hari ketiga minggar, belajar navigasi


Rutinitas mengawali hari ini dilalui seperti biasa, dengan sirine dini hari. Hari ini rekan-rekan sudah lebih terlatih menghadapi sirine dini hari. Semua sudah berpakaian lengkap ketika berkumpul. Kemudian sehabis olahraga dan bersih diri, kami sarapan bersama. Hari ini masih ada rekan yang belum bisa menyesuaikan diri dengan cara makan ala militer, super cepat. Sehingga kami semua harus membantu menghabiskan. Peraturannya, pelatih tidak mau tahu, semua makanan harus habis, entah dihabiskan oleh orang yang bersangkutan atau dibantu rekan yang lain. Alhamdulillah pikiran dan tubuh ini sudah mau bekerjasama, jadi tidak perlu merepotkan rekan yang lain.

Menurut instruksi pelatih,hari ini kami akan melakukan penjelajahan / belajar navigasi. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi rute serta peralatan wajib untuk navigasi yaitu berupa kompas (seumur-umur belum pernah bisa memakai kompas medan, pegangnya juga sekali waktu ikut pramuka dulu).  

Kami semua siap berangkat dengan bekal masing-masing, bersemangat untuk menjelajahi sisi lain dari jatiluhur. Dan untunglah teman-teman saya cukup rasional dengan tidak memilih saya sebagai ketua kelompok (masa’ ketua kelompoknya buta arah, wkwkwk).

Sekuat Mentari (song lyric)

Sekuat mentari, sebening IM3

Itu layanan kami

Majulah ayo maju berinovasi

Demi INDOSAT kami..

Ingatlah selalu akan tugas wajibmu

Jadi Insan Gemilang

Junjunglah selalu, nama Korps kita

INDOSAT tetap Jaya

Siang kepanasan, kalau malam kedinginan

Berlatih..berlatih

Terdengar pelatih dari kiri dan kanan

Ayo maju.. Pantang Mundur

kelompokku

Benar seperti yang telah diduga, banyak hal menarik kami temui sepanjang perjalanan. Dan hari ini ternyata menjadi hari pertama perjalanan jauh kami. Rute yang ditentukan melewati desa-desa, kemudian melewati semacam tebing yang sangat indah dengan ada aliran air dari atas tebing (subhanallah, baru kali ini saya melihat pemandangan alam seperti itu, berbeda dengan air terjun yag biasa dilihat), kemudian melewati tempat yang selama ini ingin dilihat, yaitu waduk jatiluhur. Sepanjang rute tersebut, ada pos-pos yang harus kami lewati, yaitu pos yang akan diisi pelatih tentang pelajaran navigasi, karena itu selama perjalanan kami harus mengusahakan bisa menguasai bagaimana menggunakan kompas (dan sudah bisa diduga, dari pos pertama sampai pos terakhir saya masih saja salah menentukan arah, akhirnya menyerah saja dengan hukuman push up).  Pos terakhir ternyata berada di pinggir waduk jatiluhur. Kondisi sekitar waduk banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga walaupun saat itu kondisi udara cukup panas, tetapi kami masih bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sepanjang waktu. Kondisi menyegarkan ini membuat saya susah untuk mempertahankan mata saya tetap terbuka. Pada pos terakhir ini, materi diisi oleh kapten agus (kapten agus yang kalem, membuat otot-otot saya yang tegang mengendur, dan suaranya membuat saya semakin ingin tidur…zzz…).  Kalau tidak salah, saat itu ada yang kena hukuman dan dihukum dengan meluk kambing, hehehe. Untungnya bukan saya yang terkena hukuman karena matanya sudah tinggal 5 watt.pasukan istirahat di tepi waduk jatiluhur

Setelah pelajaran navigasi selesai, kami kembali ke stasiun bumi. Kalau tidak salah ingat, hari itu kami kedatangan tamu letkol jonnie dan mayor yanto. Para pimpinan pelatih tersebut melihat kami belum memenuhi target pembinaan sehingga kami dihukum, merayap sepanjang lapangan bolak-balik berkali-kali kemudian jalan ditempat selama berpuluh-puluh menit tanpa berhenti, ditengah kondisi saat itu cuaca gerimis (untunglah tidak hujan lebat).  Dalam hati hanya bisa berkata pada diri sendiri, “pasti sebentar lagi selesai, tahan tahan”. Jika yang mengambil alih adalah para pelatih senior, maka suasana selalu tiba-tiba berubah lebih ‘menakutkan’, seperti pengkaderan semasa kuliah ketika sesi di’pegang’ oleh warga (non panitia).

Alhamdulillah, hari ini berakhir juga…

Separuh perjalanan minggar (minggu penyegaran) telah kami lewati…

Dan kami masih menunggu kejutan, di hari terakhir minggar…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s