hari kedua, goes to cimumput (2-fin-)


Udara jatiluhur begitu sejuknya, udara disana masih bersih karena jauh dari hiruk pikuk jalan raya dan posisinya memang berada pada dataran tinggi. Sapaan lembut angin perbukitan terkadang membuat kami terlena alias hampir ketiduran ketika acara-acara latihan atau arahan-arahan dari pelatih (atau cuma saya saja ya yang ngantuk? Hahaha).

 Pelatih mengatakan hari ini kami akan jalan-jalan. Penasaran… Jangan dibayangkan yang dimaksud jalan-jalan adalah jalan-jalan beberapa meter ke taman di seberang jalan. Ternyata jalan-jalannya adalah menuju bukit seberang yang di ujungnya terlihat tower BTS. Puncak bukitnya terlihat dari stasiun bumi tempat titik nol kami, nama bukitnya adalah cimumput. Nama bukit yang begitu legendaris diantara para dikdas’er. Bukit itu juga dinilai sakral, sehingga bukan orang Indosat namanya kalau belum pernah mendaki kesana. Kenapa? Saya rasa kami akan segera mengetahuinya.

 …

Jatiluhur tak akan kulupa,

Tempat kita berlatih bersama,

Siang malam selalu ditempa,

Setelah berjalan bersama selama beberapa jam, sampailah kami didepan bukit cimumput. Dari stasiun bumi ke cimumput jaraknya sekitar 12 atau 13 km dengan medan yang naik turun. Belum hilang rasa capek, ternyata harus naik ke atas. Kemiringannya kira2 45 derajat, dan jalurnya juga panjang. Pantas saja bukit ini begitu legendaris. Kalau tidak hati-hati, bisa terbalik badan ini karena tertarik berat tas ke belakang. Para pelatih terus menyemangati kami, bahwa kami pasti bisa, asal saling kerjasama. Tujuannya adalah sampai ke puncak bukit bersama-sama. Teman-teman saling bantu sama lain, ada yang saling menahan berat yang lain agar tidak terjauh, ada yang menarik, ada yang mendorong. Intinya segala daya diupayakan agar kami semua ber-25 lengkap berada diatas bukit. Separuh perjalanan terlewati, terengah-engah kami karena kelelahan. Beristirahat untuk duduk pun harus dalam posisi yang tepat agar tidak terjungkir. Kami berjuang sekuat tenaga untuk melewati separuhnya lagi, bersemangat karena kami harus bisa, kami harus sampai.

 Setelah susah payah, akhirnya kami semua sampai juga ke tower tercinta, alhamdulillah… Disana, kami melakukan upacara bendera. Upacara yang bersejarah, karena upacara itu adalah yang pertama dan terakhir yang kami lakukan di salah satu puncak bukit tertinggi di jatiluhur dan dilakukan setelah perjuangan berat menuju ke sana. Menurut cerita para pelatih, para senior kami dahulu mendaki bukit ini selama 3 hari berturut-turut. Bahkan ada sebuah angkatan yang selama minggar (minggu penyegaran seperti yang kami lalui saat itu) setiap upacara bendera naik ke cimumput dan pada sore hari naik lagi ke sana untuk acara penurunan bendera (i can’t imagine, how tough they are). Jadi, kami termasuk yang beruntung karena hanya dituntut untuk kesana 1 kali. Baru kali itu saya tertegun, menyadari bahwa saya bisa melakukan sesuatu yang saya pikir tidak bisa saya lakukan. Mungkin diantara kami ada juga yang merasakan hal serupa. Dua hari ini kami melakukan hal-hal yang luar biasa, yang bahkan tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa kami akan mampu melakukannya.

….

 Tiada Gunung  (song lyric)

Tiada gunung terlalu tinggi…(Siapa Bilang)

Buat kami daki di siang hari

Tiada jurang terlalu dalam

Buat kami turuni di malam kelam

Hutan rimba… Padang Lalang

Dusun sunyi… Jalanan jauh

Panas terik… Hujan berangin

Majulah ayo maju (Ayo Maju)

Haram patah.. Kaki kami

Karena terlatihnya

Pasukan jalan kaki lah

Menyapu lawan smua

 Akhir hari ini biasa saja, aktivitas berjalan kaki kembali menuju ke stasiun bumi, makan malam, acara oleh pelatih, dan istirahat.

Thank God they still have mercy to us (hahaha mengharap belas kasihan pelatih agar malam ini tidak ada acara hukuman).

 Dan kami menyadari, ini baru permulaan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s