are you grown up already ?


Apa arti umur? Age is just a number?

Apa juga artinya sebuah kedewasaan?

Banyak yang bilang umur != kedewasaan (umur tidak mencerminkan kedewasaan seseorang).

 Apa itu kedewasaan?

Menurut wikipedia, dewasa bisa berarti secara biologis yaitu mengalami kematangan organisme atau sudah dikatakan akil baligh dengan segala ciri-ciri fisiknya. Sedangkan dewasa secara pribadi artinya sudah memiliki kematangan dan tanggung jawab. Kalau secara biologis tentunya sudah bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya, sedangkan jika dilihat dari sisi kepribadian akan lain lagi ceritanya.

Menurut beberapa orang (yang mengaku sudah dewasa) saya mungkin termasuk seseorang yang tingkat kedewasaannya tidak sesuai dengan umurnya alias masih childish. Mengapa? Saya juga tidak tahu, mungkin hanya karena saya berbeda dengan mereka, hehehe.

Tapi apa sebenarnya ukuran kedewasaan seseorang? Apakah dilihat dari seseorang itu cool, calm, confident? Apakah dari seberapa sukses dalam karir? Apakah seberapa banyak kata-kata bijak yang telah dia keluarkan? Apakah dari sudah berkeluarga atau belum? dll.

Setiap orang boleh menentukan patokan kedewasaan bagi dirinya masing-masing, hanya saja agak kurang tepat rasanya jika patokan itu dipakai juga untuk mengukur tingkat kedewasaan orang lain. Menurut saya kedewasaan itu beraneka ragam, kedewasaan seseorang akan tergantung dari karakteristik seseorang. Dan pertanyaannya kembali lagi, apakah itu kedewasaan? Keberanian untuk menentukan haluan hidup? Seseorang yang selalu memegang kontrol atas semua jalan hidupnya? (padahal hanya Tuhan yang tahu). Sehingga rasanya kurang tepat jika orang-orang saling menilai seseorang itu sudah dewasa atau belum.

Bagi saya seseorang dikatakan telah menemui pendewasaan dalam hidupnya adalah ketika seseorang itu mengerti visi hidupnya, mampu mengarahkan dirinya untuk mengikuti visi dan cita-cita yang telah dia tentukan dengan cara sebaik-baiknya. Bagi seorang anak TK, SD pun bisa saja mulai menemui pendewasaan (sesuai levelnya) ketika dia sudah memiliki cita-cita dan terus memacu dirinya untuk meraih impiannya. Seseorang menemui kedewasaan juga ketika dia bisa menemukan pemecahan-pemecahan permasalahannya dengan solusi yang sebaik-baiknya, mampu membedakan baik dan buruk, mampu menjalankan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya, dan masih banyak lagi definisi yang bisa kita temukan tentang arti kedewasaan.

Seseorang senantiasa akan menemui ujian-ujian dalam hidupnya yang tentunya akan mendewasakan dirinya. Kita tidak pernah tahu ujian hidup apa saja yang telah dialami orang lain. Bisa jadi kita merasa ujian hidup yang kita alami merupakan yang paling berat, dan kita merasa hebat karena melaluinya, sehingga kita merasa bertambahlah kedewasaan kita. Dengan demikian terkadang menjadi (maaf) sok tahu dengan menjustifikasi orang lain. Semoga senantiasa terhindar dari perilaku yang tidak perlu dan tidak penting, salah satunya menjustifikasi orang lain. Yang perlu adalah saling mengingatkan dalam kebenaran dan takwa ^_^.

Anyway it’s just my opinion. Btw do u feel grown up already?

“Everyone is amazing on their own way”  (wise man said)

#Ingin jadi seperti pohon yang menaungi segala sesuatu dibawahnya#

source pic : http://thundafunda.com/1600×1200-wallpaper/green-trees-half-moon-in-forest-falling-leaves-computer-backgrounds/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s