Trip to sing (1)

Setelah beberapa hari berkunjung, sayang kalau pengalaman berkunjung tidak dituliskan.

Setahun yang lalu ada promo dari aira**a untuk terbang ke beberapa tujuan mulai Rp 0. Saya memutuskan untuk pergi ke negara paling kecil di asia tenggara, yaitu singapura. Saya ajak beberapa teman untuk ikut, tetapi hanya 1 yang tertarik. Kemudian saya pesan tiket secara online untuk 4 orang,  yaitu saya, ibu saya, teman saya dan adiknya. Jadwal keberangkatan adalah untuk tanggal 13 dan kembali pulang tanggal 17 April 2011.

Tak terasa bulan berjalan, hingga tahun pun berganti. Sudah dekat dengan waktu keberangkatan, yaitu tinggal 1 bulan. Waktu 2 minggu kami habiskan dengan mencari penginapan. Persiapan yang sangat mepet, hingga hostel banyak sudah penuh di book. Bagi yang masih asing dengan istilah hostel. Hostel adalah penginapan mirip losmen, dengan fasilitas yang beraneka ragam. Awalnya kami akan menggunakan hostel, karena terhitung lebih murah daripada hotel. Tetapi hostel akan menjadi mahal jika kita memilih fasilitas kamar mandi di dalam (private untuk kita gunakan sendiri). Dalam kebingungan belum mendapat penginapan (belum lagi bingung mencari pinjaman kartu kredit), saya masih searching internet hingga akhirnya saya bertemu web dengan link penginapan apartemen. Beruntunglah saya menemukannya karena ternyata tempatnya enak, strategis, selain itu harganya lebih murah jika dibanding hostel. Kami berempat akhirnya menginap di apartemen air view tower. Walaupun dari luar gedungnya terlihat agak tua, tetapi didalam kamarnya masih bagus, bersih dan nyaman. Dan yang terpenting kamar mandi terlatak di dalam kamar serta ruangannya lumayan luas.

Jalur aira**a ke singapura yang terdekat dari surabaya adalah dari jogja. Sehingga kami berangkat ke jogja malam harinya. Pas waktu subuh jam 04.30 kami sampai di bandara adi sutjipto. Sewaktu di depan counter aira**a sudah ada kejadian tidak enak karena tidak ada pita untuk mengatur antrian, sehingga sempat ada orang asing yang didahulukan daripada yang sudah antri dari tadi. Ketika tiba di depan counter pun ditanya dengan pertanyaan-pertanyaan biasa seperti akan tinggal dimana, membawa uang berapa. Ketika saya jawab membawa uang 500, nih petugas counter dengan lugunya bertanya ulang “500 ribu??”. Kepingin juga jawab, “ya nggaklah o’on”, tapi yang keluar cuma “500 singapore dollar mbaaak”.

Setelah segala macam urusan keimigrasian, akhirnya naiklah kami ke pesawat. Belakangan setelah kembali pulang ke indo barulah saya tahu perbedaan petugas imigrasi indo dan singapura. Sudahlah tidak usah dibicarakan, “itulah indonesia”. Agak kaget juga terbang pertama kali dengan aira**a, karena situasinya agak mirip di cafe atau pasar, maklum biasanya naik ga***a. Suara orang bercakap-cakap rame terdengar. Anak-anak kecil berlarian di lorong pesawat. Orang yang tiba-tiba membuka kabin pesawat untuk mengambil barang. Ada juga yang berdiri untuk bercakap-cakap dengan orang yang duduk di belakangnya. Ditambah lagi mbak-mbak pramugari yang berjualan makanan dan minuman. Hal-hal yang tidak pernah, dan tidak mungkin terjadi kalau kita menaiki pesawat ga***a (atau mungkin saya saja yang memang tidak pernah tahu ada kejadian serupa).

Well, setelah 2 jam menahan lapar dan haus (karena belum sempat sarapan dan air minum tidak boleh dibawa) kemudian sampailah di bandara singapura untuk yang pertama kalinya… Welcome to Changi.

Pre – 12 April 2011 Activity
22.00 – 04.30 Surabaya – Jogja by travel car
04.30 – 06.30 Rest time, Prepare at Adisutjipto Airport
06.30 – 07.35 Boarding time with Air Asia QZ 7138
07.35 – 11.45 Adi Sucipto – Changi (plus baggage, imigration check, dll)

Day 1, 13 April 2011
04.30 – 06.30 Prepare at Adisutjipto Airport
06.30 – 07.35 Check in counter time
07.35 – 11.45 Adi Sucipto – Changi (plus luggage time, imigration check, etc)

(bersambung… dan fotonya menyusul, hehehe)