Melakukan sesuatu karena ilmu


Bea adalah seekor ikan emas betina yang sangat ingin untuk menjadi seorang (atau seekor ya? hehehe) aktris. Dia bercita-cita untuk menjadi bintang utama dalam sebuah acara televisi. Suatu ketika, Milo teman Bea, memiliki kenalan seekor hamster yang menjadi produser pada suatu stasiun televisi hamster. Milo mengatakan bahwa temannya ingin menjadi bintang pada suatu acara di televisi tersebut, dan si produser menyanggupi. Bea sangat senang sekali mendengar berita ini. Tetapi berbeda dengan Oscar. Dia ikut berbahagia dengan berita ini tetapi sekaligus tidak begitu saja percaya bahwa produser akan memberikan sebuah acara begitu saja untuk Bea. Oscar merasa aneh dengan begitu cepatnya produser hamster tersebut menyanggupi Bea untuk menjadi bintang sebuah acara hanya karena milo memintanya.

Tibalah hari yang dijanjikan. Bea dengan diantar oleh Milo dan Oscar berangkat ke studio untuk syuting. Karena ini adalah syuting perdana bagi Bea, dia sangat gembira (excited). Hingga hari itu, mereka bertiga tidak pernah diberi tahu produser, Bea akan bermain pada acara apa dan akan menjadi apa. Dan mereka juga tidak pernah bertanya tentang hal ini.

Pasti semuanya bertanya-tanya bagaimana ikan-ikan tersebut bisa berada di darat dengan leluasa? Well, satu hal yang perlu Anda ketahui, ini adalah film kartun, hahaha. Yah, mereka menancapkan toples berisi air pada bokong mereka (sebenarnya ikan tidak punya bokong kan ya?). Pada saat kunjungan ke studio tersebut, Milo melihat seorang aktris hamster yang sangat cantik dan menarik. Milo menyamar menjadi seorang hamster dan menyapa aktris tersebut (lupa nama hamsternya siapa). Kemudian mereka saling jatuh cinta. Ditempat yang lain, tak jauh dari tempat Milo bertemu aktris hamster, Oscar menunggu Bea giliran syuting.

Akhirnya tiba giliran Bea dipanggil syuting. Oscar dan Milo menunggu dan melihat jalannya syuting dari ruang tunggu. Dan alangkah terkejutnya mereka ketika melihat di televisi, Bea diikat dan diletakkan diatas piring. Pembawa acaranya adalah aktris yang tadi ditemui oleh Milo, mengatakan bahwa 2 kontestan yang ada di atas panggung (2 hamster jantan) harus memakan ikan yang ada diatas piring jika mereka ingin mendapatkan hadiah uang. Singkat cerita, Milo dan Oscar menyusun rencana untuk menyelamatkan Bea dan segera keluar dari studio untuk kembali ke akuarium mereka.

(another story from fish hooks)

===

Bisa jadi seperti itulah kita selama ini, senang mengikuti sesuatu yang kita tidak memiliki pengetahuan tentangnya.

“Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak ada pengetahuan tentangnya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan, serta hati, semuanya akan ditanya.” (Q.s. Al-Israa: 36).”

Tapi rasanya budaya ikut-ikutan memang sudah menggejala. Ikut-ikutan trend baju,gaya hidup, dll yang entah dimunculkan oleh siapa saja, yang mengaku para pencipta tren. Dan yang paling parah, ada orang-orang yang suka ikut-ikutan menghakimi, men-judge tanpa mereka tahu pokok permasalahan. Mulai dari yang suka menghujat di fb sampai menghujat sungguhan.

Dan ada juga sebagian orang yang rela melakukan apa saja karena teriming-iming oleh sesuatu. Tidak bisa menyalahkan seseorang yang punya keinginan dan berusaha untuk mewujudkannya, hanya saja di negeri ini khususnya dan dunia umumnya, kita harus benar-benar waspada agar tidak tertipu. Pengalaman saya ke singapura beberapa saat yang lalu bertemu dengan banyak TKW. Kebetulan waktu berangkat saya bertemu dengan seorang gadis muda berumur 2 tahun lebih muda dari saya. Dia akan ke singapura untuk bekerja, tetapi dia belum diberi tahu akan bekerja untuk siapa, tinggal dimana, dan nantinya akan seperti apa. Rasa iba kepada para TKW ini semakin menyelimuti saya ketika dalam perjalanan pulang saya bertemu beberapa orang yang ‘melarikan diri’ dari majikannya untuk pulang ke indonesia. Hanya mereka yang beruntung yang bernasib baik di sana.

Masih untung jika kita hanya merasakan akibat ikut-ikutan di dunia, sangat rugilah kita jika harus menanggungnya pula sampai di akhirat. Naudzubillah.

Another form of “Ilmu sebelum amal”

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita anugerah ilmu pengetahuan yang mendasari kita dalam melakukan sesuatu. aamiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s