Hari kelima minggar, longmarch (1)


Hari kelima pun tiba….

Kabarnya hari ini adalah hari terakhir kami minggar (dan kami semua berdoa semoga memang demikian).

Isu yang kami dengar kemarin adalah hari ini kami akan berjalan longmarch dengan rute yang sangat jauh, dan bisa mencapai lebih dari 25 kilometer. Dalam diri kami masing-masing sudah mempersiapkan mental jika jalur yang akan kami tempuh memang jauh seperti yang diisukan. Dan memang kami harus selalu siap dengan apapun yang terjadi.  

Setelah rutinitas pagi, kami mendapatkan pengarahan dari pelatih. Menurut pelatih, kami akan melakukan longmarch. Mengenai rute dan jaraknya tidak diberitahukan, tetapi kami akan berjalan bersama dengan didampingi para pelatih. Tak lupa pula, mobil ambulance yang setia menemani.

Kali ini perjalanan akan diikuti pula oleh pelatih senior, yaitu mayor yanto. Sebuah hal yang patut dicatat adalah, pelatih senior biasanya datang pada moment-moment khusus dan penting. Berarti perjalanan kali ini merupakan moment penting.

Longmarch dimulai dari stasiun bumi menuju ke arah perkampungan terdekat, menyusuri jalan memutari bukit tempat stasiun bumi berdiri. Dari situ kami menuju ke daerah sekitar cimumput (sudah deg-degan, jangan-jangan disuruh naik ke cimumput, alhamdulillah ternyata tidak).Kemudian kami mendaki sebuah bukit dan kemudian menuruni bukit disisi yang lain menuju ke perkampungan nelayan, dan saya baru tahu ternyata di jatiluhur ada perkampungan nelayan (maksudnya pekerjaannya mencari ikan, tetapi tidak di laut, hanya di perairan sekitar jatiluhur, atau mungkin memang disitu ada laut?).

jalanan mendaki

Perjalanan menaiki bukit ini sangat berat hingga saya dan seorang teman saya jadi tertinggal jauh dari rombongan. Pelatih (saya lupa, kalau tidak salah pelatih jonnie) menyemangati kami dengan cerita-cerita tentang pengalamannya dahulu.

 
LONGMARCH (song lyric)

Longmarch… adalah jalan jauh…

Yang harus, kita tempuh

Dengan semangat satria.

Naik gunung, turun gunung

Tiada mengenal lelah !!!

Kaki lecet… sepatu diseret…

Kerongkongan haus dahaga..

Siap tunggu perintah !!!

Dari perkampungan nelayan tersebut, saya sudah tidak ingat rute berikutnya. Rute berikutnya yang saya ingat adalah ketika tengah hari kami berjalan menuju ke daerah yang lebih bernuansa kota (lebih modern daripada perkampungan lain yang pernah kami lalui). Daerah ini belum pernah kami datangi dengan berjalan kaki, tetapi sudah pernah kami lewati ketika pertama kali menaiki kendaraan menuju ke pusat pelatihan. Jalanan didaerah yang bernuansa kota pun masih naik turun, berbukit-bukit. Disini kami menjadi pusat perhatian. Semua warga keluar rumah mendengar nyanyian kami sepanjang perjalanan (jadi malu). Di depan masyarakat umum, kami diwajibkan untuk tidak berwajah susah, menjaga sikap sesuai yang diajarkan pelatih. Ketika itu, ditengah perjalanan kami dihukum push up karena dianggap memalukan pelatih. Kali ini yang memegang komando adalah mayor yanto. Terasa sekali perbedaan level hukuman yang diberikan, daripada hukuman biasanya. Hukuman kami waktu itu adalah push up ditanah miring, tidak push up dengan full naik atau turun, tetapi separuh dan seperempat naik atau turun, dan ditahan dalam hitungan yang lama (begitu kejam). Kali ini level gemblengan dari pelatih kepada para siswa lebih daripada hari-hari yang kemarin. Tapi entah kenapa, walau susah tapi saya enjoy saja. Kami juga tidak tahu kemana saja kami akan dibawa. Salah satu trik agar perjalanan menyenangkan dan tidak begitu terasa capek adalah menikmati setiap langkah yang kita lalui. Tidak usah kita pikirkan akan berapa lama kita berjalan, hanya meyakini saja bahwa ada waktunya nanti kita beristirahat dan sampai di tujuan.

(bersambung)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s