“Orang yang dicintai Allah” wanna be


Saya beberapa kali merasakan, walaupun baru pertama kali bertemu dengan seseorang seakan-akan sudah lama mengenalnya. Sudah langsung akrab dan ‘nyambung’. Setelah itu ingin terus berkomunikasi dan dekat dengan seseorang itu. Bahkan sampai jadinya terlanjur sayang (lebay). Mungkinkah mereka-mereka ini adalah orang-orang yang dicintai Allah SWT ?

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,” Sesungguhnya apabila Allah SWT mencintai seseorang, Dia memanggil malaikat Jibril Dia beritahukan ” Aku mencintai si Fulan karena itu cintailah dia” sabda Nabi SAW maka Jibril mencintainya , setelah itu Jibril berseru di langit “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla mencintai si Fulan karena itu cintailah dia, maka si Fulan tersebut dicintai oleh penghuni langit,” kata Rasulullah SAW “setelah itu orang-orang di bumi juga mencintai si Fulan tersebut. Demikian sebaliknya.
(Hadits Al Bukhari, nomor hadits 3209)

Memang jika dibandingkan bersama mereka atau bersama yang lain, terasa sangat berbeda. Jika bertemu dengan orang-orang seperti itu, ketika berpisah selalu saja ada tambahan ilmu baru. Saling menasehati dalam kebaikan. Karena itulah, terasa ada ikatan persaudaraan walaupun kami bukan saudara sekandung. Perasaan nyaman membuat senang untuk bersilaturahim, menimba ilmu dari mereka. Hingga berkali-kali saya menyampaikan terimakasih karena telah menjadi teman baik yang selalu mensupport saya selama ini. Dan begitupun sebaliknya, saya selalu berusaha memberi yang terbaik untuk mereka.

And friends, how can you all always give nice sentences to me. Feels like i know that sentences for the first time in my life. Although i know it for very long time.

*teringat ‘dongeng’ salah satu sahabat saya tentang ‘dalam dekapan ukhuwah’

Ngomong-ngomong tentang cinta dan sayang, saya teringat anak-anak. Orangtua yang sayang kepada anaknya pasti menginginkan yang terbaik bagi mereka. Para orangtua biasanya mengarahkan anak-anaknya untuk rajin belajar (dalam hal untuk prestasi akademis). Walaupun terkadang si anak merasa tidak suka dengan arahan orangtuanya, karena merasa dipaksa untuk belajar dan mengorbankan beberapa waktu bermainnya. Begitupun dengan Allah SWT, jika Dia menyayangi seseorang maka Allah akan memberinya ilham, karunia, dan kekuatan, dengan caraNya.

Imam Ja’far al-Shadiq as berkata,”Jika Allah mencintai seorang hamba, Allah ilhamkan kepadanya ketaatan, Allah biasakan ia dengan qana’ah (menerima apa yang ada), Allah karuniakan baginya pemahaman agama, Allah menguatkannya dengan keyakinan, Allah cukupkan baginya dengan sifat al-kafaf, Allah memakaikannya dengan sifat al-‘afaf. Sebaliknya jika Allah membenci seorang hamba maka Allah jadikan dia mencintai harta dan Allah mudahkan baginya untuk memperolehnya, Allah ilhamkan kepadanya dunianya, Allah serahkan dia pada hawa nafsunya, maka ia mengendarai al-‘inaad, ia mudah berbuat fasad, dan menzhalimi hamba-hamba (Tuhan)”

dalam hadits lainnya, Imam Ja’far al-Shadiq as berkata, ”Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba niscaya Dia tenggelamkan hamba tersebut ke dalam cobaan.”

Jadi simpulannya adalah,

Semua yang Dia berikan kepada hambaNya adalah wujud kasih sayangNya. Karena Allah masih peduli kepada hambaNya, maka ujianNya akan selalu datang kepada mereka. Jika kita menginginkan petunjuk, buka saja file .sln (.solution) yang sudah diberikan Allah, yaitu Qur’an dan Sunnah.

Jadi mengaca kepada diri sendiri. Ternyata Allah begitu sayang. Terbukti setiap kali tidak ‘lulus’ dengan suatu ujian, maka Dia akan memberikan lagi ujian yang sama. Terimakasih Allah karena Engkau peduli kepadaku. Aku ingin menjadi orang yang mencintaiMu dan dicintai olehMu, sebelum ajal menjemputku.

=================================================================================

Dr. Adryan.Sph.doc  (spesialis penyakit hati,wkwkwk) berkata :

 “There is no happy ending in this world, as long as we still alive. If u want to solve all problems that u have, u just need to die. Make your own story. Write it, because we live for once”.

I pray for you doc and to all my bestfriend, I hope you all can love Him and be the person that He loved. Amiin

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s