badannya. Ketika malam tiba, syukurlah terlihat lampu mercusuar, artinya disitu ada kehidupan manusia. Dan seiring dengan tercapainya misi, berakhir pula edisi “Man Vs Wild” minggu ini. And I really expect to watch the episode next week, monday at 9 PM  ^_^.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s