Penolong di hari senin


Today is a weird Monday?

Sudah beberapa hari, ketika bersepeda motor mendengar bunyi sesuatu “krek krek” tetapi kemudian suaranya hilang dan tidak terjadi apa-apa. Sampai pada pagi ini tiba-tiba mendengar bunyi “krek krek” ketika berada di jalan praban, dan sepeda langsung berhenti di tengah jalan dan mengeluarkan bunyi berdecit yang sangat keras, stuck benar-benar tidak mau jalan. I have no idea, what’s wrong. Dan saya tetap cuek saja dengan sepeda saya berada di tengah jalan sambil tolah-toleh barangkali ada yang berbaik hati menawarkan bantuan.

Tak disangka ada seorang bapak (seumuran bapak saya, ya Allah beruntungnya ada beliau) tiba-tiba berhenti melihat motor saya yang mogok. Ada juga seorang anak muda (sekitar 20 tahun) yang berkenan juga membantu saya. Mereka berdua memindahkan (atau tepatnya mengangkat) motor saya hingga ke pinggir dekat trotoar. Sebenarnya bapak ini sedang mengantar majikannya (yang berkulit putih dan bermata sipit) untuk mengantarkan barang, kemudian anak muda tadi juga sedang menunggu saudaranya untuk bersama-sama berangkat kerja.

Setelah motor di pinggir, baru ketahuan kalau ternyata rantai sepeda motor saya sudah berada diantara lempengan logam gerigi (yang merupakan tempat rantai berputar) dan sekok. Beberapa mata rantainya juga terbuka/putus. Memang belakangan ini saya lalai men-serviskan motor, saya baru tahu ternyata berdampak fatal (biasanya saya service dua bulan sekali). Karena posisi rantai terjepit, sehingga dua orang lelaki yang membantu saya merasa kesulitan membebaskan rantai tersebut. Sekitar 15 menit tangan mereka berusaha mengalahkan mata rantai yang menolak dibebaskan, juga berlumuran oli, rantai hanya bisa bergerak-gerak dalam kondisi terjepit, tetapi tetap tidak bisa keluar dari jepitan. Hingga akhirnya majikan bapak yang membantu saya ’nesu’ alias memarahi bapak tadi (sambil melihat saya dengan nesu juga) agar segera pergi mengantarnya. Hoooo kasihan bapak itu, saya hanya bisa diam dan menyarankan bapak itu untuk segera pergi melanjutkan pekerjaannya. (dalam hati… ya maklum lah manusia jaman sekarang). Setengah shock sehingga tidak bisa berkata apa-apa, merelakan kepergian seorang penolong saya. Untunglah anak muda itu masih bersedia meneruskan membantu saya. Ternyata progressnya lebih cepat, dan akhirnya rantai yang tadi terjepit bisa terbebas. Alhamdulillah, motor saya sudah bisa digerakkan. Akhirnya anak muda tadi pamit untuk pergi bekerja dan menyarankan saya mencari bengkel di sekitar blauran. Terimakasih berkali-kali tak henti saya ucapkan untuk mereka.

Untunglah hari ini saya memakai rok model lebar dan tidak terlalu panjang, serta memakai sepatu flat boot sehingga saya bisa leluasa menuntun motor saya lumayan jauh untuk mencari bengkel yang buka sepagi itu. Satu-satunya ’bengkel’ atau lebih tepatnya mirip lapak tukang tambal ban yang buka ada di jalan halimun. Untunglah disitu bapak pemilik ’bengkel’ memiliki rantai ’serep’ (cadangan) yang sama dengan rantai sepeda motor saya. Dengan peralatan seadanya, rantai yang putus dibebastugaskan dan diganti dengan mata rantai yang baru. Separuh mata rantai sepeda saya yang sudah tidak sempurna bentuknya sudah diganti dengan yang lebih bagus. Alhamdulillah satu lagi penolong saya telah berhasil memudahkan hidup saya pagi ini.

Akhirnya saya meneruskan perjalanan ke kantor yang telah tertunda. Dalam hati saya begitu bersyukur menemukan 2 orang penolong utama saya tadi sekaligus merasa bersalah. Semoga mereka berdua tidak mendapatkan masalah karena telah menolong saya. Dan saya hanya bisa mendoakan agar mereka juga diberikan kemudahan oleh Allah SWT atas segala urusan, rezeki dan senantiasa diberikan hidayah di jalan-Nya. Secara umum saya doakan juga untuk semua penolong saya hari ini, semua yang telah memudahkan urusan saya. Semoga semuanya diberi Allah SWT kebaikan dunia akhirat. Aamiin ya rabbal ’alamiin.

 Note : Well, it’s a really a great day. Not a weird day…. There still a really good guy (real gentleman) out there…

 *sent from my LAN Office


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s