Trip to bangkok – day 2

Hari kedua di Bangkok, jadwalnya ke ayutthaya…

Ayutthaya adalah sebuah kota bersejarah di thailand. Bentuknya seperti sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh sungai. Menurut wikipedia :

Kerajaan Ayutthaya (bahasa Thai: อาณาจักรอยุธยา) merupakan kerajaan bangsa Thai yang berdiri pada kurun waktu 1350 sampai 1767 M. Nama Ayyuthaya diambil dari Ayodhya, nama kerajaan yang dipimpin oleh Sri Rama, tokoh dalam Ramayana. Pada tahun 1350 Raja Ramathibodi I (Uthong) mendirikan Ayyuthaya sebagai ibukota kerajaannya.

Pagi ini Bangkok diguyur hujan deras sedari pagi. Kami bangun tidur dengan mata sedikit bengkak karena tadi malam baru bisa beristirahat pukul 12 malam. Setelah persiapan-persiapan dan hujan sudah reda, kami memutuskan untuk mencari makanan. Pagi itu kami menemukan makanan cepat saji di jalan khao san sambil sebelumnya kami survey makanan halal yang terletak di dekat soi rambuttri. Sayang sekali pagi itu depot makanan halalnya yang kami lihat di depan gang sedang tutup, jadi kami memutuskan membeli makanan cepat saji saja untuk menghemat waktu dan energi.

Setelah sarapan, kami melanjutkan petualangan dengan berusaha mencari bus ke arah ayutthaya. Setelah berjalan, tanya kesana kemari, akhirnya kami mendapat informasi bahwa dari bangkok ke arah ayutthaya tidak bisa langsung karena ayutthaya merupakan provinsi di luar bangkok (jadi sudah masuk trayek bus antar kota). Dari dekat khao san kami naik bus nomor 509 ke arah mochit (stasiun bus besar dan merupakan pemberhentian terakhir). Sesampai di terminal, susah untuk mendapatkan informasi dimana letak terminal bus ke arah ayutthaya. Kami sempat dibuat bingung dengan informasi petugas dekat loket penjualan tiket. Hingga akhirnya kami ’ditemukan’ oleh seorang security yang kebetulan beragama muslim dan lumayan bisa berbahasa inggris. Sehingga kami diantarkan sampai di depan terminal bus tujuan antar kota. Di dalam terminal kami dibuat kagum dengan fasilitasnya. Ada sebuah pos informasi dengan petugas yang lancar berbahasa inggris, loket-loket yang dibedakan berdasarkan tujuannya, kemudian ruang tunggu ber-AC dengan banyak tempat duduk. Disana kami menemukan loket tiket ke ayutthaya adalah nomer loket 23. Dari mochit ke ayutthaya cukup membayar 50 THB saja. Setelah membeli tiket, kami menunggu di Gate 13. Sekali lagi kami dibuat kagum dengan pengaturan di terminal ini, serasa di bandara saja menggunakan sistem Gate untuk keberangkatan

Setiap jam ada jadwal bus ke ayutthaya, kebetulan kami tiba di terminal pukul 10 lebih sedikit sehingga kami menunggu bus pukul 11. Pukul 11 tepat bus datang dan hanya menunggu sekitar 10 menit kemudian menuju ke ayutthaya. Bus yang sangat bagus untuk ukuran tiket 50 THB.

Perjalanan ke ayutthaya kami tempuh dalam waktu 1,5 jam.

Setiba di ayuthhaya, kami kembali kebingungan mencari tahu dimana letak situs-situs bersejarah (wat) dan bagaimana cara yang tepat untuk mengunjunginya. Mulai dari kami tiba sudah ada supir tuk-tuk yang menawarkan untuk berkeliling. Tetapi kami kurang percaya dengan para supir tuk-tuk ini karena kami juga tidak tahu medan, sehingga kami memutuskan berjalan menjauhi mereka. Ditengah perjalanan kami bertemu dengan bule yang menaiki sepeda. Kami akhirnya ‘mencegat’ bule tersebut dan bertanya dimana dia menyewa sepeda tersebut (thanx Allah we met her). Ternyata tempat penyawaan sepeda lumayan juga letaknya (agak jauh), di gang depan pasar.

Sampai di penyewaan sepeda yang bernama TWT, kami bertemu dengan 2 orang bule laki-laki yang juga hendak menyawa sepeda. Pemilik persewaan tersebut seorang wanita yang fasih berbahasa inggris. Disana kami diberi penjelasan tentang letak-letak situs yang patut dikunjungi dan bagaimana cara menuju kesana. Setelah berpikir dan menimbang-nimbang akhirnya kami putuskan untuk menyewa sepeda motor saja. Ternyata memang cara paling efektif untuk menjelajahi objek wisata di ayutthaya adalah dengan menyewa sepeda motor karena ada beberapa obyek wisata yang bagus letaknya agak berjauhan dari yang lain. Obyek wisata di ayuthhaya semuanya adalah berupa kuil atau bangunan peninggalan kerajaan yang dulu pernah ada di sana.

one of ayutthaya site

Memang situs-situs bersejarah di ayutthaya banyak sekali dan patut untuk dikunjungi. Terbayang bagaimana megahnya kerajaan ayutthaya jaman dulu kala. Walau beberapa kali sempat nyasar dan kehujanan, tetapi kami puas menjelajahi ‘pulau’ ayutthaya.

Berhubung bus terakhir kembali bangkok adalah pukul 18.00, maka kami putuskan untuk mengembalikan sepeda motor pukul 17.00. kebetulan di depan gang (pasar) terdapat pemberhentian bus ke bangkok. Bus yang kami naiki kali ini berbeda dengan ketika kami berangkat, sepertinya bus swasta. Perjalanan pulang kami tempuh lebih lama daripada berangkat, yaitu sekitar 2 jam, selain karena jalanan macet juga jalur yang agak lebih panjang rasanya. Sampai di terminal bangkok, kami meneruskan untuk naik bus menuju ke khao san. Bus kembali ke khao san adalah nomor 509.

Sesampai di khao san kami melewati kedai makanan india, dan teman saya ingin untuk makan disana. Kami berhenti di kedai tersebut dan beristirahat sebentar. Tak berapa lama, datanglah seorang laki-laki dan bertanya apakah kami dari malasya. Ternyata laki-laki tersebut dan 2 orang temannya memutuskan untuk duduk dan memesan sesuatu. Alhamdulillah dapat kenalan pertama di bangkok. Setelah cukup lama berbincang dan saling bertukar alamat email, saya dan teman saya menuju ke restoran cepat saji di khao san dan saya memesan take away untuk dimakan esok pagi. Setelah itu kami kembali ke penginapan dan beristirahat.

End of day 2… 2 more nights to go…