upacara ‘pemakaman’


Ternyata ada detail yang terlewat…

Ada sebuah upacara kejutan yang disiapkan oleh pelatih. Yaitu upacara ‘pemakaman’ komdat (hahaha lucu). Komdat adalah nama panggilan untuk seorang rekan saya yang saat itu masih kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi dikdas. Saya lupa waktu itu tepatnya hari apa.

Tiba-tiba sore itu kami diinstruksikan untuk berkumpul di tengah lapangan. Pelatih menunjuk masing-masing orang untuk menempati posisi tertentu. Tetapi kami tidak mengerti maksud penunjukan tersebut untuk apa. Rekan kami yang bernama komdat sudah disembunyikan pelatih entah kemana (belakangan diketahui keberadaannya tersembunyi dibalik pohon). Setelah beberapa koordinasi, akhirnya diketahui bahwa saat itu kami sedang mempersiapkan sebuah upacara, tetapi saya tidak tahu upacara apa yang akan kami selenggarakan.

Setelah semua orang berada pada posisi masing-masing. MC upacara menyampaikan bahwa upacara tersebut adalah untuk ‘pemakaman’ komdat. Dalam hati sebenarnya tertawa karena lucunya, tetapi juga bertanya-tanya bagaimana jalannya upacara ini.

komdat di gerobak

Dari balik pohon munculah rekan saya yang bernama komdat didorong dengan gerobak pembawa bahan bangunan oleh dua orang teman kami. Inspektur upacara (mas eko) memimpin upacara ‘pemakaman’ ini. Setelah inpektur menyampaikan mandatnya, para ‘penghibur’ menyanyi dan joget lagu ditengah-tengah lapangan, tetapi pada saat itu wajah komdat masih terlihat suram.

tabur daun komdat

Setelah upacara selesai, komdat di’baring’kan ditanah depan kamar mandi (masih dengan wajah suram). Kami semua diminta untuk memberikan kata-kata terakhir dan menaburkan sesuatu sebagai tanda perpisahan. Ternyata maksudnya adalah perpisahan dengan komdat yang selama ini belum bisa beradaptasi. Diharapkan setelah upacara ini, komdat akan berubah dan dapat mengikuti dikdas seperti rekan-rekan yang lain. Selamat berpisah dengan komdat yang lama…

Oalah komdat komdat… riwayatmu kini… di ambon😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s