Ke Jakarta aku kan kembali (ikut bootcamp – last part)


Hmmm tadinya saya mau bikin beberapa part untuk mengkisahkan pengalaman bootcamp. Tapi tampaknya itu tidak bisa saya lakukan karena saya telah berkomitmen untuk tidak menceritakan apa isi bootcamp. Luaaarrr biasa, dahsyat, hanya itu kata-kata yang bisa digunakan untuk melukiskannya.

Beberapa hal yang bisa saya ceritakan adalah sebelum dan sesudah (output), skip proses. Bootcamp ini dihadiri oleh peserta dari seluruh indonesia dan 12 negara lainnya. Di bootcamp, semua yang retak disatukan, semua yang jauh didekatkan, semua karang dihancurkan, semua sedih digantikan harapan, dan yang pasti semua beban telah ditinggalkan. Kemarin, 300-an manusia-manusia baru telah lahir. Beberapa sedang menunggu momentum. Banyak yang membawa segunung beban. Bahkan beberapa merasa diambang kehancuran. Kini semua masa lalu menjadi tidak penting, yang penting adalah masa depan. Tidak penting apakah tepat sebelum bootcamp seseorang menjadi pecandu, perokok, suka judi, dan addicted terhadap banyak hal. Yang penting adalah semua energi negatif itu telah dibuang, semua menemukan kekuatan untuk berubah. Kini jiwa-jiwa baru telah mampu melihat cerahnya masa depan mereka. Dan yang terpenting adalah tidak takut untuk memiliki DREAM.

Saya selalu memiliki tujuan dalam hidup, bahkan rencana dan angka. Tetapi rencana itu tanpa ruh, raga bergerak tanpa sedikitpun antusiasme. Setelah mengikuti bootcamp, saya kembali menemukan ruh dan antusiasme terhadap mimpi-mimpi saya. Ya, memang dunia tak seindah surga. Tapi mari kita tetap bernyanyi. Heal the world, make it a better place for you and for me. Change, and the rest will follow. Don’t you ever try to change the world. Change yourself, and the world will follow.

Terimakasih tak terhingga kepada Prof. Dr. Onggi Hiananta dan semua crew atas dedikasinya yang dahsyat dan luar biasa. Orang-orang yang bebas finansial tetapi masih peduli dan mengambil peran untuk membantu perubahan. Dan terimakasih juga untuk para staff yang telah sabar atas semua perilaku kami (yang mungkin menyebalkan dan susah diatur). Alhamdulillah, saya beruntung telah ditemukan Allah SWT dengan manusia-manusia luar biasa.

Bootcamp…. Value your life! Yes!

Sent from my BlackCat, powered by Indosat’s Strong Signal

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

