Indonesia’s independence Day


Sekarang tanggal berapa?
Yap, sekarang 17 Agustus 2011 yang bertepatan dengan 17 Ramadhan 1433 H, istimewa+h. Situasi yang hampir sama dengan 66 tahun yang lalu ketika proklamasi dikumandangkan. Hanya saja bedanya, hari ini bukan hari jumat. Menurut sejarah, proklamasi bertepatan dengan hari jumat 9 Ramadhan 1364 H pukul 10.00 WIB. Kalau saya hidup pada jaman itu, mungkin saya tidak akan bisa menyaksikan salah satu moment paling penting dalam sejarah Indonesia karena pagi ini saya bangunnya pukul 10 lebih. Jarang-jarang lho bisa tidur dengan puas, hehehe (alasan sebenarnya karena terserang virus flu dan batuk, semoga dosa virus-virus ini diampuni Allah SWT).

Keren juga ya para pahlawan kita. Dalam kondisi berpuasa bisa melakukan usaha untuk memproklamasikan kemerdekaan. Lha ‘pejuang’ jaman sekarang malah yang ada selalu dilayani dan tidak pernah merasakan susah, kecuali hanya sedikit yang benar-benar jujur dan berdedikasi (selalu ada pengecualian di dunia ini, selalu ada kebaikan diantara sebanyak-banyak keburukan). Jadi teringat juga bahwa Rasululullah sering melakukan penaklukan-penaklukan pada bulan Ramadhan. Bangga jika melihat sejarah, tetapi sedih jika melihat kenyataan bangsa hingga hari ini. Like an old man that can only lay in bed waiting his desease to kill him (seperti orang tua yang hanya bisa berbaring di tempat tidur menunggu penyakitnya membunuhnya). Hanya beberapa sel-sel tubuhnya yang sehat dan melakukan perlawanan kepada penyakit yang kian mengganas. Hanya waktu yang bisa menjawab, mana yang lebih cepat, pertumbuhan sel-sel sehat atau sel-sel penyakit.

Ah, tampaknya sudah terlalu banyak yang berkomentar tentang refleksi kemerdekaan Indonesia. Sudah banyak yang merasa tahu. Sudah banyak pula yang mencaci maki.

Sebenarnya kuncinya hanya satu, jadikan manusia Indonesia manusia-manusia yang taat kepada Tuhannya.

Salam kemerdekaan…
Merdeka untuk kita semua!!!
Merdeka!!!!

*Berusaha dan berdoa semoga pengorbanan para pejuang tidak sia-sia.

Sent from my BlackCat, powered by Indosat’s Strong Signal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s