1 hari akhirat = 1000 hari dunia


~Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa apabila dikatakan kepada kamu “Berangkatlah (untuk berperang) di jalan Allah”, kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan di dunia daripada kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalah sedikit.~QS. At Taubah : 38.

 Manusia sering mengabaikan perintah Allah demi kesenangan kehidupan dunia. Padahal kenikmatan kehidupan dunia sangat sedikit dibanding kenikmatan kehidupan akhirat. Allah tidak membutuhkan manusia. Bahkan ketika seluruh penduduk bumi tidak beriman, tidak akan mengurangi kekuasaan Allah. Dan Allah sendiri yang akan menolong orang-orang beriman dan RasulNya, ketika tidak ada manusia yang menolong mereka.

Bagaimana manusia bisa lupa akan kehidupan setelah kematian, yaitu akhirat, padahal 1 hari kehidupan akhirat itu adalah 1000 hari kehidupan di dunia.

 ~Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.~QS.Al-Hajj:47.

 Naudzubillah. Mendengar siksa yang paling ringan saja, walau beberapa detik rasanya tidak sanggup badan ini menerimanya. Apalagi kalau sampai 1000 tahun (1 hari di akhirat).

 “Robbana aatina fiddunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qina ‘adzaabannaar”

Inspired by : ustadz abdul majid@kajian rutin tafsir kantor


2 thoughts on “1 hari akhirat = 1000 hari dunia

  1. Assalamualaikum mbak,

    Saya mau tanya sebenarnya 1 hari dunia = 1000 hari atau 1000 tahun dunia? Karena kalau melihat Q.S. Al-Hajj:47, dikatakan ~ Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu ~. Mohon bantuan dari Mbak. Terima kasih sebelumnya. Semoga Allah merahmati kita semua, amin.

    1. Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
      Oya sepertinya yg benar 1 hari akhirat = 1000 tahun dunia. Mungkin saya salah dengar waktu itu.
      Akan saya tanyakan ke ustadz, mungkin waktu itu khilaf dengarkannya.
      Makasih pertanyaannya, jadi nyadar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s