Wanita dan Lelaki Palsu


Wanita… sudah terlalu banyak kata yang mendeskripsikan wanita dan kemuliannya… Tetapi wanita tetaplah wanita, walaupun terlihat tegar ternyata hatinya terkadang rapuh sehingga sudah selayaknya memiliki seorang penjaga.

Sudah banyak kisah yang saya dengar tentang  wanita yang dipermainkan. Banyak dari mereka yang menerima janji-janji indah, tetapi janji itu tinggallah kenangan. Kenangan yang hanya ada di memory sang wanita, tetapi tidak di memory sang lelaki pemberi janji. Banyak juga yang tiba-tiba didekati kemudian ditinggalkan untuk menikah dengan wanita lain. Mungkin memang sudah takdirnya. Karena ‘kelemahan’ dan ‘kebodohan’nya, wanita sering menjadi ‘korban’ keisengan.

Itulah pelajaran bagi wanita. Mengapa hal tersebut terus menerus ada dan berulang? Mungkin sebenarnya Tuhan ingin agar wanita berbenah dan bisa mengambil pelajaran. Selama wanita masih ‘lemah’ dan mudah ‘dibodohi’ lelaki, selama itu pula akan terus ada pelajaran dari Tuhan. Dan hal itu dikarenakan Tuhan sangat menyayangi mereka, sehingga Tuhan perlu memberitahu mereka bahwa lelaki seperti itu tidak cocok untuk mereka, karena mereka berhak mendapatkan yang lebih baik dari sekedar lelaki iseng. Bisa juga hal tersebut menjadi tarbiyah (pembinaan/pendidikan) dari Tuhan agar wanita tersebut belajar menjadi lebih baik, menjadi wanita sejati agar nantinya pantas untuk dijodohkan Tuhan dengan seorang penjaga hati sejati, yaitu seorang lelaki sejati bukan lelaki palsu. Siapa itu lelaki palsu?  Lelaki palsu adalah mereka yang tidak mengerti betapa berharganya seorang wanita sehingga tidak mengerti bahwa mereka harus menjaga dan melindungi wanita, termasuk menjaga perasaan mereka. Bahkan mereka tidak pernah merasa bersalah, karena memang hal yang mereka lakukan adalah biasa menurut mereka, tetapi tidak bagi wanita. Dan bagi para lelaki sejati, mereka pantang melakukan hal-hal yang biasa dilakukan para lelaki palsu. Kalaupun lelaki palsu itu berjodoh dengan wanita lain, itulah wanita yang sekufu (sejajar, selevel dalam banyak hal) dengan lelaki seperti itu. Biarlah lelaki seperti itu berjodoh dengan wanita yang cocok dengan tipe lelaki palsu. Wanita baik-baik, yang menghormati kepercayaan, berjiwa setia tidak pantas bersanding dengan lelaki palsu.

Dalam surat An-Nuur ayat 26, Allah SWT berfirman :

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). “

 

Mari melihat pelajaran dari orang-orang penderita kanker. Orang yang tidak pernah mengalami, pasti tidak akan mengerti bagaimana rasa sakitnya, dan terlebih rasa sakit pengobatannya. Sel kanker, Jika semakin lama dibiarkan dan tidak diobati, stadiumnya akan semakin naik dan sel-selnya semakin ganas dan menyebar. Langkah yang tepat agar penderita tidak mengalami rasa sakit yang lebih parah (hingga akhirnya meninggal) tentu saja dengan mengambil atau mematikan sel-sel tersebut. Rasa sakit sewaktu menderita mungkin hampir sama sakitnya dengan pengobatannya. Selama masih ada yang diusahakan, dalam Islam kita dianjurkan untuk tetap mengusahakan bagi kesembuhan walaupun peluangnya hanya nol koma persen.

Mungkin seperti itulah dalam hidup kita. Pelajaran tentang rasa sakit itu bukan agar kita berakhir dengan kematian. Tetapi Tuhan malah menginginkan kesembuhan dan memberikan petunjuk. Dan bisa jadi untuk menuju kesembuhan itu, juga harus dengan melalui rasa sakit.

Saya mengenal beberapa wanita yang pernah berkali-kali bertemu dengan lelaki palsu. Awalnya saya menyangka mereka saja yang terlalu ke-GR-an. Tetapi memang jika dilihat dari kata-kata dan apa yang diungkapkan sang lelaki serta segala pernak perniknya, bagi saya wajar saja wanita bertanya-tanya dan menyangka ada maksud lebih dari sekedar teman. Tetapi ternyata kemudian lelaki-lelaki tersebut menikah dengan wanita lain. Ada lelaki palsu yang mendekati wanita hanya untuk dimanfaatkan saja, setelah itu ditinggal pergi begitu saja setelah menemukan wanita lain. Ada juga yang diberi janji akan dinikahi 2 tahun lagi, tetapi ditengah perjalanan sang lelaki justru menikah dengan wanita lain. Bahkan pada sebuah buku pengarang terkenal, tersebutlah wanita yang sudah bersedia diajak berzina kemudian ditinggal menikah dengan wanita lain hingga wanita yang menjadi korban harus menjalani terapi psikologis. Naudzubillah.

Di dunia ini kita bisa berlaku apa saja yang kita kehendaki, hanya keimanan kita saja yang bisa membedakan, menunjukkan kepada kita mana yang pantas dilakukan. Saya rasa Tuhan tidak akan membiarkan seseorang yang telah berlaku dzalim berjalan begitu saja di muka bumi, mungkin juga masih tercatat untuk dibalas di akhirat kelak.

Wallahua’lam.

*Walaupun banyak teman-teman laki-laki yang juga pernah mengalami nasib yang sama seperti wanita-wanita yang ditipu lelaki iseng. Tetapi saya lebih banyak menjumpai kasus wanita yang diisengi laki-laki daripada laki-laki yang diisengi oleh wanita.

Cuplikan lagu women’s worth by alicia keys

Wanna please wanna keep wanna treat your woman right
Not just told but to show that you know she is worth your time
You will lose if you choose to refuse to put her first
She will if she can’t find a man who knows her worth

She rolls the mile makes you smile all the while being true
Don’t take for granted the passion that she has for you
You will lose if you choose to refuse to put her first
She will if she can’t find a man who knows her worth

Cuz a real man knows a real woman when he sees her
And a real woman knows a real man ain’t afraid to please her
And a real woman knows a real man always comes first
And a real man just can’t deny a woman’s worth


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s