Troubleshoot Blackberry restart berkali-kali


OMG very surprising to know that my handheld restarting over and over. This is the second time.

 Awalnya tidak mau membeli blackberry, karena merasa belum butuh. Tetapi lama kelamaan merasakan juga kalau butuh, akhirnya beli deh Blackberry Bold. Waktu itu ada program cicilan dari kantor selama 12 bulan potong gaji, tanpa bunga. Jadi lebih baik membeli BB lewat program kantor ini. Ternyata menggunakan BB memang enak, karena koneksi datanya lebih cepat daripada menggunakan HP biasa. Hal ini dikarenakan BB menggunakan APN (access point name) khusus untuk connect ke server data. Selain itu tidak perlu khawatir ‘jebol’ tagihan untuk service data.

Selama setahun pertama, BB oke saja tidak pernah ada masalah. Menginjak tahun kedua, saya sempat mengupgrade OS sendiri. Setelah upgrade OS tidak ada masalah, hanya saja waktu itu memory sempat full sehingga BB not responding dan muncul jam pasir terus menerus. Karena tidak bisa diapa-apakan, akhirnya saya putuskan untuk hard reset dengan cara langsung melepas baterai. Tak berapa lama BB terus menerus restart tanpa pernah berhasil ke tampilan welcome screen.

Kali ini terulang kembali BB restart terus menerus tanpa pernah berhasil ke welcome screen. Trouble berawal dari setting ulang email kantor di BB (karena sebelumnya saya hapus). Ketika setting email telah berhasil, email-email yang sekian banyaknya langsung menyerbu BB saya, masuk terus menerus sehingga mengakibatkan keluar jam pasir terus menerus dan BB not responding. Kali ini saya kembali memutuskan untuk hard reset dengan langsung melepas baterai. Dan peristiwa yang dulu terulang kembali.

Search di internet, ketemu penjelasan untuk troubleshootnya di sebuah forum

http://www.berryindo.com/nuked-blackberry-mati-restart-terus-2/

Langkah-langkah yang saya lakukan persis petunjuk dalam forum tersebut. Pada trouble yang pertama saya desperate karena walau saya sudah mengikuti langkah-langkah tersebut tapi tidak berhasil juga. Ternyata ada satu langkah yang belum saya lakukan, yaitu install OS di PC. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan (saya jelaskan dengan versi saya) :

  1. Download OS blackberry (OS ada di www.blackberry.com)
  2. Jika Anda belum install App Loader, maka sebelum download OS blackberry ini maka Anda akan diminta untuk mendownload App Loader terlebih dahulu. Jika keluar dialog box untuk download App Loader maka pilih “Yes”. Selain download App Loader dari sini, Anda juga bisa download dari link forum yang saya sebutkan diatas.
  3. Setelah download App Loader, silahkan install terlebih dahulu. Setelah itu tutuplah aplikasi App Loader.
  4. Download OS untuk device Blackberry Anda.
  5. Install OS untuk device Blackberry di PC. Pada tahap akhir instalasi akan muncul dropdown box untuk memilih PIN BB yang akan di connect. Biarkan saja, tidak usah ditutup. Kita beralih ke langkah selanjutnya.

Berikut langkah-langkah seperti yang disebutkan di forum berryindo.

Persiapan

  • Pastikan BlackBerry anda TIDAK terconnect ke komputer anda.
  • Matikan Desktop Manager jika masih running

Step 1: Instal OS tanpa melalui Desktop Manager

  • Setelah anda download, unzip dan instal OS terbaru untuk device anda ke komputer, carilah dan buka App Loader application di folder OS tersebut. Caranya, buka file browser, ke C Drive (operating system drive) carilah folders Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader.
  • Setelah masuk ke AppLoader directory, double klik  Loader application shortcut. (jika anda instal OS yang bukan dari operator anda jangan lupa delete file vendor.xml sebelum klik apploader) Setelah Loader aktif, klik Next  dan mulailah Step #2. Kami tidak menggunakan Desktop Manager pada saat ini

 

Find Apploader in OS Folder Komputer

Step 2:

Sekarang anda perlu connect BlackBerry anda ke komputer dengan USB cable. Baca caranya baik baik dibawah sebelum anda mulai biar Nuked BlackBerry anda bisa terdetect oleh usb cable dan connect ke komputer.

Connection Port Install OS BlackBerry

PENTING: Untuk bisa terdetect, cabutlah batterai BlackBerry anda dan connect usb cable ke BlackBerry anda dan hubungkan ke komputer anda.

Pada saat anda hubungkan BlackBerry anda ke komputer dan Connection COM1 menganti ke USB-PIN:UNKNOWN, anda harus secara langsung klik NEXT. Sekarang BlackBerry anda tidak akan reboot berkali kali lagi.

 Klik NEXT pada saat muncul USB-PIN:UNKNOWN

Jangan Lupa! Pasangkan kembali batterai BlackBerry anda setelah klik NEXT karena pada saat OS update selesai, handheld anda akan disconnects dari komputer untuk reboot dan tidak akan ada power supply ke BlackBerry anda dari USB connection dan error akan kembali lagi.

Prosesnya harus cepat, kalau gagal pertama kali, ulang proses nya dan cabut lagi USB kable dari Blackberry / komputer anda, buka batterai dan hubungkan kembali dan klik Next pada saat muncul USB-PIN:Unknown.

Jika sukses connection anda sudah bisa mulai instal OS dengan mengikuti installation wizard yang akan menunjukan cara instal OS secara standard.
Source: Nuked BlackBerry Mati Restart Terus | BerryIndo.com http://www.berryindo.com/nuked-blackberry-mati-restart-terus-2/#ixzz1OrYWvmAx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s