tidak ada yang hebat dalam segala hal


Para makhluk laut merasa lebih hebat dari makhluk darat. Mereka menantang Sandy si tupai untuk melepas helm kedap udaranya (atau kedap air?). Sandy menyanggupi tantangan mereka, tetapi ia tidak bisa bertahan lama berada di dalam air tanpa helm kedap airnya. Kemudian mereka mengejek Sandy karena hal itu. Karena para makhluk laut merasa lebih superior daripada makhluk darat, Sandy menantang mereka untuk berada selama 1 menit di daratan. Akhirnya para makhluk laut sepakat untuk menerima tantangan Sandy. SpongeBob mencoba untuk naik ke pantai, ternyata dia merasakan tidak apa-apa, kemudian dia mengajak patrick, mister crab, dan squidward. Mereka semua naik ke pantai (daratan). Di dalam laut, Sandy menghitung waktu. Satu menit telah berlalu, tapi mereka belum kembali ke lautan. Sandy naik ke pantai untuk melihat apa yang terjadi. Ternyata mereka semua hendak dimakan oleh burung camar. Burung camar mengejar mereka semua. Serta merta Sandy menolong mereka agar tidak dimakan oleh burung tersebut. Dengan jurus-jurus karatenya, Sandy berhasil menyelamatkan mereka semua (para makhluk laut). Kemudian mereka semua kembali ke lautan.

Satu hikmah yang dapat mereka ambil adalah, setiap dari mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Makhluk laut tidak lebih hebat dari makhluk darat dan sebaliknya. Begitupun setiap diri manusia, pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Manusia memiliki jenis kecerdasan yang bervariasi. Ketika seseorang dinilai tidak memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi (IQ), bisa jadi ia memiliki kecerdasan emosional (EQ) atau spiritual yang tinggi (SQ). Yang dikaruniai kecerdasan luar biasa pasti memiliki kelemahan/kekurangan. Yang dikaruniai kekayaaan pasti hidupnya juga tidak selalu dipenuhi kebahagiaan. Yang dikaruniai kecerdasan pas-pasan di satu jenis kecerdasan, pasti memiliki kelebihan di jenis kecerdasan yang lain. Yang dikaruniai harta secukupnya pasti memiliki kebahagiaan yang bisa jadi tidak dimiliki oleh mereka yang berharta melimpah. Dan masih banyak hal lain yang bisa kita jadikan contoh.

Hidup ini selalu dipenuhi hukum relativitas (pandangan seseorang dengan orang yang lain pasti akan berbeda terhadap sesuatu). Sering kali seseorang melihat bahwa kehidupan orang lain begitu menyenangkan, bahkan lebih menyenangkan daripada dirinya (jujur pernah mengalami). Kita sering membandingkan hal-hal yang dimiliki orang lain dengan hal-hal yang kita miliki. Sering kali perbandingan itu dalam hal yang mudah terlihat oleh mata, misalnya saja kekayaan, pekerjaan, jabatan, gelar, keluarga, dll. Bahkan melihat orang lain senantiasa tersenyum pun pasti kita berpikir ingin menjadi seperti orang tersebut karena seakan-akan tidak memiliki beban hidup. Ada kata-kata yang sering kita dengar “Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau”. Ketika kita mengira orang lain selalu memiliki kelebihan dari pada diri kita, maka berhati-hatilah itu tanda kufur nikmat (naudzubillah).

Ketika kita sudah merasa “rumput tetangga lebih hijau”, tenang saja, hadapi dengan senyuman, mari mencari 1001 alasan untuk bersyukur. Pasti suatu kelebihan yang kita miliki. Jika kita sudah bersyukur maka pastilah tetangga akan melihat “rumput” kita yang lebih hijau, dan memang akan begitu adanya sebagaimana firman Allah SWT “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu meningkari (nikmat-Ku), maka pasti adzab-Ku sangat berat” – QS Ibrahim ayat 7.
Selamat merawat “rumput” Anda agar terlihat lebih hijau dari “rumput” tetangga Anda.

*nggak jadi ke dokter karena hujan deres banget T_T … Cenat cenut…


2 thoughts on “tidak ada yang hebat dalam segala hal

  1. Wew, spongebob, aku juga pernah nonton episode itu, dmana si Sandy berkata : Setiap orang hanya bisa hebat dalam satu hal, tidak bisa hebat dalam semua hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s